x

2 Syarat Timnas Indonesia Agar Bisa Lolos ke Final Piala AFF 2022

Sabtu, 7 Januari 2023 15:07 WIB
Editor: Juni Adi
Pertandingan leg pertama semifinal Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia vs Vietnam di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (06/01/23).

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia masih mempunyai peluang untuk lolos ke final andai mampu menjalankan dua syarta ini leg kedua semifinal Piala AFF 2022.

Duel seru tersaji pada lanjutan pertandingan Piala AFF 2022 leg pertama babak semifinal antara Indonesia vs Vietnam di Stadion utama Gelora Bung Karno, Jumat (06/01/22) sore WIB.

Tampil menekan di sepanjang pertandingan, timnas Indonesia gagal meraih kemenangan. Kedua tim hanya bisa bermain imbang 0-0.

Bagi timnas Indonesia, hasil ini tentu merugikan karena pada leg kedua mereka akan bermain dalam tekanan di markas Vietnam.

Sejumlah peluang timnas Indonesia diperoleh sejak menit awal, di antaranya melalui Yakob Sayuri di menit ke-31.

Baca Juga

Yakob Sayuri menerima bola muntah dari luar kotak penalti, dan langsung melepaskan tembakan keras. 

Namun sayang bola masih melebar ke sisi gawang Vietnam. Tidak lama kemudian, giliran Marselino yang dapat peluang.

Baca Juga

Berawal dari umpan panjang Jordi Amat, wonderkid Persebaya itu berhasil lolos dari jebakan offside dan berhadapan satu lawan satu dengan kiper Vietnam. 

Namun sayang tembakannya berhasil diamankan oleh Dan Van Lam. Skor 0-0 mewarnai babak pertama.

Memasuki babak kedua, tensi pertandingan meningkat dan panas. Permainan Vietnam cendrung keras sehingga beberapa kali melakukan pelanggaran berbahaya.

Sedangkan timnas Indonesia, masih kesulitan membongkar pertahanan Vietnam. Skor 0-0 juga tak berubah di babak kedua. 

"Pertama saya ingin mengucapkan (terima kasih) karena para pemain sudah bekerja maksimal dalam pertandingan ini," buka pelatih Shin Tae-yong dalam sesi konferensi pers selepas laga.

"Memang ada beberapa peluang yang tidak bisa dimanfaatkan dengan baik dan kita tak bisa mendapatkan kemenangan. Itu yang disayangkan," tegas Shin Tae-yong.

Baca Juga

1. Dihantui Rekor Buruk

Pertandingan leg pertama semifinal Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia vs Vietnam di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (06/01/23).

Kegagalan Timnas Indonesia meraih kemenangan di leg pertama semifinal Piala AFF 2022 melawan Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, membuat publik Tanah Air pesimistis dengan peluang lolos ke final.

Pasalnya, timnas Indonesia harus menjalani laga penentuan atau leg kedua di markas Vietnam di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, pada Senin (09/01/23).

Dilansir dari Soccerway, dalam tiga lawatan timnas Indonesia ke kandang Vietnam di semua ajang, Skuad Garuda menuai hasil negatif.

Mereka belum pernah menang dengan rincian dua kali kalah dan satu kali bisa menahan imbang.

Pertemuan terakhir timnas Indonesia melawan Vietnam di Stadion Nasional My Dinh, terjadi pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada 07 Juni 2021 lalu.

Baca Juga

Saat itu pertandingan berakhir dengan skor telak 4-0 untuk kemenangan Vietnam. Berkaca dari hasil itu, publik tentu was-was anak asuh Shin Tae-yong menuai kekalahan.

Komentator sekaligus pengamat sepak bola, Binder Singh membaca strategi brilian dari Shin Tae-yong, yang menyimpan pemain andalan untuk putaran kedua nanti.

Baca Juga

"Yang menarik dari susunan pemain, Coach Shin Tae-yong tidak memainkan Witan, Egy, atau Saddil Ramdani, dan Spaso dari awal," menurut analisis Binder Singh di Youtube.

"Bahkan Witan, Saddil dan Spaso masuk sebagai pemain pengganti di masa injury time. Nampaknya ini merupakan rencana permainan dari Shin Tae-yong," ujarnya.

"Mungkin Shin Tae-yong ingin menyimpan pemain-pemain pilar tersebut, yang biasa ia mainkan dari awal, apalagi Egy dan Witan, disimpan untuk leg kedua," lanjut Binder.
 

Baca Juga

2. Syarat Lolos Final

Pertandingan leg pertama semifinal Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia vs Vietnam di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (06/01/23).

Secara statistik memang tidak menguntungkan, tetapi dilihat dari peluang, timnas Indonesia mempunyai peluang yang sama untuk bisa meraih kemenangan dan lolos ke final Piala AFF 2022.

Apalagi jika timnas Indonesia bisa menjalankan dua syarat ini untuk bisa lolos yakni pertama tentu saja harus bisa meraih kemenangan.

Menang

Timnas Indonesia diharuskan bisa meraih kemenangan atas Vietnam di leg kedua semifinal Piala AFF 2022, jika ingin lolos ke final.

Imbang dengan Gol

Walaupun imbang tanpa gol di leg pertama, timnas Indonesia punya posisi sedikit lebih diuntungkan dibandingkan Vietnam dalam perburuan tiket ke final Piala AFF 2022. 

Dengan kegagalan Vietnam mencetak gol tandang, hal itu berarti Timnas Indonesia punya kesempatan memanfaatkan aturan agresivitas gol tandang.

Baca Juga

Bila Timnas Indonesia mampu menahan imbang Vietnam dengan gol, semisal 1-1, 2-2, dan seterusnya, hal itu akan membuat Timnas Indonesia akan melangkah menuju babak final.

Lantas bagaimana jika kedua tim masih kesulitan juga mencetak gol di babak pertama dan babak kedua? 

Baca Juga

Pertandingan akan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu atau extra time.

Bila tidak terjadi gol juga, maka pertandingan Vietnam vs Indonesia akan dituntaskan melalui drama adu penalti.

Laga leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Vietnam vs Indonesia, akan berlangsung di Stadion My Dinh, Senin 09/01/23) pada pukul 19:30 WIB.

Baca Juga
VietnamTimnas IndonesiaShin Tae-yongPiala AFF 2022

Berita Terkini