x

Persipura Resmi Dapatkan Pengganti Brian Fatari dari Klub Liga 1

Kamis, 5 Januari 2023 14:00 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Prio Hari Kristanto
Manajemen Persipura Jayapura langsung tancap gas mencari pemain baru, Israel Wamiau. Foto: Sudjarwo/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Manajemen Persipura Jayapura langsung tancap gas mencari pemain baru untuk menggantikan posisi Brian Fatari yang telah resmi bergabung ke Dewa United. Pemain tersebut yakni Israel Wamiau yang sebelumnya memperkuat klub Liga 1, Persita Tangerang.

Manajer Persipura, Yan Permenas Mandenas membeberkan pihaknya sudah mengamankan tanda tangan Wamiau.

Bek berusia 28 tahun itu sendiri bukan wajah baru di skuad berjulukan Mutiara Hitam. Dia pernah dua periode berkostum Persipura pada musim 2017 dan musim 2019 - 2022.

Wamiau memutuskan pindah ke Persita Tangerang mengikuti jejak pelatih Angel Alfredo Vera dan beberapa rekannya ketika Persipura terdegradasi dari Liga 1 musim lalu.

Mandenas mengatakan, kontrak Israel Wamiau sudah disiapkan oleh manajemen Persipura. Pembicaraan bersama Israel juga sudah dilakukan, bahkan Israel sudah ikut berlatih bersama pemain lainnya di Kota Jayapura.

Baca Juga

Pemain kelahiran Jayapura, 28 Oktober 1994 itu akan diplot sebagai pengganti Brian Fatari yang kini bergabung dengan klub Liga 1 Dewa United.

"Pembicaraan sudah kami lakukan dan kontraknya juga sudah kami buat. Prosesnya lancar-lancar karena surat dari klub lamanya juga sudah ada," ujar Mandenas melalui rilis media officer Persipura, Rabu (04/01/23) malam.

Cari Pemain yang Matang

Pelatih Persipura, Ricky Nelson, menyebutkan Persipura selalu mencari pemain yang telah memiliki pengalaman bertarung di Liga. Hal ini karena kompetisi sudah berjalan sehingga dibutuhkan pemain yang siap pakai atau sudah matang.

"Kalau mau dibilang, Israel yang paling siap. Dia sudah bermain di Klub Liga 1 bersama Persipura saat itu dan musim ini di Persita," ujar Ricky.

Baca Juga

Selain Israel Wamiau, Ricky Nelson juga akan menyiapkan Eljo Iba dan Alex Dusay untuk mengisi posisi yang ditinggalkan oleh Brian Fatari.

Tak hanya itu, di lini pertahanan Persipura juga masih memiliki dua pemain senior, yakni Yustinus Pae dan Ricardo Salampessy.

Sebelumnya, manajer Persipura juga menyebut nama Andri Ibo untuk didatangkan demi menambah kedalaman di lini pertahanan. Hanya saja, kabar tersebut masih sebatas keinginan, mengingat sang pemain masih memperkuat Barito Putera.

Baca Juga

1. Brian Fatari Putuskan Gabung Dewa United FC

Brian Fatari gabung Dewa United. (Foto: Dewa United)

Bek muda asal Sorong, Brian Fatari, akhirnya memutuskan hengkang dari klub yang membesarkan namanya, Persipura Jayapura. Dia berlabuh ke salah saltu kontestan Liga 1 Indonesia 2022-2023, Dewa United FC.

Pemain berusia 23 tahun itu memutuskan hengkang karena kontraknya sudah habis per Desember 2022. Hengkangnya Brian Fatari dikabarkan oleh pihak klub lewat rilis media officer.

Brian dikabarkan hari ini sudah bertolak ke Tangerang untuk kemudian bergabung dengan pemusatan latihan Dewa United. Brian pindah ke klub debutan Liga 1 itu dengan kontrak selama setahun.

"Saya sudah di Bandara Sorong dan akan bertolak ke Tangerang bergabung dengan Dewa United FC," ujar Brian Fatari, Senin (02/01/23).

Baca Juga

Pesepak bola jebolan Persipura U-19 itu mengaku sangat berterima kasih. Selama di sana dia banyak belajar menjadi pemain profesional. Dia mendoakan skuad Mutiara Hitam bisa promosi ke Liga 1 musim depan.

Persipura Jayapura merupakan klub pertama Brian sebelum berkarier di kompetisi kasta tertinggi. Ia sempat bergabung dengan Persija Jakarta bersama sang adik, Braif Fatari.

Baca Juga

"Terima kasih Persipura. Kalian adalah rumah saya dan saya pasti akan pulang lagi ke rumah suatu saat nanti," cetus Brian Fatari.

Kehilangan Brian Fatari tak mengejutkan pelatih Ricky Nelson lantaran mengaku sudah mengetahuinya sejak dua bulan lalu. Dia tak bisa berbuat banyak karena keputusan semua ada di tangan pemain.

Baca Juga
Persipura JayapuraLiga IndonesiaLiga 1Brian FatariBerita Liga 1Dewa United FC

Berita Terkini