x

Pemprov Jateng Tolak Pengajuan Arema FC Berkandang di Stadion Jatidiri

Jumat, 13 Januari 2023 10:17 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Prio Hari Kristanto
Keinginan Arema FC untuk berkandang di Stadion Jatidiri Semarang selama putaran dua Liga 1, harus bertepuk sebleah tangan.

INDOSPORT.COM - Keinginan Arema FC untuk berkandang di Stadion Jatidiri Semarang selama putaran dua Liga 1, harus bertepuk sebelah tangan.

Hal itu seiring dengan terbitnya surat dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah, selaku pemilik stadion yang juga markas PSIS Semarang itu.

Pemprov pada intinya ikut menolak pengajuan Stadion Jatidiri sebagai markas Arema FC untuk menjalani laga home berstatus sanksi.

Surat bernomor 426/109 itu sebagai balasan atas surat dengan nomor 001/LOC-SMG/I/2023 perihal permohonan dan rekomendasi.

"Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah belum mengizinkan pemakaian Stadion Jatidiri untuk menggelar pertandingan home Arema FC selama putaran kedua Liga 1 tahun 2022/2023," bunyi surat pada Kamis (12/01/23).

Baca Juga

Pemprov Jateng tentu punya landasan kuat di balik sikap mereka yang menolak pengajuan Arema FC berkandang di Jatidiri.

Hal ini menyusul adanya keberatan dan penolakan dari elemen suporter yang berada di Semarang, atas kehadiran tim Arema FC.

Baca Juga

"Adanya masukan dan aspirasi dari berbagai pihak," lanjut surat yang ditandatangani oleh Kadispora Jateng, Purwanto, tersebut.

Penolakan izin pengajuan stadion ini sekaligus menjadi yang kedua kali dialami Arema FC dengan alasan yang sama. 

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Bantul juga membatalkan pengajuan izin penggunaan Stadion Sultan Agung pada Minggu (08/01/23) lalu.

Baca Juga

1. Penolakan Suporter

Skuad PSIS Semarang berlatih di Stadion Jatidiri jelang perempatfinal Piala Menpora 2021 melawan PSM Makassar.

Sebelumnya, sikap penolakan keras juga diutarakan kalangan suporter dalam hal ini Panser Biru (Pasukan Suporter Semarang Biru).

Salah satu kelompok suporter PSIS Semarang itu menyatakan sikapnya melalui surat bernomor 012/22/12-2022 yang diterbitkan Rabu (11/01/23).

Baca Juga

Hal ini sebagai respons atas terbitnya pengalihan venue saat Arema FC versus Borneo FC. Yang awalnya di Bantul pada Senin (16/01/23) menjadi Minggu (15/01/23) di Semarang.

"Dengan alasan kemanusiaan dan bentuk solidaritas kami terhadap saudara-saudara kami korban Kanjuruhan, kami menolak dengan keras Arema FC ber-home base di Semarang," tulis Panser Biru.

"Serta guna menjaga supaya tidak terjadi efek yang menimbulkan gejolak di beberapa suporter di Semarang yang dikhawatirkan bisa mengganggu faktor keamanan," lanjut surat tersebut dalam menyikapi permohonan Arema FC menggunakan Stadion Jatidiri di Liga 1.

Baca Juga
Liga IndonesiaArema FCLiga 1Stadion JatidiriBerita Liga 1

Berita Terkini