x

Waduh! Baru Gabung, Chelsea Bisa Kehilangan David Datro Fofana, Kenapa?

Senin, 9 Januari 2023 11:20 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Baru seminggu bergabung, Chelsea terancam kehilangan pemain yang disebut titisan Didier Drogba, David Fofana. (Foto: Instagram@datro.fc)

INDOSPORT.COM – Chelsea resmi mendatangkan David Fofana dari Molde FK. Namun baru seminggu bergabung, The Blues terancam kehilangan pemain yang disebut titisan Didier Drogba. Apa penyebabnya?

David Datro Fofana resmi diperkenalkan sebagai pemain baru Chelsea tepat di hari pertama bursa transfer Januari 2023 dibuka.

Pemain yang baru berusia 20 tahun ini resmi berseragam Chelsea dengan klub hanya membayar biaya sekitar 10,5 juta pounds (Rp198,5 miliar) kepada Molde FK.

“Chelsea FC sudah mencapai kesepakatan awal dengan Molde FK untuk kepindahan David Datro Fofana,” demikian bunyi pernyataan singkat Chelsea di akun Twitter, Rabu (28/12/22) malam WIB.

Dengan transfer ini, skuad Graham Potter kedatangan tiga pemain baru di bulan Januari. Selain Fofana, juga ada bek Monaco Benoit Badiashile yang berusia 21 tahun dan gelandang muda Brasil Andrey Santos (18 tahun).

Baca Juga

Akan tetapi, transfer Datro Fofana ke Chelsea menghadapi masalah baru. Adalah Abidjan City FC, klub masa kecil Datro Fofana tidak mengakui kesepakatan transfer tersebut.

Melansir dari The Sun, Abidjan City FC telah mengirimkan surat kepada FIFA untuk membatalkan transfer David Datro Fofana dari Molde FK ke Chelsea.

Baca Juga

Di dalam surat yang ditujukan kepada FIFA, Abidjan City mengklaim Molde FK telah bertindak melanggar hukum saat mendatangkan Datro Fofana dari klub asal Pantai Gading ini.

Sengketa terkait transfer Datro Fofana sendiri berawal dari perselisihan antara Abidjan City FC dengan ibu Fofana pada 2016 silam.

Saat itu, sang ibu meneken dokumen persetujuan untuk sang putra yang baru berusia 15 tahun bergabung dengan klub Norwegia meski sang pemain baru bisa gabung pada 2021 lalu.

Baca Juga

1. David Datro Fofana Jadi Bala Bantuan Chelsea

David Datro Fofana, penyerang bergabung Chelsea. (Foto: Instagram@datro.fc)

Dokumen persetujuan ini ditandatangani ibu Fofana tanpa Abidjan City mengetahuinya lebih dulu sehingga transfer ini bisa dikatakan sebuah ‘pembelotan’.

“Oleh karena itu, kami mengundang Anda (FIFA) untuk turun tangan dengan Chelsea agar transfer pemain (Datro Fofana) ditunda sampai perselisihan antara Molde FK dengan kami sendiri selesai,” demikian kata presiden Abidjan, Marci Taddei, dalam surat tersebut.

Di sisi lain, Chelsea tidak ingin melepaskan begitu saja David Datro Fofana alias membatalkan transfer itu karena sang pemain sudah didaftarkan secara resmi sebagai pemain baru.

Hal ini dibuktikan dalam data Transfermarkt, di mana David Datro Fofana saat ini berstatus pemain klub asal London Barat tersebut.

Apalagi, kedatangan Datro Fofana ke Chelsea diyakini jadi bala bantuan di tengah krisis cedera yang membuat Chelsea merana di posisi ke-9 di klasemen Liga Inggris.

Baca Juga

Sejumlah pemain The Blues yang absen di antaranya N'Golo Kante, Mason Mount, Ben Chilwell, Edouard Mendy, Reece James, Armando Broja, Ruben Loftus-Cheek dan Wesley Fofana.

Raheem Sterling dan Christian Pulisic kabarnya juga mengalami masalah saat dia tampil di babak pertama dalam  kekalahan 1-0 dari Manchester City pada Jumat kemarin di Liga Inggris.

David Datro Fofana sendiri digadang-gadang sebagai titisan Didier Drogba karena dia memiliki kemampuan yang hampir sama bagusnya dengan legenda The Blues itu.

Baca Juga

Molde FK menjadi klub Eropa pertama dalam karier David Datro Fafana sejak dia meninggalkan klub asalnya di Pantai Gading, Abidjan City FC, pada 2 Februari 2021 lalu

Fofana menjalani debutnya bersama Molde DK langsung di ajang Liga Europa. Saat itu dia membantu tim bermain imbang 3-3 melawan Hoffeinheim pada 18 Febaruari 2021. Dalam laga tersebut, dia mencetak gol pada menit ke-74.

Sejak saat itu, pemain baru Chelsea itu selalu langganan memperkuat tim utama Molde FK. Tercatat, David Fofana sudah mencatatkan 24 gol dan 10 assist dalam 65 penampilan di semua kompetisi.

Baca Juga
Bursa TransferChelseaMoldeBerita TransferBerita Bursa TransferDavid Datro Fofana

Berita Terkini