x

Coach Justin Bicara Calon Ketua Umum PSSI, Lebih Pilih Erick Thohir atau La Nyalla?

Selasa, 17 Januari 2023 14:14 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Pengamat sepak bola, Coach Justin, bicara soal bursa Calon Ketua Umum PSSI 2023-2027, lalu ia lebih pro pada Erick Thohir atau La Nyalla Mattalitti?

INDOSPORT.COM - Pengamat sepak bola, Coach Justin bicara soal bursa Calon Ketua Umum PSSI 2023-2027. Apakah ia lebih pro pada Erick Thohir atau La Nyalla Mattalitti?

La Nyalla Mattalitti menjadi orang pertama yang mengembalikan berkas pendaftaran di kantor PSSI yang terletak di GBK Arena. Ia menyerahkan berkas pada Jumat (13/01/23).

Kemudian, disusul Erick Thohir dua hari kemudian. Erick ditemani para pendukung setianya pada saat menyerahkan dokumen.

Jika melihat rekam jejak, La Nyalla pernah menjabat sebagai ketua dan wakil ketua umum PSSI. Ia juga pernah menjadi ketua umum Asosiasi Provinsi PSSI Jawa Timur.

Di sisi lain, kiprah Erick Thohir bahkan tak hanya di kancah sepak bola nasional saja. Ia pernah menjadi presiden Inter Milan, juga sempat memiliki beberapa klub basket.

Baca Juga

Pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo, Erick Thohir, mendapatkan jabatan baru sebagai menteri BUMN sejak 2019. Posisi itu masih ia pegang sampai saat ini.

Erick Thohir maju sebagai calon ketua umum PSSI dengan modal 'restu presiden'. Hal ini menjadi sorotan Justinus Lhaksana alias Coach Justin, ketika bicara soal bola dalan kanal Youtube miliknya.

Baca Juga

"Yang bisa menyelamatkan sepak bola Indonesia itu ya RI 1, karena RI 1 punya segala instrumen untuk membantu mengangkat sepak bola Indonesia."

"BUMN bisa membantu, karena dalam olahraga, sepak bola kita belum menjadi industri, mungkin kurang menarik, jadi perlu picuan dari BUMN. Kebetulan Erick Thohir Menteri BUMN," jelas Coach Justin lagi.
 
"Mereka punya dana, kalau dibandingkan dengan sepak bola kita, klub pro itu kecil. Kalau bisa digunakan untuk klub Liga 1, Liga 2 dan Liga 3, itu sangat membantu," katanya.

Baca Juga

1. Punya Kenangan Manis dengan La Nyalla, Coach Justin Pro Erick Thohir?

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, memberi dukungan kepada Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) yang memperjuangkan agar kompetisi sepak bola Liga 1 dan 2 bisa bergulir.

Di sisi lain, Coach Justin juga mengenal baik sosok La Nyalla Mattalitti, khususnya saat mereka berdua sama-sama tergabung di PSSI. Coach Justin kala itu sebagai pelatih, kemudian manajer Timnas Futsal Indonesia.

"Gue pernah jadi pengurus futsal di PSSI, di bawah La Nyalla Mattalitti, dan gue tidak punya pengalaman yang buruk dengan La Nyalla," tegas Coach Justin di Youtube-nya.

"Beliau menjalankan tugasnya sebagai pengurus, waktu itu Exco, dan juga sempat jadi ketua," sambung pundit kenamaan itu.

"Bahkan beliau pribadi dulu pernah membantu gue di Timnas, waktu gue enggak dikasih dana sama sekali, beliau keluarkan dana dari kantongnya, gue tidak akan lupa."

"Gue apresiasi, tapi bukan berarti gue full mendukung, karena gue berusaha untuk tetap objektif," sambung Coach Justin.

Baca Juga

Meski tidak berpihak pada satu kubu, tapi Coach Justin menilai jika Erick Thohir punya modal lebih untuk memenangkan kontestasi pemilihan calon ketua umum PSSI tahun ini.

"Gue tidak terlalu mementingkan, tapi untuk gue, jelas Erick Thohir punya keuntungan lebih banyak sebagai menteri BUMN."

Baca Juga

"Beliau belum pernah aktif di PSSI sebagai pengurus, itu juga sebuah plus poin. Kalau seandainya Erick Thohir jadi ketua umum, masukkan orang-orang baru semuanya."

"Ini juga untuk La Nyalla, kalau seandainya La Nyalla jadi ketua, pengurus-pengurus baru dimasukkan, itu harapan gue," ungkap mantan pelatih Timnas Futsal Indonesia itu.

"Masuk dengan fresh, enggak ada kepentingan, tapi mau mengelola sepak bola Indonesia, tanpa menjelekkan atau mendiskreditkan orang-orang lama," ujar Coach Justin dalam pembahasan calon ketua umum PSSI yang baru.

Baca Juga
PSSIErick ThohirLanyalla MattalittiJustinus LhaksanaLanyallaLiga IndonesiaKetua Umum PSSICoach Justin

Berita Terkini