x

Hasil Liga 1: PSM vs PSS, Sananta dkk Pesta Gol Bikin Super Elja Babak Belur

Sabtu, 14 Januari 2023 17:00 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Pertandingan Liga 1 2022-2023 antara PSM Makassar vs PSS Sleman akan berlangsung pada Sabtu (14/10/23) pukul 15.00 WIB. Laga ini dimenangkan oleh tim tuan rumah. (Foto: Instagram@psm_makassar)

INDOSPORT.COM – Pertandingan Liga 1 2022-2023 antara PSM Makassar vs PSS Sleman berlangsung pada Sabtu (14/1/23) pukul 15.00 WIB. Laga ini dimenangi oleh tim tuan rumah dengan skor telak 4-0.

Dalam laga yang digelar di Stadion BJ Habibie, pasukan Bernardo Tavares menikmati pesta gol melawan PSS Sleman dan memastikan kemenangan telak 4-0.

Ramadhan Sananta menyumbang dua gol untuk kemenangan tuan rumah, tepatnya pada menit pertama dan di menit ke-72. Dua gol PSM lainnya dicetak Ananda Raehan di menit ke-29 dan Everton pada menit ke-76.

Tambahan tiga poin mengantarkan PSM Makassar semakin perkasa di puncak klasemen Liga 1 2022-2023. Saat ini Yakob Sayuri dan kawan-kawan mengantongi 37 poin dari 18 pertandingan.

Juku Eja, julukan PSM Makassar, hanya unggul satu angka dari Madura United yang secara bersamaan juga memetik tiga poin usai mengalahkan Barito Putera dengan skor 2-1.

Di sisi lain, kekalahan ini membuat PSS Sleman belum bisa mengentaskan diri dari ancaman zona degradasi. Mereka kini tertahan di posisi ke-14 dengan 16 poin, berjarak satu angka dari ambang batas zona degradasi.

Di pertandingan ini, PSM Makassar dan PSS Sleman sama-sama mengandalkan formasi 4-2-3-1. Everton akan jadi ujung tombak kubu tuan rumah, sedangkan tim tamu mengandalkan Saddam Emiruddin Gaffar.

Baca Juga

Jalannya pertandingan:

Di menit awal babak pertama, PSM langsung membuka keunggulan 1-0 setelah aksi solo run Ramadhan Sananta hasil umpan Yakob Sayuri  menjebol gawang PSS Sleman. Pasukan Ramang unggul 1-0.

Tertinggal cepat membuat tim besutan Seta Nurdiyantara melakukan serangan balik demi terciptanya gol balasan sekaligus penyama kedudukan.

PSS Sleman mendapatkan umpan pertama dari sepak pojok pada menit ke-11. Sayang  bola yang dieksekusi masih belum mampu dimaksimalkan menjadi gol.

Baca Juga

Kim Kurniawan dkk mendominasi permainan dengan catatn 78 persen penguasaan bola. Di sisi lain, PSM bertahan sebisa mungkin menjaga gawang agar tidak kebobolan.

Alih-alih mencetak gol, gawang Ega Rizky kembali kebobolan pada menit ke-29 dan membuat PSM menggandakan keunggulan menjadi 2-0.

Gol kedua PSM ini tercipta setelah Ananda Raehan Alief memanfaatkan bola muntaha kiper PSS saat menghalau tendangan bebas Yakob Sayuri.

Wasit membunyikan peluit tanda berakhirnya babak pertama. PSM Makassar untuk sementara ini unggul 2-0 dari PSS Sleman.

Baca Juga

1. Babak Kedua: PSS Sleman Kian Babak Belur

Pertandingan antara PSM Makassar vs PSS Sleman di laga BRI Liga 1. (Foto: Instagram@psm_makassar)

PSS Sleman melakukan beberapa penggantian pemain  di awal babak kedua demi upaya menciptakan peluang mencetak gol.

Namun hingga memasuki menit ke-60, PSS belum berhasil menjaringkan satu pun gol ke gawang PSM. Kedudukan PSM masih unggul 2-0.

PSS memiliki peluang tendangan bebas di depan kotak penalti PSM. Sayang, eksekusi yang diambil Ayoub berhasil ditepis Reza Arya Pratama.

PSM lebih banyak mendominasi dengan beberapa peluang berhasil didapat seperti dari Muhammad Arfan dan Yakob Sayuri namun masih mampu digagalkan pemain PSS.

Serangan bertubi-tubi PSM berbuah manis. Ramadhan Sananta kembali mencatatkan namanya di papan skor dan membuat timnya kian unggul 3-0.

Baca Juga

Pada menit ke-72, penyerang yang juga membela Timnas Indonesia tersebut mencetak gol setelah  menerima umpan manis dari Rizky Eka.

Seusai mencetak gol, Ramadhan Sananta langsung ditarik keluar dan posisinya digantikan oleh Ricky Pratama. Meski Sananta keluar, PSM masih tak kehilangan dominasinya di laga ini.

Empat menit berselang, giliran penyerang asal Brasil, Everton mencetak gol dari titik putih atau penalti membuat PSM memperlebar keunggulan jadi 4-0.

Baca Juga

PSS Sleman tak patah arang meski gawang sudah empat kali kebobolan. Mencoba menyegarkan lini depan, Seto menarik keluar Ayoub dan memasukan pemain depan potensial, Hokky Caraka.

Sayang sekali, kehadiran Hokky Caraka tidak mampu mengubah keadaan jadi lebih baik. PSS Sleman tak sekalipun mampu menjaringkan gol ke gawang PSM Makassar.

Wasit akhirnya membunyikan peluit panjang tanda berakhirnya babak kedua. PSM Makassar dinyatakan keluar sebagai pemenang dengan skor 4-0 atas PSS Sleman.

Baca Juga

Susunan pemain

PSM Makassar (4-2-3-1): M Reza Arya Pratama; Yance Sayuri, Safrudin Tahar, Akbar Tanjung, M Dzaki Asraf; Rasyid A Bakri (C), Arfan; M Ramadhan Sananta, Ananda Raehan Alief, Yakob Sayuri; Everton

Pelatih: Bernardo Tavares

PSS Sleman (4-2-3-1): Ega Rizky P; Ibrahim Sanjaya, Marckho Sandi, Nurdiansyah, Derry Rachman; Jihad Ayoub, Kim Jeffrey Kurniawan; Irkham Mila, Todd Rivaldo Ferre, Rachmad Hidayat; Saddamm Emiruddin

Pelatih: Seta Nurdiyontaro

PSS SlemanPSM MakassarHasil PertandinganLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini