x

Beredar Video Kericuhan di Luar GBK Jelang Timnas Indonesia vs Vietnam, Begini Respons Kepolisian

Jumat, 6 Januari 2023 17:24 WIB
Penulis: Zainal Hasan, Miranti | Editor: Isman Fadil
Viral video kericuhan di luar Gelora Bung Karno (GBK) di semifinal Piala AFF 2022 antara timnas Indonesia vs Vietnam, begini respons Kapolres Jakarta Pusat.

INDOSPORT.COM – Viral video kericuhan di luar Gelora Bung Karno (GBK) di semifinal Piala AFF 2022 antara timnas Indonesia vs Vietnam, begini respons Kapolres Jakarta Pusat.

Seperti salah satu video yang dilansir dari instagram @siorangdalam, memperlihatkan asap mengepul di depan FX Sudirman Senayan, tak jauh dari Kompleks Gelora Bung Karno Senayan Jakarta.

Seorang dalam video itu menyebut asap adalah gas air mata, hingga orang di sekitarnya pun berlarian panik menjauhi kepulan.

“Terjadi kericuhan GBK sampai gas air mata dikeluarkan,” tulis instagram @siorangdalam pada Jumat (06/01/23).

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Komarudin, memberi pernyataan bahwa sumber asap itu adalah flare bukan gas air mata.

Baca Juga

“Saya pastikan itu flare, sejauh ini ya informasi di HT saya itu flare bukan gas air mata,” kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Komarudin.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Endra Zulpan menye but bahwa situasi saat ini sudah aman dan terkendali.

Baca Juga

Pihaknya mengimbau agar supporter timnas Indonesia vs Vietnam di semifinal leg pertama Piala AFF 2022 yang menonton di GBK tidak melakukan aksi serupa (flare) karena dinilai membahayakan.

Selain itu Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Endra Zulpan juga meminta mereka menjaga suportivitas.

“Kita imbau (flare) nggak boleh. Itu kan mengganggu juga ya. Kan kita imbau juga agar penonton jaga sportivitas kit ajadi tuan rumah yang baik,” ujar Endra Zulpan.

Baca Juga

1. Imbau Hindari Kawasan GBK

Masyarakat dihimbau menghindari kawasan GBK Piala AFF karena laga timnas Indonesia vs Vietnam, Jumat (06/01/23).

Kekhawatiran terhadap adanya gas air mata di laga timnas Indonesia vs Vietnam hari ini pun cukup beralasan karena hal itu mengingatkan pada insiden di Kanjuruhan Malang yang membuat ratusan supporter harus kehilangan nyawa.

Belum lagi sebelumnya kerusuhan juga sempat terjadi di saat timnas Indonesia akan melakoni laga penyisihan Grup A melawan Thailand di GBK pada Kamis (29/12/22).

Saat itu bus yang ditumpangi seluruh pemain dan official timnas Thailand mendapatkan perlakukan tak menyenangkan diduga dari supporter timnas Indonesia.

Maka dari itu, kepolisian pun melakukan serangkaian langkah antisipasi agar kejadian tak terulang lagi, termasuk di laga semifinal Piala AFF 2022 antara timnas Indonesia vs Vietnam.

Laga tersebut berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno Senayan Jakarta (GBK) pada pukul 16.30 WIB, dan dikabarkan tiket terjual habis.

Baca Juga

Kepolisian bersama panitia juga berkoordinasi untuk memastikan penonton yang akan memasuki area pertandingan mereka berlangsung tertib dan aman.

Bahkan kepolisian mengimbau warga untuk mengantisipasi kemacetan yang mungkin terjadi dampak dari euphoria supporter timnas Indonesia vs Vietnam.

Baca Juga

Sementara laga semifinal leg pertama Piala AFF 2022 antara timnas Indonesia vs Vietnam ini pun berlangsung meriah dengan kehadiran suporter di tribun.

Laga ini menjadi pertemuan kesepuluh kedua tim dalam sejarah Piala AFF. Timnas Indonesia unggul head to head dengan tiga kemenangan dan enam hasil imbang.

Siapapun yang meraih kemenangan, tentu akan lebih menguntungkan jelang semifinal leg kedua yang berlangsung Senin (09/01/23).

Baca Juga
Timnas IndonesiaBola InternasionalTimnas VietnamBerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2022

Berita Terkini