x

Korbankan Karier di Eropa, Bomber Ukraina Bongkar Alasan Pulang ke PSS Sleman

Kamis, 12 Januari 2023 20:45 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
Selebrasi pemain PSS Sleman, Yevhen Bokhashvili usai mencetak gol ke gawang Kalteng Putra pada Liga 1 antara PSS Sleman vs Kalteng Putra, Jumat (18/10/19).

INDOSPORT.COM - Penyerang asal Ukraina, Yevhen Bokhashvili, rela meninggalkan karier di Eropa untuk kembali ke PSS Sleman. Kenangan manis Liga 1 Indonesia 2019 sangat membekas di hatinya.

Yevhen dan PSS Sleman memang punya kenangan spesial. Juara Liga 2 2018 ini merupakan klub pertama yang menampungnya ketika berkarier di Asia, tepatnya Indonesia.

Ternyata, perjalanan pada Liga 1 2019 sangat istimewa. Sempat disebut bakal dicoret dari masa trial, Yevhen justru menjadi bomber ganas di Liga 1.

Yevhen Bokhashvili menorehkan 16 gol dalam 33 penampilan. Performa impresif itu membuatnya sukses membawa PSS nangkring di urutan ke-8 klasemen akhir musim 2019.

Kenangan itu membuat Yevhen tak kuasa menolak ajakan PSS Sleman untuk rujuk pada putaran kedua Liga 1 2022-2023. Dia rela mengorbankan karier di Eropa. 

Sebelumnya, dia tercatat membela klub Rumania, SC Otelul Galati. Dari catatan Soccerway, Yevhen membukukan dua gol untuk Otelul dalam ajang Piala Rumania 2022.

Baca Juga

"Jujur, sangat bahagia dengan momen ini. Keluarga saya juga ikut berbahagia karena keinginan untuk kembali menjadi kenyataan," kata Yevhen Bokhashvili.

"Puji Tuhan, saya sangat bahagia seperti tak pernah meninggalkan tempat ini. Momen ini sesuatu yang normal bagi pesepak bola profesional namun saya tidak percaya ini terjadi," lanjutnya.

Baca Juga

PSS Sleman bisa dibilang menyelamatkan reputasi Yevhen sebagai bomber tajam. Ia merupakan salah satu talenta berkualitas yang pernah dimiliki Ukraina.

Hal itulah yang membuat Yevhen Bokhashvili pernah menjadi andalan timnas Ukraina U-21. Sayangnya, pandemi Covid-19 sempat membuat dia harus pulang kampung.

"Semua hal yang memaksa saya meninggalkan PSS Sleman, suporter sangat memahami dan mereka tahu. Dalam perjalanan waktu, saya selalu menunggu kesempatan ini datang kepada saya saat kompetisi sepak bola Indonesia kembali dilanjutkan," tutur Yevhen.

Baca Juga

1. Sempat ke Persipura

Salah satu legiun asing Persipura, Yevhen Bokhashvili.

Kini, Yevhen telah kembali ke rumahnya. Dalam perjalanan karier di Indonesia, dia juga sempat membela Persipura Jayapura pada Liga 1 2021-2022.

Yevhen Bokhashvili yang tampil dalam 26 pertandingan mencetak delapan gol. Dia sempat menjalani periode sulit pada putaran pertama, sebelum mengamuk pada putaran kedua.

"Sekarang semuanya telah terjadi, bagi saya PSS Sleman adalah rumah kedua," papar Yevhen Bokhashvili mengenai perasaannya terhadap Elang Jawa.

Yevhen kembali dalam situasi tidak mudah, seperti halnya saat membela Persipura Jayapura. PSS ada di zona bawah karena hasil jeblok dalam enam laga sistem bubble Liga 1 2022-2023.

Baca Juga

Dalam 17 laga sisa Liga 1 2022-2023, Yevhen Bokhashvili akan berusaha keras membayar kepercayaan yang diberikan PSS Sleman.

"Di paruh kedua kompetisi ini saya ingin berkontribusi agar PSS tetap bertahan di Liga 1 serta membantu coach Seto Nurdiyantoro mewujudkan keinginannya membuat PSS menjadi lebih baik lagi," ucap Yevhen.

"Harapannya kami bisa menutup musim dengan bagus dan hasil yang baik di akhir kompetisi," imbuh pemain yang pernah berkarier di Belarusia ini.

Baca Juga

Yevhen Bokhashvili kembali ke PSS saat kompetisi Liga 1 sudah boleh dihadiri suporter lagi. Dia akan merasakan lagi dukungan penuh yang membuatnya kagum pada Liga 1 2019.

"Untuk pendukung PSS Sleman, saya sangat merindukan kalian. Saya berharap kembalinya saya di sini masih dengan rasa yang sama seperti sebelumnya," tutur Yevhen.

"Suporter PSS salah satu alasan kuat saya sangat jatuh cinta kepada klub ini. Saya akan memberikan yang terbaik untuk kalian," pungkasnya.

Persipura JayapuraUkrainaPSS SlemanLiga IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaYevhen BokhashviliBerita Liga 1Liga 1 2022-2023One Football

Berita Terkini