x

Piala AFF 2022: Momen Marc Klok 'Diving' di Kaki Doan Van Hau, Berujung Kartu Kuning

Selasa, 10 Januari 2023 10:26 WIB
Penulis: Martini | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pemain Timnas Indonesia Marc Klok memprotes keras wasit pada pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Vietnam vs Timnas Indonesia di Stadion My Dinh National, Hanoi, Senin (09/01/23). (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia kalah di tangan Vietnam dalam duel semifinal Piala AFF 2022. Pada laga tersebut, Marc Klok sempat melakukan 'diving' di kaki Doan Van Hau.

Perjalanan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 resmi berakhir. Skuat Garuda kalah 0-2 dari Vietnam di semifinal leg 2, yang dihelat di My Dinh Stadium, Senin (09/01/23) kemarin.

Laga baru tiga menit, Vietnam telah berhasil mencetak gol. Diawali dari umpan panjang Do Hung Dung, Nguyen Tien Linh akhirnya lolos dari jebakan offside dan mencetak gol.

Tensi pertandingan pun semakin panas. Penggawa Vietnam, Bui Tien Dung sempat mendapatkan kartu kuning dari wasit usai melanggar keras Dendy Sulistyawan. 

Baru dua menit laga babak kedua berjalan, gawang Timnas Indonesia kembali bergetar. Nguyen Tien Linh lagi-lagi mencatatkan namanya di papan skor lewat tandukannya.

Baca Juga

Gawang Timnas Indonesia nyaris dijebol Nguyen Tuan Hai di menit 58, namun kali ini Nadeo Argawinata dengan sigap menepis tendangan pemain Vietnam tersebut.

Menariknya, pada menit ke-73, terdapat kemelut saat situasi bola mati. Kala itu, Marc Klok bertugas untuk mengawal 'biang kerok' Timnas Vietnam, yakni Doan Van Hau. 

Baca Juga

Namun, tanpa sentuhan yang berarti, Marc Klok malah terjatuh di kotak penalti, hingga membuat Doan Van Hau ikut kebingungan.

Di tengah situasi itu, Doan Van Hau justru mendapat provokasi dari Ricky Kambuaya, ia didorong hingga terjatuh di lapangan.

Baca Juga

1. Aksi Marc Klok jadi Bulan-bulanan Netizen

Pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Vietnam vs Timnas Indonesia di Stadion My Dinh National, Hanoi, Senin (09/01/23). (Foto: PSSI)

Insiden 'diving' dari Marc Klok alih-alih membuat strategi Vietnam buyar, namun justru membuat Ricky Kambuaya yang diganjar kartu kuning oleh sang wasit.

Hingga menit akhir jalannya laga semifinal Piala AFF 2022, Timnas Indonesia tak bisa mencetak gol, apalagi mengimbangi Timnas Vietnam sebagai syarat lolos ke babak final.

Skuat besutan Shin Tae-yong kandas atas Vietnam dengan skor 2-0, dan mereka pun mengubur mimpinya ke final Piala AFF 2022.

Di sisi lain, aksi nyeleneh dari Marc Klok menjadi bulan-bulanan di media sosial. Banyak yang menganggap aksi pemain naturalisasi ini tidak pantas dilakukan.

Apalagi, provokasi Ricky Kambuaya yang berbuah kartu kuning, seperti senjata makan tuan yang merugikan Indonesia.

Baca Juga

"Comedian Klok from Indonesia," unggah suporter asal Vietnam, pemilik akun Twitter @zedwithlov3.

"Jujur sih sebenernya Vietnam semalem ga terlalu provokasi pemain timnas. Pelanggaran keras pemain timnas jelas kok. Emang dasaran pemain timnas aja dikit dikit emosian," balas @LFCindonesia97.

Baca Juga

"Tunggu tunggu, ini kok lucu wkwk lawak, ternyata banyak drama juga," timpal pemilik akun Twitter @poohhlalala.

"Tentu terinspirasi dari 'devil' Van Hau dari Vietnam," komentar lainnya dari pemilik akun Twitter @Queencatjs.

"Kalau saya di posisi Marc Klok juga ogah jabat tangannya Doan Van Hau, pemain Timnas Vietnam nomor 5," balas akun Twitter @hajarpamuji.

Baca Juga
VietnamTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalTimnas VietnamMarc KlokBerita Timnas IndonesiaDoan Van HauRicky KambuayaPiala AFF 2022

Berita Terkini