x

Kesal Jadwal Indonesia vs Vietnam di Piala AFF, Park Hang-seo: Tak Pantas Gelar Piala Dunia U-20!

Jumat, 6 Januari 2023 07:01 WIB
Penulis: Miftahul Huda | Editor: Prio Hari Kristanto
Timnas Indonesia vs Vietnam menjadi laga pembuka di fase semifinal Piala AFF 2022, tetapi jelang duel, Park Hang-seo mengeluhkan waktu kick-off pertandingan.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia vs Vietnam menjadi laga pembuka di fase semifinal Piala AFF 2022. Namun, jelang duel, Park Hang-seo mengeluhkan waktu kick-off pertandingan.

Pertandingan Timnas Indonesia akan menjamu perlawanan Vietnam pada leg pertama babak semifinal Piala AFF 2022.

Duel keduanya akan dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Jumat (06/01/22) pukul 16.30 WIB.

Pelatih Vietnam, Park Hang-seo mengeluhkan soal perubahan jadwal kick-off Timnas Indonesia vs Vietnam yang awalnya bakal dilangsungkan pada pukul 19.30 WIB.

Berdalih alasan keamanan, pihak panitia pun mengubah jadwal laga menjadi pukul 16.30 WIB.

Baca Juga

"Karena alasan keamanan, saya tidak bisa memahami kenapa mereka mengubah waktu pertandingan," kata Park Hang-seo dalam sesi konferensi pers.

Buntut kejadian ini, Park Hang-seo lantas menyinggung kesiapan Indonesia yang akan menjadi tuan rumah pagelaran Piala Dunia U-20 2023, pada 20 Mei-11 Juni mendatang.

Baca Juga

"Saya tidak mengerti bagaimana mereka (Indonesia) akan menyelenggarakan Piala Dunia U-20," ujarnya.

Terlepas dari hal itu, Park Hang-seo mengaku anak asuhnya siap menjegal perjalanan Timnas Indonesia untuk melaju ke babak selanjutnya.

Kendati anak asuhnya memiliki waktu pemulihan fisik lebih sedikit ketimbang pemain Timnas Indonesia.

Baca Juga

1. Kesiapan Park Hang-seo di Laga Indonesia vs Vietnam

Duel keras kedua pemain Timnas Indonesia dengan pemain Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Pelatih Vietnam, Park Hang-seo secara gamblang mengungkapkan anak asuhnya memiliki jatah istirahat lebih singkat ketimbang Timnas Indonesia.

Akan tetapi, hal itu tidak akan menurunkan kesiapan anak asuhnya untuk meredam perlawan skuad Garuda di Stadion Gelora Utama Bung Karno nanti sore.

"Menghadapi Indonesia di semifinal akan menjadi tantangan yang sangat berat bagi Vietnam dalam perebutan gelar juara Piala AFF 2022," ujar Park Hang-seo.

"Dibandingkan dengan Thailand, bertemu dengan Indonesia akan lebih sulit," sambungnya.

Sebagai informasi, pertemuan Timnas Indonesia dan Vietnam sudah terjadi sebanyak 10 kali di berbagai kompetisi.

Baca Juga

Secara kumulatif head-to-head, skuad Garuda unggul dengan tiga kemenangan berbanding satu milik Vietnam.

Sedangkan enam pertemuan sisanya berakhir dengan hasil seri, alias imbang. Satu-satunya kemenangan Vietnam atas Timnas Indonesia di Piala AFF terjadi pada era 1996.

Baca Juga

Kala itu, The Golden Star Warriors berhasil menaklukkan perlawanan Timnas Garuda dengan skor tipis 3-2. Menariknya, pada 2016 silam, Indonesia memiliki pengalaman menyingkirkan Vietnam di babak semifinal Piala AFF.

Di laga tersebut, Boaz Solossa cs sukses mendepak Vietnam dengan agregat 4-3. Meski didukung rekor bagus di Piala AFF saat bertemu Vietnam, skuat Garuda tetap wajib waspada.

Sebab dalam empat duel terakhir di segala ajang, Timnas Indonesia justru tidak pernah bisa menang atas Vietnam. Indonesia dua kali imbang kontra The Golden Star Warriors pada Piala AFF 2016 dan 2020 (digelar 2021).

Baca Juga

Sumber: Soha

VietnamPiala Dunia U-20Timnas IndonesiaBola InternasionalPark Hang SeoBerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2022

Berita Terkini