x

3 Pemain Keturunan yang Harusnya Bisa Bantu Timnas Indonesia di Leg Kedua Melawan Vietnam

Minggu, 8 Januari 2023 18:50 WIB
Editor: Juni Adi
Pertandingan leg pertama semifinal Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia vs Vietnam di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (06/01/23).

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia tidak akan diperkuat tiga pemain keturunannya untuk melawan Veitnam di leg kedua semifinal Piala AFF 2022.

Duel seru tersaji pada lanjutan pertandingan Piala AFF 2022 leg pertama babak semifinal antara Indonesia vs Vietnam di Stadion utama Gelora Bung Karno, Jumat (06/01/22) sore WIB.

Tampil menekan di sepanjang pertandingan, timnas Indonesia gagal meraih kemenangan. Kedua tim hanya bisa bermain imbang 0-0.

Bagi timnas Indonesia, hasil ini tentu merugikan karena pada leg kedua mereka akan bermain dalam tekanan di markas Vietnam.

"Pertama saya ingin mengucapkan (terima kasih) karena para pemain sudah bekerja maksimal dalam pertandingan ini," buka pelatih Shin Tae-yong dalam sesi konferensi pers selepas laga.

Baca Juga

"Memang ada beberapa peluang yang tidak bisa dimanfaatkan dengan baik dan kita tak bisa mendapatkan kemenangan. Itu yang disayangkan," tegas Shin Tae-yong.

Meski meraih hasil minor di leg pertama, peluang timnas Indonesia untuk lolos ke final masih terbuka lebar.

Baca Juga

Pasalnya, timnas Indonesia akab menjalani satu pertandingan penentu yakni pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022.

Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam di leg kedua di Stadion My Dinh, Senin (09/01/22) pada pukul 19:30 WIB.

Jelang pertemuan kedua tim, Skuad Garuda berada di bawah tekanan mengingat mereka harus meraih kemenangan di partai tandang.

Akan tetapi seharusnya hal itu bisa terasa ringan, jika tiga pemain keuturnan berikut ini tak absen membela Timnas Indonesia.

Baca Juga

1. Elkan Baggott

Elkan Baggott Merayakan Kemenangan Bersama Gillingham FC REUTERS/David Klein

Sosok Elkan Baggott sangat dinanti oleh banyak pihak terkait keputusannya untuk membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Awal bulan lalu, Baggott yang berada di Inggris untuk membela klubnya Gillingham FC, sempat disambangi oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Maksud kedatangan Shin Tae-yong ini ialah meminta kesediaan Gillingham FC dan Ipswich Town merelakan Elkan Baggott bergabung dengan skuad Garuda untuk Piala AFF.

Ini adalah sebuah hal yang dilematis. Elkan sangat ingin membela negaranya di kancah Asia Tenggara.

Namun di sisi lain tenaganya dibutuhkan Gillingham selama periode sibuk Liga Inggris bulan Desember.

Pada akhirnya sebuah kabar mengejutkan datang pada hari Kamis (15/12/22), dimana Elkan Baggott sudah memutuskan sendiri bahwa dia akan bertahan di Inggris.

Sementara Piala AFF 2022 tak masuk kalender FIFA. Sehingga, klub (baik Ipswich Town atau Gillingham FC) tidak wajib melepas Elkan Baggott ke timnas Indonesia.

Pelatih Gillingham FC, Neil Harris, juga membutuhkan jasa bek berpostur 194 cm tersebut.

“Jika Elkan ingin pergi, saya dan orang-orang di Ipswich akan mendukungnya dan memahami itu juga, tetapi Elkan membuat keputusan sendiri bahwa merupakan hak istimewa mutlak untuk dipanggil oleh negara Anda."

"Di saat yang terbaik baginya untuk bertahan dan bermain sebanyak mungkin di level ini," ungkap Neil Harris dikutip Kent Online.


2. Sandy Walsh

Sandy Walsh, bek naturalisasi Timnas Indonesia. (Foto: PSSI)

Kekuatan Timnas Indonesia akan berkurang jelang leg kedua semifinal Piala AFF 2022, lantaran para penggawa naturalisasi belum bisa memperkuat tim.

Salah satunya adalah Sandy Walsh. Sebelumnya, sang pemain telah meninggalkan sesi latihan timnas Indonesia pada Rabu (7/12/22) untuk kembali ke klubnya, KV Mechelen.

Pihak klub memang memanggilnya untuk pulang. Proses perindahan federasi lama Belanda (KNVB) ke baru (PSSI) juga masih dalam proses.

Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan masih belum tahu berapa lama proses perubahan federasi Sandy Walsh akan memakan waktu.

"Kami masih menunggu surat ke FIFA. Nanti FIFA yang lebih tahu," ujar Mochamad Iriawan di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) beberapa waktu lalu.

"Yang jelas, itu persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa pindah federasi," tambah pria yang akrab disapa Iwan Bule ini.

Baca Juga

Shayne Pattynama

Terakhir ada Shayne Pattynama. Salah satu pemain keturunan yang sedang dalam proses naturalisasi untuk timnas Indonesia.

Kabar ketertarikan Shayne Pattynama untuk membela timnas Indonesia sejatinya sudah beredar sejak beberapa bulan lalu.

Baca Juga

Hanya saja surat persetujuan naturalisasi Shayne Pattynama baru ditandatangani Presiden Joko Widodo per 03 Januari 2023 lalu.

Nantinya, proses itu bakal berlanjut. Kini, Shayne Pattynama tinggal melanjutkan proses pengambilan sumpah Warga Negara Indonesia (WNI) di Kantor Wilayah Kemenkumham.

Sehingga Shayne Pattynama tidak bisa memperkuat timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022.

Baca Juga
VietnamNaturalisasiTimnas IndonesiaSandy WalshElkan BaggottShayne PattynamaPiala AFF 2022

Berita Terkini