x

Timnas Indonesia vs Vietnam: Trio Nguyen yang Bisa Sulitkan Garuda di Piala AFF 2022

Jumat, 6 Januari 2023 09:56 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Jelang duel Piala AFF 2022 Timnas Indonesia vs Vietnam, Jumat (06/01/23), skuad Garuda wajib mewaspadai tiga bintang The Golden Star bernama Nguyen berikut.

INDOSPORT.COM – Duel leg pertama semifinal Piala AFF 2022 bakal mempertemukan Timnas Indonesia vs Vietnam pada Jumat (06/01/23) sore ini WIB. Jelang duel tersebut, skuad Garuda wajib mewaspadai tiga bintang The Golden Star bernama Nguyen berikut.

Bertanding di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Timnas Indonesia yang bertindak sebagai tuan rumah bakal bertekad raih kemenangan atas Vietnam untuk permudah langkah mereka ke final Piala AFF 2022.

Tak cuma pastikan kaki ke partai puncak, kemenangan atas Vietnam juga bakal membuat Timna Indonesia berhasil memutus rekor tak pernah menang saat bertemu skua The Golden Star.

Tercatat dari lima perjumpaan terakhir kedua kesebelasan, skuad Merah Putih baru sekali raih kemenangan atas Vietnam, dan itupun sudah terjadi sangat lama yakni pada tahun 2016 silam.

Sementara empat pertemuan sisanya, Timnas Indonesia telan dua kekalahan dan dua hasil imbang, termasuk saat bermain tanpa gol di penyisihan grup Piala AFF tahun lalu.

Baca Juga

Berkaca dari statistik tersebut, Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia pun akan menyiapkan dengan baik para pemainnya demi raih kemenangan.

“Pertandingan perdana semifinal adalah lawan Vietnam dan kondisi pemain sudah semua baik,”

Baca Juga

“Apalagi pertandingan kandang, jadi saya akan janjikan penampilan terbaik dan keren untuk masyarakat dan para fans sepak bola Indonesia,” kata Shin Tae-yong saat konferensi pers.

Jika melihat dari rekor pertandingan Timnas Indonesia sebelum leg pertama semifinal Piala AFF 2022 sore nanti, anak asuh Shin Tae-yong tersebut memang sedang berada dalam kondisi on fire.

Pasalnya dari 7 pertandingan terakhir, Timnas Indonesia belum pernah tersentuh kekalahan dengan rincian satu hasil imbang serta enam lainnya berakhir dengan kemenangan.

Baca Juga

1. Pemain Vietnam yang Harus Diwaspadai Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Rizky Ridho menghalau tendangan dari pemain Vietnam pada laga Piala AFF 2020.

Meski sedang dalam peak performance, namun Timnas Indonesia tetap wajib mewaspadai permainan Vietnam, apalagi mereka punya beberapa pemain yang dikenal punya kualitas diatas rata-rata.

Terutama para pemain bernama Nguyen berikut, yang diketahui punya rekam jejak karier mentereng dan bisa jadi ancaman serius buat Timnas Indonesia.

Lantas siapa sajakah mereka? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:

Nguyen Van Toan
Nama pertama adalah Nguyen Van Toan. Penyerang berusia 26 tahu ini merupakan salah satu mesin gol yang berbahaya di skuad Timnas Vietnam.

Selama gelaran Piala AFF 2022 ini, Nguyen Van Toan sudah mencetak satu gol. Tepatnya saat membawa Vietnam menang 0-6 atas Laos di laga perdana penyisihan grup.

Baca Juga

Meski jumlah golnya baru satu, namun Nguyen Van Toan tetap wajib diwaspadai lini belakang Timnas Indonesia, lantaran sang striker punya banyak catatan manis bersama Vietnam.

Tercatat, sang striker yang musim ini memperkuat Seoul E-Land di Liga Korea Selatan itu, merupakan bagian dari Timnas Vietnam saat menjuarai Piala AFF 2018

Baca Juga

Serta jadi pencetak gol kemenangan Vietnam (3-2) saat menghadapi Timnas Indonesia dalam laga uji coba pada 2016 silam.

Nguyen Van Quyet
Berikutnya adalah Nguyen Van Quyet. Striker veteran berusia 31 tahun ini juga layak jadi sorotan lini pertahanan Timnas Indonesia, lantaran pengalamannya di level internasional berpotensi sulitkan skuad Garuda raih kemenangan.

Melihat dari daftar pemain yang dibawa Vietnam di Piala AFF 2022 kali ini, Nguyen Van Quyet merupakan pemain dengan jumlah gol terbanyak di timnas (16).

Sama seperti nama sebelumnya, Nguyen Van Quyet juga punya sederet prestasi bersama Timnas Vietnam menjuarai Piala AFF tahun 2018.

Serta beberapa prestasi individu seperti Vietnamese Young Player of the Year pada tahun 2010 dan 2011.

Baca Juga

2. Nguyen Tien Linh

Ragam aksi dan ekspresi pelatih Vietnam Park Hang-seo pada official training jelang babak semifinal Piala AFF 2022 melawan Timnas Indonesia di stadion GBK, Kamis (05/01/23).

Terakhir adalah Nguyen Tien Linh. Dari sekian banyak Nguyen berposisi striker di timnas Vietnam, nama Nguyen Tien Linh tampaknya jadi yang paling wajib diwaspadai pada laga nanti.

Terbukti, Nguyen Tien Linh sepanjang Piala AFF 2022 ini merupakan top skor Vietnam dengan torehan tiga gol.

Selain itu, Nguyen Tien Linh juga punya rekor manis saat hadapi Timnas Indonesia dengan berhasil cetak gol saat bertemu skuad Garuda lintas umur.

Saat bertemu Timnas Indonesia U-23, Nguyen Tien Linh berhasil cetak satu gol dan membantu Vietnam menang 3-0 di ajang SEA Games 2021.

Sementara saat hadapi Timnas Indonesia senior, Nguyen Tien Linh mampu cetak dua gol dalam dua pertemuan di babak kualifikasi Piala Dunia 2022.

Berkaca dari statistik tersebut, jelas Nguyen Tien Linh adalah ancaman serius buat Timnas Indonesia dan wajib dihentikan lini pertahanan Merah Putih demi amankan kemenangan di Piala AFF 2022.

VietnamTimnas IndonesiaPiala AFFTimnas VietnamPiala AFF 2022

Berita Terkini