x

Liga 1 Musim Ini Berakhir bagi Gelandang PSS Sleman Dave Mustaine, Ini Penyebabnya

Selasa, 10 Januari 2023 12:29 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
Gelandang PSS Sleman, Dave Mustaine (kanan) tak bisa melanjutkan kiprah di Liga 1 2022/2023 akibat cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL).

INDOSPORT.COM - Gelandang PSS Sleman, Dave Mustaine, tak bisa melanjutkan kiprah di Liga 1 2022/2023. Operasi akibat cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL) memaksa Dave menepi enam bulan.

Dave Mustaine sejatinya merupakan pemain andalan PSS pada musim ini. Sebelum Tragedi Kanjuruhan, Dave memainkan sembilan dari sebelas laga yang dijalani tim Elang Jawa.

Dalam sembilan laga itu, kontribusi Dave juga cukup bagus. Dia mencatatkan satu gol berkelas saat membawa PSS mengimbangi Rans Nusantara FC 3-3 di Bogor.

Namun begitu, setelah laga melawan Persita Tangerang pada 29 September 2022, Dave tak muncul lagi dalam daftar susunan pemain. Dave mengalami cedera yang membuatnya harus menepi.

Awalnya, banyak yang berpikir Dave bisa kembali setelah Liga 1 terhenti dua bulan. Namun ternyata, cerita lain dalam karir profesional harus dilalui gelandang asal Sidoarjo ini.

Baca Juga

Liga 1 2022/2023 dipastikan sudah berakhir untuk Dave Mustaine. Ia baru saja menjalani operasi untuk rekonstruksi lutut bagian kanan di Tangerang pada 16 Desember 2022 lalu.

Dokter tim PSS Sleman, dr. Ferras Ardiles Muhammad menjelaskan proses menuju keputusan untuk dilakukan operasi. 

Baca Juga

"Dave mengalami benturan dengan posisi yang mengakibatkan terjadinya cedera pada lutut kanannya," kata dr. Ferras Ardiles, Selasa (10/1/23).

Cedera itu kemudian disikapi tim medis PSS Sleman dengan pengecekan menggunakan Magnetic resonance imaging (MRI). Hasilnya, ditemukan masalah pada lutut, tepatnya pada bagian ligamen.

"Pada pemeriksaan awal kami temukan tanda-tanda robekan pada ACL. Setelah bengkak mulai berkurang, dilakukan MRI dengan hasil robek grade 2," tutur dr. Ferras Ardiles.

Baca Juga

1. Tindakan Operasi

Gelandang PSS Sleman, Dave Mustaine (kanan) tak bisa melanjutkan kiprah di Liga 1 2022/2023 akibat cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL).

Berbekal hasil pengecekan itu, tim medis PSS akhirnya mengambil keputusan untuk dilakukan operasi. Tindakan dilakukan di sebuah rumah sakit yang ada di Tangerang.

"Sebagai atlet profesional tentu tidak akan bisa bila dipaksakan tanpa operasi," jelas dr. Ferras Ardiles.

Ternyata, setelah dilakukan artroskopi rekonstruksi ACL pada 16 Desember 2022 lalu, ditemukan robekan total pada bagian ACL. dr. Ferras Ardiles pun menjelaskan perbedaan antara hasil pengecekan MRI dengan saat rekontruksi.

"Itu wajar saja karena hasil MRI kurang terproyeksi secara jelas akibat adanya bias dari proses peradangan yang masih berjalan," ungkap dr. Ferras Ardiles.

Dari pengalaman yang sudah ada, cedera ACL memaksa pesepakbola untuk menepi dalam waktu yang lama. Hal ini juga akan berlaku bagi Dave Mustaine.

"Timeline seorang atlet untuk berlatih secara normal kembali adalah enam bulan," ucap dr. Ferras Ardiles.

Baca Juga

Dave Mustaine menjalani operasi di Tangerang. Namun, proses pemulihan hingga bisa berlatih di lapangan tak akan dilakukan di sana.

"Proses recovery akan kita lakukan di Yogyakarta," kata dr. Ferras Ardiles.

Baca Juga

Rahmat Hidayat menjadi sosok yang sudah diperkenalkan untuk menggantikan peran Dave Mustaine. Pada putaran pertama Liga 1, Rahmat Hidayat bermain untuk PSIS Semarang.

Rahmat Hidayat berpotensi melakoni debut untuk PSS pada 14 Januari 2023 mendatang, saat bertandang ke Stadion B.J Habibie, Parepare, markas tim PSM Makassar.

Baca Juga
PSS SlemanLiga IndonesiaLiga 1Seto NurdiyantoroDave MustaineLiga 1 2022-2023

Berita Terkini