x

3 Fakta Mencengangkan Jelang Big Match Liga Inggris antara Chelsea vs Manchester City

Kamis, 5 Januari 2023 12:25 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Erling Haaland dan Jack Grealish merayakan gol di laga Wolves vs Manchester City. Foto: REUTERS/Peter Powell.

INDOSPORT.COM - Chelsea menghadapi ujian berat pada pertandingan lanjutan pekan ke-19 Liga Inggris musim 2022-2023. Pasalnya, The Blues bakal dihadang oleh Manchester City.

Pertandingan pekan ke-19 Liga Inggris 2022-2023 antara Chelsea vs Manchester City akan terjasi di Stamford Bridge pada Jumat (06/11/22) pukul 03.00 dini hari WIB.

Pada musim ini, Chelsea sedang dalam keadaan "sakit" karena terseok-seok. Pasukan Graham Potter sudah menelan lima kekalahan, empat hasil imbang dan hanya menang tujuh kali.

Hasil itu membuat The Blues kini terjebak di urutan ke-10 klasemen Liga Inggris dengan koleksi 25 poin dari 16 laga. Mereka tentu membutuhkan kemenangan di kandang demi bisa kembali bersaing di papan atas.

Sementara itu, Manchester City masih bertengger di posisi kedua klasemen Premier League dengan koleksi 36 poin dari 16 laga. Mereka juga mengincar kemenangan demi bisa mengejar sang pemuncak, Arsenal.

Baca Juga

Meski Chelsea sedang menujukan performa buruk musim ini, Pep Guardiola tetap tidak ingin menganggap remeh. Ia bahkan tidak bisa memberikan prediksi karena bisa saja The Blues membuat kejutan pada dini hari nanti.

"Dalam konferensi pers pertama Anda menanyakan prediksi saya dan jawaban saya selalu ‘Saya tidak tahu’,” ujar Pep Guardiola dilansir dari laman resmi City.

Baca Juga

"Kita lihat apa yang akan terjadi sekarang setelah Piala Dunia," tuturnya menambahkan.

Jelang duel Chelsea vs Manchester City di Liga Inggris, redaksi media olahraga INDOSPORT juga telah menemukan beberapa fakta menarik yang patut anda ketahui. Apa saja itu?

Baca Juga

1. Kedua Tim Pernah Saling Bantai Setengah Lusin Gol

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola saat menemati timnya di Liga Champions melawan Borussia Dortmund

Chelsea dan Manchester City pernah sama-sama saling membantai di kompetisi Liga Inggris. Kemenangan terbesar The Blues atas The Citizens terjadi di musim 2007-2008 silam.

Saat itu Chelsea yang masih diasuh oleh Jose Mourinho dan diperkuat Didier Drogba, Frank Lampard, John Terry hingga Michael Essien menang dengan skor telak 6-0.

Eks pemain Persib Bandung yakni Michael Essien membuka keunggulan Chelsea di kala itu. Selain dirinya, lima gol lainnya dicetak oleh Drogba, Cole, Kalou dan Shevchenko.

Namun pada musim tersebut Chelsea gagal meraih juara. Mereka harus rela finis di posisi runner up Liga Inggris di bawah Manchester United.

11 tahun berselang, Manchester City yang sudah menjadi klub sultan gantian membantai Chelsea. Di pekan ke-26 Liga Inggris musim 2017-2018 lalu, The Citizens menang telak dengan skor 6-0.

Baca Juga

Kala itu Sergio Aguero sukses mencetak hattrick. Kemudian Raheem Sterling menyumbang dua gol dan sisanya dicetak oleh Ilkay Gundogan.

Manchester City Unggul dalam Head to Head

Meski bermain di kandang Chelsea, Manchester City era saat ini tetap diunggulkan bisa meraih poin sempurna. Pasalnya, mereka memiliki catatan apik dalam empat pertemuan terakhir.

Baca Juga

Pada musim lalu, pasukan Pep Guardiola sukses melibas The Blues dua kali di laga home maupun away dengan skor masing-masing 1-0.

Kemudian di pertandingan terbaru dalam kompetisi Piala Liga Inggris, Erling Haaland dkk sukses melibas Chelsea dengan skor 2-0 pada 11 November 2022 lalu.

Berikut Head to Head Chelsea vs Man City:

Baca Juga

2. Chelsea Tangguh di Kandang

Para pemain Chelsea tertunduk lesu pasca kalah dari Newcastle United (13/11/22). (Foto: Reuters/Lee Smith)

Meski Manchester City diunggulkan menang, namun mereka tidak boleh menganggap enteng Chelsea. Pasalnya, Stamford Bridge sedikit angker pada musim ini.

Chelsea hanya kalah sekali dari 11 pertandingan kandang di Liga Inggris terakhir mereka (W6 D4). The Blues hanya kalah 1-0 melawan Arsenal pada November lalu.

Di laga melawan Manchester City, Chelsea diprediksi bakal berjuang mati-matian demi merangkak naik ke papan atas. Mereka masih terjebak di urutan ke-10 klasemen dengan koleksi 25 poin dari 16 laga.

Berbeda dengan Manchester City yang masih bertengger di posisi kedua klasemen Liga Inggris dengan koleksi 36 poin. Mereka mengincar kemenangan demi bisa mengejar Arsenal di posisi puncak.

Premier LeagueChelseaManchester CityPep GuardiolaLiga InggrisErling Braut HaalandGraham Potter

Berita Terkini