x

Laga Liga 1 Lawan PSM di Parepare Nyaris Batal, Pelatih PSS Sleman: Perjalanan Hampir 12 Jam

Jumat, 13 Januari 2023 23:55 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro, memastikan timnya siap menghadapi PSM Makassar di Liga 1 2022/2023.

INDOSPORT.COM - Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro, memastikan timnya siap menghadapi PSM Makassar di Liga 1 2022/2023. Perjalanan melelahkan selama 12 jam nyaris berjuang batal tanding di Stadion B.J. Habibie, Parepare, Sabtu (14/1/23).

Partai pekan ke-18 ini nyaris batal karena terbentur izin dari pihak keamanan. Padahal, PSS Sleman yang membawa 21 pemain sudah tiba di Parepare pada Kamis malam.

Detik-detik genting pada Jumat (13/01/23) pagi akhirnya berujung kelegaan. Akhirnya pada Jumat siang disepakati bahwa laga tetap berjalan namun tak boleh dihadiri penonton.

Seto Nurdiyantoro pun bercerita tentang lamanya perjalanan menuju Parepare. Jika ditotal, Jihad Ayoub dkk. telah menempuh perjalanan darat dan udara selama 12 jam.

"Perjalanan cukup panjang, hampir 12 jam, karena ada kendala di perjalanan. Pasti sedikit menguras fisik dan psikis. Dengan sisa waktu yang ada, mudah-mudahan pemain bisa tampil dengan lebih bugar," kata Seto Nurdiyantoro.

Seto tak merasa bahwa status laga yang tak dihadiri suporter PSM Makassar bakal menguntungkan PSS Sleman.

Baca Juga

Bila berbicara tentang kualitas PSM, skuat besutan Bernardo Tavares sedang bagus-bagusnya di Liga 1 2022/2023. Buktinya, Wiljan Pluim dkk. sedang menjadi pemuncak klasemen sementara dengan 34 poin.

Raihan poin dari PSM Makassar terpaut 18 poin dengan koleksi PSS Sleman. Saat ini, tim Elang Jawa baru mengoleksi 16 poin dan berada di peringkat ke-14.

Baca Juga

"Memang ada sebuah keuntungan, tapi apakah itu bisa dimanfaatkan atau tidak, kita tidak tahu. Kualitas PSM cukup solid," jelas Seto.

Bahkan, Seto menegaskan para pemain tak begitu terfokus pada persoalan tersebut. Apalagi pada laga sistem bubble, semua tim Liga 1 juga terbiasa main tanpa penonton.

"Mungkin sebuah keuntungan, tapi bukan 100 persen. Kami lebih fokus pada pertandingan tentang bagaimana cara untuk mengatasi PSM," papar Seto.

Baca Juga

1. Berbuah Hasil

Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro.

Seto berharap perjalanan panjang untuk bisa bertanding di Parepare bisa berbuah hasil, meski di atas kertas PSM Makassar lebih diunggulkan.

"Ini perjuangan berat buat kami, tapi tidak ada yang tidak mungkin. Harapannya, kami bisa menyulitkan lawan, pertandingan enak ditonton dan bisa ambil poin di sini," harap Seto.

Hal sama turut diungkapkan gelandang PSS, Kim Kurniawan. Adik ipar Irfan Bachdim ini turut berbicara lamanya perjalanan yang ditempuh PSS menuju Parepare.

Namun, hal itu tak menjadi halangan untuk tampil maksimal. PSS berusaha memanfaatkan situasi ketika PSM tak mendapat dukungan langsung dari belasan ribu suporter setianya.

"Mungkin sebuah catatan bagus kalau PSS jadi tim pertama yang bisa kalahkan PSM di kandang. kita akan kasih segalanya untuk meraih target itu," tegas Kim Kurniawan.

Baca Juga

Kim Kurniawan juga mengusung misi balas dendam setelah PSS kalah 1-2 dari PSM pada pertemuan pertama di Stadion Maguwoharjo Sleman.

Kala itu, PSM unggul lewat dua gol yang dicetak Wiljan Pluim menit ke-18 dan 27. Kini saatnya PSS Sleman gantian membawa pulang ke Sleman.

Baca Juga

"Meski perjalanan jauh, cukup melelahkan, saya bisa pastikan bahwa pemain yang tampil dalam kondisi siap dan akan memberi yang terbaik buat PSS," ucap Kim Kurniawan.

Laga pembuka putaran kedua Liga 1 2022/2023 ini akan disiarkan secara langsung oleh televisi swasta, Indosiar, mulai pukul 15.00 WIB.

Baca Juga
PSS SlemanPSM MakassarLiga IndonesiaLiga 1Seto NurdiyantoroLiga 1 2022-2023

Berita Terkini