x

Selain Cristiano Ronaldo, Ini 3 Pemain Liga Inggris yang Juga Pindah ke Arab Saudi

Kamis, 5 Januari 2023 11:24 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Cristiano Ronaldo saat di perkenalkan di Al-Nassr. (Foto: REUTERS/Ahmed Yosri)

INDOSPORT.COM - Cristiano Ronaldo telah resmi bergabung dengan Al-Nassr FC. Selain Ronaldo, masih ada tiga pemain lain yang pernah bermain di Liga Inggris, kini bermain di Arab.

Sebagaimana diketahui, Ronaldo secara mengejutkan dipecat oleh Manchester United sebelum gelaran Piala Dunia 2022 berlangsung.

Baca Juga

Hal ini dikarenakan megabintang asal Portugal tersebut dinilai menjelek-jelekkan Man United dan pelatihnya, Erik ten Hag.

Megabintang 37 tahun ini pun menjalani turnamen Piala Dunia dan menghabiskan waktunya di 2022 dengan tanpa klub.

Akan tetapi, belum ada klub Eropa tertarik untuk mendatangkan pemilik lima trofi Ballon d'Or tersebut hingga akhirnya Al-Nassr datang menawarkan kontrak.

Baca Juga

Dengan besaran gaji hingga Rp3,3 triliun per tahunnya, Ronaldo sepakat berseragam Al-Nassr hingga Juni 2025 nanti.

Tentu ini langkah yang sangat berani dari klub Arab tersebut untuk mendatangkan Ronaldo, di mana biasanya para pemain di usia senjanya lebih memilih bermain di Amerika atau China.

Baca Juga

Selain Ronaldo, rupanya masih ada pemain lainnya yang telah lebih dulu pernah bermain di Liga Inggris, kemudian kini bermain untuk klub di Arab.

Berikut tiga pemain lainnya tersebut.


1. Grzegorz Krychowiak

Grzegorz Krychowiak dalam pertandingan Liga Champions, FC Lokomotiv Moscow vs Galatasaray.

Grzegorz Krychowiak pindah ke Paris Saint-Germain pada Juli 2016 setelah tampil mengesankan di Sevilla, tetapi dia gagal membuat penampilan di Ligue 1.

Pasalnya, Krychowiyak tidak bisa menyaingi Adrien Rabiot dan Thiago Motta yang ada dalam klub sehingga dia dipinjamkan ke West Bromwich Albion untuk musim 2017-2018.

Baca Juga

Di West Brom, gelandang asal Polandia ini membuat 31 penampilan di semua kompetisi dan menyumbang tiga assist.

Tetapi, West Brom terdegradasi ke divisi Championship. Krychowiyak pun kembali ke PSG dan berpindah ke Lokomotiv Moscow, FC Krasnodar, dan AEK Athens.

Pada musim 2022-2023 ini, Krychowiyak juga dipinjamkan ke Al-Shabab FC dan dia sudah mencetak dua gol dan satu assists dalam 15 laga di Liga Pro Arab.

Helder Costa

Helder Costa bergabung ke Wolves ketika klub Inggris tersebut masih berada di divisi Championship pada Juli 2016. Yang semula berstatus pinjaman, lalu dipermanenkan.

Kisah serupa juga terjadi kala winger asal Angola ini dipermanenkan Peacocks. Tim ini dipromosikan pada 2020 dan hanya bertahan semusim di Liga Inggris.

Baca Juga

Costa pun dipinjamkan semusim ke Valencia pada Agustus 2021 dan juga ke Al-Ittihad Club pada Agustus 2022.

Di Liga Pro Arab, winger 28 tahun ini telah mencatatkan satu gol dalam tujuh penampilannya di musim ini.


2. David Ospina

David Ospina, kiper Napoli yang dipinjam dari Arsenal.

David Ospina jadi pemain rekrutan paling terkenal di Liga Pro Arab sebelum kehadiran Ronaldo. Momen ini terjadi pada Juli 2022 kemarin.

Sebelumnya, Ospina lebih dulu bermain untuk Arsenal sejak Juli 2014 lalu. Empat musim berikutnya, dia dipinjamkan ke Napoli pada Agustus 2018.

Baca Juga

Karena tertarik, klub asal Italia tersebut mempermanenkan kiper 34 tahun asal Kolombia ini pada Juli 2019.

Kini, Ospina berseragam Al-Nassr dengan catatan enam kali kebobolan dan enam clean sheet dari 11 penampilannya di Liga Pro Arab 2022-2023 ini.

Cristiano RonaldoDavid OspinaAl NassrBola InternasionalLiga Arab SaudiTRIVIA

Berita Terkini