x

5 Gelandang asal Jerman yang Pernah Membela Juventus, Siapa Paling Sukses?

Senin, 9 Januari 2023 01:49 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Pemain Timnas Jerman di Piala Dunia 2018, Sami Khedira.

INDOSPORT.COM - Sebagai klub raksasa, sudah banyak pemain dari berbagai negara yang membela Juventus. Di posisi gelandang, cukup sering Bianconeri percaya pada bakat asal Jerman.

Prestasi Si Nyonya Tua sebagai klub besar memang tidak perlu diragukan lagi. Semua kesuksesan itu dikarenakan para pemain hebat yang memperkuat klub. 

Baca Juga

Dengan nama besarnya di Italia dan Eropa, banyak pemain yang bermimpi untuk membela Juventus. 

Kita semua mengenal nama-nama besar seperti Zinedine Zidane, Lilian Thuram, Edgar Davids, Gianluigi Buffon hingga Alessandro Del Piero. 

Masih banyak lagi nama-nama legendaris yang tercatat sejarah pernah memperkuat Juventus dan memberi kejayaan untuk Bianconeri. 

Baca Juga

Banyak pemain hebat yang menjadikan Juventus sebagai cita-citanya dalam karir profesional. Beberapa di antaranya adalah gelandang asal Jerman. 

Berikut 5 gelandang asal Jerman yang pernah membela Juventus sepanjang sejarah. Siapa paling sukses?

5. Thomas Hassler

Thomas Hassler bisa dibilang menjadi gelandang pertama yang membela Juventus, bahkan di Liga Italia. 

Baca Juga

Dia datang ke Liga Italia dengan status gelandang top dunia yang baru saja menjuarai Piala Dunia 1990 bersama Jerman. 

Hassler direkrut Juventus di musim panas 1990 dari FC Koln. Namun sayang, pria yang kini usianya 56 tahun, hanya bermain semusim saja untuk Juventus.


1. 4. Stefan Reuter

Sami Khedira

Jika mencari nama Stefan Reuter, hasil pencariannya adalah seorang manajer umum di klub Liga Jerman FC Augsburg. 

Pada era 80-an, Reuter dikenal sebagai salah satu gelandang top yang dimiliki Jerman. 

Baca Juga

Bahkan dia pernah bermain untuk dua klub raksasa Liga Jerman yaitu Bayern Munchen dan Borussia Dortmund.

Pada musim panas 1991, Juventus berhasil merekrutnya dari Bayern Munchen, namun seperti Hassler dia hanya bermain semusim. Tidak ada gol yang disumbangkan untuk Bianconeri. 

3. Andreas Moller

Seperti Reuter, Andreas Moller kini menduduki jabatan sebagai eksekutif klub sepak bola, tepatnya di Kickers Offenbach yang berada di kasta keempat Liga Jerman.

Baca Juga

Andreas Moller bergabung dan membela Juventus selama dua musim yakni medio 1992-1994. 

Selama berseragam Juventus, Moller cukup berkontribusi dengan catatan 78 penampilan dan 30 gol di semua kompetisi. 

2. Sami Khedira

Nama selanjutnya terjadi di era modern, yakni pada musim panas 2015, sami Khedira yang gabung Juventus dari Real Madrid. 

Baca Juga

Dengan pengalaman dan kualitas yang dimiliki, Khedira bisa dibilang menjadi gelandang andalan Jerman pada era kejayaannya. 

Khedira bermain bersama Juventus mengangkat trofi Liga Italia lima kali, dengan catatan 145 penampilan mencetak 21 gol dan 14 assist.


2. 1.Emre Can

Emre Can, gelandang tengah Juventus.

Yang terakhir adalah Emre Can, pemain keturunan Turki yang memilih kewarganegaraan Jerman yang gabung Juventus di musim panas 2018 secara gratis. 

Kedatangan Emre Can benar-benar sebuah transfer yang membuat komposisi skuat Bianconeri sangat komplit karena kemampuannya bermain di berbagai posisi. 

Sebelum gabung Juventus, Emre Can bermain untuk Liverpool selama empat tahun sejak 2014 sampai 2018. Di Anfield, dia juga cukup jadi andalan di lini tengah. 

Baca Juga

Hanya 1,5 tahun di Juventus, mantan pemain Liverpool ini menyumbang 4 gol dan satu assist dengan total 45 penampilan di semua kompetisi. 

Selama satu setengah musim di Allianz Arena, Emre Can juga menyumbang dua trofi Scudetto Liga Italia di musim 2018/19 dan 2019/20.

JermanJuventusSami KhediraEmre CanLiga Italia

Berita Terkini