x

Tersingkir dari Piala AFF 2022, Kamboja Resmi Ditinggal Eks AC Milan Keisuke Honda

Rabu, 4 Januari 2023 15:25 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Mantan pemain AC Milan asal Jepang, Keisuke Honda, resmi meninggalkan tugasnya di Timnas Kamboja yang baru saja tersingkir dari Piala AFF 2022.

INDOSPORT.COM – Mantan pemain AC Milan asal Jepang, Keisuke Honda, resmi meninggalkan tugasnya di Kamboja yang baru saja tersingkir dari Piala AFF 2022.

Federasi Sepak Bola Kamboja (FFC) melalui akun resmi Instagram, Selasa (3/1/23), mengumumkan bahwa Keisuke Honda resmi mengundurkan diri sebagai general manager Kamboja.

Namun, Keisuke Honda tidak langsung meninggalkan Kamboja sepenuhnya. Dia masih memiliki satu tugas yang harus diselesaikan bersama tim muda negara tersebut.

Menurut pernyataan resmi FFC, pria berusia 36 tahun tersebut tersebut masih akan menjalani tugas terakhir sebagai pelatih Kamboja U-22 untuk SEA Games 2023 yang akan digelar Mei mendatang.

FFC berterima kasih kepada Keisuke Honda yang telah mendedikasikan waktu dan pikirannya untuk menangangi Kamboja sejak Agustus 2018 hingga Januari 2023.

Baca Juga

“Federasi Sepak Bola Kamboja mengucapkan terima kasih kepada General Manager Keisuke Honda atas waktu dan dedikasi pribadinya kepada timnas Kamboja sejak Agustus 2018 hingga Januari 2023,” tulis FFC.

“Keisuke Honda akan melanjutkan tugas terakhirnya sebagai General Manager Kamboja U-22 yang dijadwalkan mulai berlatih pada Februari untuk persiapan SEA Games pada Mei 2023,” lanjut FFC.

Baca Juga

Dalam unggahan FFC yang lain, Keisuke Honda juga sempat memberikan pidato singkat berisi wejangan kepada Kamboja agar nantinya bisa lebih berkembang di bawah arahan Ryu Hirose.

Pertandingan Piala AFF 2022 antara Kambola melawan timnas Thailand pun menjadi laga terakhir mantan pemain AC Milan tersebut bersama skuad senior.

Bertanding di Thammasat Stadium, Senin (2/1/23), Kamboja menelan pil pahit usai dikalahkan Thailand dengan skor 2-1.

Baca Juga

1. Tersingkir dari Piala AFF 2022

Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Kamboja pada laga Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (23/12/22).

Dalam laga Thailand vs Kamboja tersebut, tim besutan Alexandre Polking lebih dominan dari Kamboja yang diasuh Honda dan Ryu Hirose dengan penguasaan 63 persen.

Akurasi umpan Thailand juga lebih unggul dengan 85 persen, sementara Pasukan Angkor hanya di angka 78 persen.

Kamboja dibuat tak berkutik setelah Timnas Thailand mencetak gol lebih dulu melalui tendangan penalti Teerasil Dangda pada menit ke-45+2.

Gajah Perang di babak kedua tetap tampil ngegas dan langsung menggandakan keunggulan pada menit ke-50 lewat Sumanya Purisai memanfaatkan umpan dari Sarach Yooyen.

Kamboja hanya mampu memperkecil kedudukan pada menit ke-68 seusai Sieng Chanthea mencetak gol ke gawang Thailand.

Baca Juga

Hasil ini membuat Thailand sebagai juara grup A sedangkan Kamboja harus mengubur mimpi mereka lolos ke babak semifinal untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Kamboja finis di peringkat ketiga pada klasemen akhir Grup A dengan hanya mengoleksi enam poin dari dua kemenangan dan dua kekalahan.

Baca Juga

Kemenangan pertama diraih Kamboja usai mereka menaklukkan Filipina dengan skor 3-2 pada laga perdana Piala AFF 2022.

Setelah itu, Kamboja sempat dikalahkan Timnas Indonesia (2-1), sebelum menang telak atas Brunei Darussalam (5-1), dan terakhir dikalahkan Thailand.

Keisuke Honda sendiri sebelumnya ditunjuk sebagai pelatih untuk menangani Timnas Kamboja. Namun jabatannya beralih menjadi general manager setelah Kamboja menunjuk Ryu Hirose sebagai pelatih pada Maret 2021 lalu.

Baca Juga
JepangAC MilanKambojaKeisuke HondaPiala AFFBola InternasionalPiala AFF 2022

Berita Terkini