x

Deretan Fakta Menarik Wellington Carvalho, Rekrutan Bali United yang Pernah Juara Serie A

Jumat, 6 Januari 2023 11:25 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
Fakta-fakta Wellington Carvalho, bek baru Bali United yang pernah juara Liga Brasil dan hadapi Timnas Italia. (Grafis: Bali United)

INDOSPORT.COM - Fakta-fakta Wellington Carvalho, bek baru Bali United di Liga 1 yang pernah juara Liga Brasil dan hadapi Timnas Italia.

Bali United sudah meresmikan Wellington Carvalho dos Santos sebagai pengganti Willian Pacheco pada Liga 1 2022/2023. Wellington punya perjalanan menjanjikan, termasuk pernah melawan Timnas Italia.

Serdadu Tridatu mengulang kejutan besar setiap tengah musim. Jika pada musim Liga 1 2021/2022 Bali United mengganti Melvin Platje dengan Privat Mbarga. Kini, Willian Pacheco digantikan Wellington Carvalho.

Keputusan Bali United menyudahi kerja sama dengan Pacheco sangat mengejutkan. Sejak gabung pada musim 2019 lalu, kontribusi Pacheco terbilang besar.

Pacheco tak sekadar tangguh sebagai bek tengah. Mantan pilar Selangor FC itu juga pandai dalam mencetak gol. Musim ini, Pacheco sudah mencetak empat gol dalam 14 penampilan.

Namun, pengganti Pacheco juga bukan sosok biasa-biasa saja. Wellington Carvalho merupakan salah satu pemain potensial yang pernah dimiliki raksasa Brasil, Fluminense.

Baca Juga

Juara Serie A Brasil

Wellington Carvalho pernah digadang-gadang sebagai bek masa depan Fluminense. Dia sudah merasakan ketatnya serie A Brasil saat baru berusia 19 tahun. Dia bermain penuh pada laga melawan Corinthians pada Serie A 2012.

Pada musim itu, Wellington menjadi satu dari sederet nama yang sukses membawa Fluminense menjadi juara Serie A Brasil sekaligus Carioca Serie A 2012.

Baca Juga

Fluminense turut diperkuat Fabinho yang kini sukses bermain di Liga Inggris bersama Liverpool. Ada pula Deco, Rafael Sobis, Manuel Lanzini hingga Thiago Neves.

Baca Juga

1. Hadapi Timnas Italia

Bek baru Bali United, Wellington Carvalho. (Grafis: Bali United)

Pada Serie A musim 2013 dan 2014, Wellington Carvalho tak mendapat kesempatan tampil. Dia lebih banyak duduk di bangku cadangan karena Fluminense dihuni bek-bek tangguh pada musim itu.

Namun, Wellington mendapat kesempatan emas ketika Fluminense menjalani laga uji coba melawan Timnas Italia pada 9 Juni 2014. Italia hadir dengan nama-nama beken seperti Lorenzo Insigne, Ciro Immobile, Leandro Bonnuci hingga Andrea Pirlo.

Uji coba itu menjadi persiapan akhir Timnas Italia menuju Piala Dunia 2014. Wellington kebagian masuk pada menit akhir tepatnya menit ke-88, menggantikan Gum.

Meski begitu, dia masih sempat bersua Antonio Cassano, Mario Balotelli, Pirlo, De Rossi hingga Claudio Marchisio yang baru masuk pada paruh kedua.

Dalam laga itu, Fluminense takluk 3-5 dari Italia. Sementara Italia sendiri tak bisa berbuat banyak di Piala Dunia 2014 karena tersingkir bersama Inggris dari fase grup.

Baca Juga

Main di Serie B

Wellington pada akhirnya gagal bertahan di Serie A. Namun, kariernya masih terjaga bagus dengan main di Serie B. Meski statusnya kasta kedua, kualitas Serie B tak kalah dari Serie A.

Musim lalu, Wellington membela Clube de Regatas Brasil (CRB). Dari data Soccerway, Wellington tampil dalam 23 pertandingan dengan rincian 19 kali inti serta 4 kali masuk sebagai pemain cadangan.

Satu gol dicetaknya dari 23 kesempatan bertanding. Dia mencetak gol saat membawa CRB menang atas Tombense 2-1.

Baca Juga

Wellington bersama CRB pada akhirnya mengakhiri musim dengan menduduki peringkat ke-11 dengan 50 poin. Sementara juara dari kompetisi Serie B jadi milik Cruzeiro.

Waktu Mepet

Wellington sudah hadir di Bali dan berkenalan dengan Fadil Sausu dkk. Wellington hanya memiliki waktu singkat untuk tampil melawan Persija Jakarta pada pekan ke-18 Liga 1 2022/2023.

Partai ini akan berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, 15 Januari 2023. Praktis dia hanya memiliki waktu kurang dari dua pekan untuk menjalani karier perdana di Indonesia.

Debut Wellington Carvalho tentu akan dinantikan suporter Bali United. Mereka ingin mengetahui seberapa hebat sosok yang dipercaya menggantikan Willian Pacheco di Liga 1 itu.

Baca Juga
Bali UnitedLiga IndonesiaWillian PachecoLiga 1Berita Liga 1Wellington Carvalho

Berita Terkini