x

Shin Tae-yong dan Park Hang-seo Saling Sikut di Semifinal Piala AFF 2022, Media Korea: Takdir yang Ironis

Jumat, 6 Januari 2023 09:24 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Prio Hari Kristanto
Ragam aksi dan ekspresi pelatih Vietnam Park Hang-seo pada official training jelang babak semifinal Piala AFF 2022 melawan Timnas Indonesia di stadion GBK, Kamis (05/01/23).

INDOSPORT.COM – Media Korea Selatan, OSEN, menyebut pertarungan pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong dan pelatih Vietnam, Park Hang-seo sebagai sesuatu yang ironis.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia akan bertemua Vietnam pada laga seminfinal Piala AFF 2022. Skuad Garuda bertemu Vietnam usai mereka finish sebagai runner-up Grup A.

Sedangkan Vietnam memastikan lolos ke babak semifinal Piala AFF 2022 dan bertemu Timnas Indonesia usai mereka menjadi jawara Grup B.

Dalam empat pertemuan terakhir, Vietnam selalu berada di atas Timnas Indonesia dengan 2 kemenangan dan 2 hasil imbang.

Artinya, Vietnam belum terkalahkan melawan timnas Indonesia. Timnas Indonesia akan terlebih dahulu menjadi tuan rumah di leg pertama babak semifinal Piala AFF 2022, Jumat (06/01/22) malam WIB.

Baca Juga

Kemudian, pada Senin (09/01/22) Vietnam akan bergantian menjadi tuan rumah di leg kedua babak semifinal Piala AFF 2022.

Pada babak semfinal Piala AFF 2022, ada momen unik di mana tiga pelatih asal Korea Selatan akan saling sikut demi menggapai puncak turnamen dua tahunan itu.

Baca Juga

Pertama adalah Shin Tae-yong yang menangani Timnas Indonesia, kemudian Park Hang-seo (Vietnam), dan Kim Pan-gon (Malaysia).

Namun, sorotan justru akan lebih tertuju pada duel Shin Tae-yong vs Park Hang-seo yang selama ini memang kental dengan pertarungan tensi tinggi.

Bahkan, atas kondisi yang kerap ditunjukkan kedua pelatih tersebut, salah satu media Korea Selatan, OSEN, menyebutnya sebagai hal yang ironis.

Baca Juga

1. Duel Shin Tae-yong vs Park Hang-seo yang Ironis

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong pertandingan Timnas Indonesia vs Kamboja pada laga Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (23/12/22).

Sebagaimanan diketahui, pertemuan Shin Tae-yong yang menangani Timnas Indonesia dan Park Hang-seo yang menangani Vietnam sudah beberapa kali terjadi.

Akan tetapi, bagi media Korea Selatan, OSEN, pertemuan antara dua pelatih top Korea Selatan tersebut juga seperti sebuah ironi tersendiri bagi mereka.

Alasannya adalah kedua pelatih Korea Selatan tersebut harus saling sikut untuk mengalahkan satu sama lain di babak semifinal Piala AFF 2022.

Shin Tae-yong melatih Timnas Indonesia pada tahun 2019. Sedangkan, Park Hang-seo memulai kariernya bersama Vietnam pada tahun 2017.

"Pada Januari tahun ini, pelatih Park Hang-seo perlu mengatasi rekan senegaranya Shin Tae-yong untuk memenuhi tujuannya memenangkan Piala AFF sebelum berpisah dengan Vietnam. Harus mengalahkan pelatih Korea dalam perjalanan untuk memenangkan kejuaraan adalah nasib yang ironis,” tulis OSEN dalam laporannya.

Baca Juga

Meski begitu, keberhasilan Korea Selatan memasukkan pelatihnya di turnamen sepak bola kawasan Asia Tenggara juga merupakan kebanggan tersendiri.

Sebab, bagi pihak Korea Selatan, atas keberhasilan tiga pelatih top mereka di semifinal akan memastikan salah satunya tetap berada di partai puncak Piala AFF 2022 nanti.

Baca Juga

Terlebih lagi pada babak sebelumnya, tiga pelatih Korea Selatan tersebut juga berhasil mengalahkan para pelatih dari negara rival mereka, Jepang.

Sebut saja Keisuke Honda dan Takayuki Nishigaya yang berhasil dipulangkan oleh tiga pelatih Korea Selatan tersebut.

Bahkan, situasi tersebut seperti tanda yang menyatakan kemenangan sepak bola Korea Selatan atas sepak bola Jepang. Mari kita nantikan siapa pelatih Korea Selatan yang akan berjaya di semifinal Timnas Indonesia vs Vietnam, apakah Park Hang-seo atau Shin Tae-yong?

Baca Juga

Sumber: OSEN

VietnamTimnas IndonesiaBola InternasionalPark Hang SeoShin Tae-yongPiala AFF 2022

Berita Terkini