x

Timnas Indonesia Gagal ke Final Piala AFF 2022, Coach Justin: Shin Tae-yong Wajib Stay!

Senin, 16 Januari 2023 17:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong jelang laga ketiga grup A Piala AFF 2022 antara Indonesia vs Thailand di Media Center stadion GBK, Rabu (28/12/22).

INDOSPORT.COM - Meski Timnas Indonesia gagal ke final Piala AFF 2022, Coach Justin berharap PSSI masih mau mempertahankan pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia gagal ke final Piala AFF 2022, saat kalah dari Vietnam di babak semifinal leg kedua.

Ini adalah kegagalan kedua setelah edisi Piala AFF 2020 lalu, Timnas Indonesia hanya bisa mencapai babak final, tetapi kalah dari Thailand dan belum mengangkat trofi juara.

Sejak kegagalan di Piala AFF 2022, banyak yang menyuarakan agar Shin Tae-yong diputus saja kontraknya dan tidak lagi menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia.

Bukan dari pihak eksternal, suara yang menyatakan Shin Tae-yong putus kontrak justru datang dari internal PSSI. Sejumlah Exco yang menyatakan hal itu ke media.

Baca Juga

"Gagal, out lah," kata anggota Exco PSSI, Juni Rachman.

"Para Pemuja STY, waktu dan tempat dipersilakan," komentar lainnya dari anggota Exco PSSI, Haruna Soemitro.

Di pihak lain, salah satu pengamat sepak bola nasional, Justinus Lhaksana alias Coach Justin, berharap PSSI masih mau melanjutkan kontrak Shin Tae-yong.

Baca Juga

Pasalnya, meski gagal merengkuh trofi juara Piala AFF 2022, Shin Tae-yong membuat grafik perkembangan Timnas Indonesia mengalami kenaikan secara signifikan.

"Gue tidak mau salahkan Shin Tae-yong, sama sekali. Untuk gue, Shin Tae-yong stay, seratus persen," blak-blakan Coach Justin.

"Kita enggak bisa menilai hanya dari satu event ini. Kita lihat progresnya (Timnas) ke atas, tetapi progres ke atas ini ada up and down, sekarang kita dalam posisi down."

Baca Juga

1. Harapan Coach Justin untuk Egy dan Saddil

Selebrasi Egy Maulana Vikri bersama para pemain Timnas Indonesia, saat merayakan gol ke gawang Kamboja pada laga Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (23/12/22).

Salah satu faktor yang membuat Timnas Indonesia mengalami penurunan dan gagal meraih trofi juara Piala AFF 2022, yakni ada inkonsistensi ritme dari para pemain muda.

Meski sebelumnya Coach Justin sempat mengkritik penampilan Saddil Ramdani dan Egy Maulana Vikri, tetapi dia juga meminta agar dua pemain ini diberi kesempatan lagi.

"Nanti dengan prediksi, semoga kita naik lagi, dan itu wajar, karena semua pemain muda mengalami hal itu. Gue sama sekali enggak mengucilkan pemain muda kita."

"Gue tetap salut sama mereka, gue hanya bilang mereka tidak perform dan mereka harus bangkit lagi," tegas Coach Justin.

"Pemain kayak Egy dan Saddil tetap harus terlibat, tetap harus diseleksi, dan mereka harus mengoreksi diri sendiri," ujarnya.

Baca Juga

Coach Justin menilai penampilan Timnas Indonesia mengalami perkembangan di era STY dan salah satu buktinya adalah lolos ke Piala Asia 2023 melalui jalur kualifikasi.

"Artinya, kita tidak konsisten dalam berprestasi, that's okay, karena mayoritas kita banyak sekali pemain muda, maka skuad yang sekarang ada harus dipertahankan."

Baca Juga

"Pemain yang gue kritik (Egy dan Saddil) tetap dipertahankan, gue berharap mereka terus belajar dan berkembang lagi," harap mantan pelatih Timnas Futsal Indonesia itu.

"Jadi untuk gue, Shin Tae-yong stay, pemain Timnas stay. Terima kasih atas perjuangan kalian, sayangnya enggak tercapai target, tapi perjalanan masih jauh," ujarnya.

Perlu diketahui, Timnas Indonesia akan beraksi kembali di Piala Asia 2023 Qatar, yang akan dihelat pada akhir tahun 2023. Sebelum itu, Timnas Indonesia U-19 akan terlebih dahulu beraksi di Piala Dunia. Jika tak ada pemutusan kontrak, Shin Tae-yong masih bertugas untuk menangani dua kelompok tim tersebut.

Baca Juga
PSSIJustinus LhaksanaPelatihTimnas IndonesiaPiala AFFLiga IndonesiaEgy Maulana VikriSaddil RamdaniBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongCoach JustinPiala AFF 2022

Berita Terkini