x

Liga 1: PSIS Datangkan Tenaga Timnas U-23, Gantikan Tugas Frendi Saputra

Kamis, 12 Januari 2023 15:05 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
PSIS Semarang resmi mencapai kesepakatan dengan Persib Bandung untuk peminjaman Bayu Mohamad Fiqri.

INDOSPORT.COM - PSIS Semarang resmi mencapai kesepakatan dengan Persib Bandung untuk peminjaman Bayu Mohamad Fiqri. Kehadiran Bayu Fiqri diprediksi guna menggantikan tugas Frendi Saputra di Liga 1 2022/2023.

Frendi Saputra secara mengejutkan dilepas PSIS pada bursa transfer tengah musim. Frendi dilepas setelah Dewa United berani menebus sisa kontrak Frendi di PSIS.

Lepasnya Frendi membuat sektor bek kiri butuh tambahan pasukan baru. Bayu Fiqri pun menjadi pilihan PSIS untuk menemani Taufik Hidayat.

Bayu Fiqri tak sekadar bisa bermain sebagai bek kiri. Penggawa Timnas Indonesia U-23 ini juga bisa berperan sebagai bek kanan dan bek tengah.

Bergabungnya Bayu Fiqri diumumkan secara langsung oleh General Manager (GM) PSIS Semarang, Wahyoe "Liluk" Winarto, Rabu (11/01/23).

Baca Juga

"Hari ini kami umumkan peminjaman pemain dari Persib yakni Bayu Fiqri sampai akhir musim kompetisi nanti," kata Liluk, Rabu (11/1/23) malam.

Dari sisi menit bermain musim ini, Frendi Saputra jauh lebih unggul. Frendi memainkan 15 laga dari total 17 partai pada putaran pertama Liga 1.

Baca Juga

Sementara Bayu Fiqri hanya bermain tiga pertandingan. Pemain yang baru berusia 21 tahun ini lebih banyak duduk di bangku cadangan tim Maung Bandung.

Meski begitu, ketertarikan pelatih Shin Tae-yong pada sosok Bayu Fiqri menjadi bukti talenta besar yang dimilikinya. Dia mencatatkan satu caps di Timnas U-23 dan lima caps di Timnas U-19.

"Kedatangan Bayu diharapkan mampu menambah pilihan di lini belakang. Apalagi ia dapat bermain di beberapa posisi dan memiliki kualitas," tutur Liluk.

Baca Juga

1. Kumpulkan Pemain Muda

Logo klub Liga 1, PSIS Semarang.

Kehadiran Bayu Fiqri melanjutkan kebiasaan PSIS untuk mengumpulkan para pemain muda.

Sebelum menghadirkan Bayu Fiqri, sudah ada Luthfi Kamal dan Muhammad Adi Satryo yang didatangkan pada bursa transfer tengah musim Liga 1 ini.

Sejauh ini kepercayaan yang diberikan pada pemain muda berjalan bagus. Reza Irfana yang tak terpakai di Bali United bisa menjadi pilar lini tengah.

Reza Irfana bersyukur dalam dua musim ini mendapat kepercayaan untuk bermain. Kerja keras ini merupakan bagian dari menatap karir jangka panjang.

"Saya hanya bekerja semaksimal mungkin di setiap PSIS memberikan kepercayaan. Latihan ini bukan untuk jangka pendek, tapi untuk masa depan juga," jelas Reza Irfana.

Baca Juga

Kejutan Ridho Syuhada

Setelah nama Reza Irfana naik pada Liga 1 2021/2022 lalu, kini ada sosok berusia 18 tahun bernama Ridho Syuhada.

Pemain jebolan Elite Pro Academy (EPA) U-18 ini ditampilkan dalam lima laga sistem bubble Liga 1. Satu gol dibuat Ridho Syuhada ke gawang Madura United.

Baca Juga

Kemudian, pada laga tunda pekan kesebelas Liga 1 melawan Bhayangkara FC, Ridho Syuhada ditampilkan 77 menit. Sayangnya, Ridho gagal membawa PSIS terhindar dari kekalahan.

Kesempatan para pemain muda ini memberi keyakinan bagi Bayu Fiqri untuk melejit bersama PSIS di Liga 1 2022/2023.

Menit bermain yang banyak bisa membuat Bayu Fiqri dilirik Timnas U-22 menuju SEA Games 2023. Tim ini kabarnya akan dibesut Nova Arianto, karena Shin Tae-yong fokus Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga
Persib BandungPSIS SemarangLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Bayu Mohamad Fiqri

Berita Terkini