x

Liga 1: Tugas PSS Sleman Jelang Hadapi PSM Makassar di Parepare

Jumat, 13 Januari 2023 07:01 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro. Foto: PSS Sleman

INDOSPORT.COM - Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro, fokus memperbaiki mentalitas tim jelang membuka putaran kedua Liga 1 2022/2023, melawan PSM Makassar. Elang Jawa berharap bisa mendapat poin di Stadion B.J Habibie, Parepare, Sabtu (14/1/23) sore.

PSS harus mengawali tahun ini dengan kekecewaan. Kekalahan atas Persija Jakarta 0-2 di Bantul sangat menyesakkan karena dua gol lawan berasal dari kesalahan pemain PSS sendiri.

Kekecewaan ini bisa berefek panjang. Pasalnya, dengan jarak enam hari, PSS akan membuka putaran kedua dengan menghadapi PSM di Parepare.

Makanya, mentalitas tim menjadi fokus Seto dalam tiga sesi latihan sebelum bertolak ke Parepare.

"Waktunya memang mepet, hanya dua hingga tiga hari, tapi yang terpenting kita coba meyakinkan pemain bahwa mereka bisa, lebih percaya diri," kata Seto Nurdiyantoro.

Baca Juga

Pembenahan mentalitas ini menjadi faktor penting bagi PSS Sleman. Seto berharap para pemain bisa melupakan hasil tak maksimal pada putaran pertama.

"Harapannya pada putaran kedua nanti lebih percaya diri, lebih matang, bisa melupakan apa yang kemarin terjadi. Ini jadi pelajaran buat kami, dengan situasi apapun, kita akan berjuang demi PSS," papar Seto.

Baca Juga

Menuju partai melawan PSM Makassar, PSS sudah memiliki stok pemain baru. Ada bomber asal Ukraina, Yevhen Bokhashvili, dan gelandang asal Medan, Rachmad Hidayat yang diperkenalkan.

Perkenalan nama lain diyakini tinggal menunggu waktu saja. Ada Jonathan Cantillana dan Javlon Guseynov yang disebut-sebut bakal menggantikan posisi Ze Valente dan Tallyson Duarte.

Begitu pula dengan nama-nama lokal sebagai pengganti Jandia Eka Putra, Komarodin dan Miftahul Hamdi yang sudah berpamitan.

Baca Juga

1. Adaptasi Cepat

Penyerang asal Ukraina, Yevhen Bokhashviili sudah hadir menyaksikan PSS Sleman bertanding. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

Ricky Cawor dan Haris Tuharea banyak dirumorkan segera menyusul Rachmad Hidayat dan Yevhen.

"Paling penting bahwa mereka bisa yakin. Kita akan coba memaksimalkan pemain yang ada, mudah-mudahan (berbuah poin)," tutur Seto.

Baca Juga

Kehadiran Yevhen Bokhashvili bisa menjadi pembeda pada putaran kedua ini. Yevhen tak butuh adaptasi karena pernah membela PSS pada Liga 1 2019.

Nama-nama yang jadi rekan dekatnya, seperti Derry Rachman, Bagus Nirwanto hingga Irkham Zahrul Milla masih ada dalam tim Liga 1 2022/2023.

Maka, PSS masih bisa berharap situasi sulit Mychell Chagas tak terulang. Bomber yang dicoret pada akhir tahun ini gagal menampilkan performa apik, seperti saat tampil di Liga 2 China.

Seto, sebelum nama Yevhen diumumkan, sudah meyakini bahwa proses a

Baca Juga

Adaptasi berjalan lebih cepat. Nama-nama yang didatangkan pada putaran kedua sudah paham karakter bermain PSS.

"Saya pikir calon pemain baru kita ini sudah tahu bagaimana karakter kami bermain. Ya mungkin kendala (adaptasi) pasti ada, tapi mudah-mudahan tidak terlalu banyak," ucap Seto.

PSS SlemanPSM MakassarLiga IndonesiaLiga 1Seto NurdiyantoroBerita Liga 1

Berita Terkini