x

Andrea Agnelli Resmi Pamit, Ini 3 Warisan Berharganya yang Wajib Dijaga Juventus

Jumat, 20 Januari 2023 16:48 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pavel Nedved (kiri) dan Andrea Agnelli (kanan) saat masih di Juventus. Foto: REUTERS/Massimo Pinca.

INDOSPORT.COM - Andrea Agnelli sudah berpamitan dengan klub Liga Italia (Serie A), Juventus, lewat sebuah pidato perpisahan untuk terakhir kalinya.

Sebagai pengingat, Andrea Agnelli merupakan salah satu jajaran petinggi Juventus yang angkat kaki dari manajemen beberapa waktu lalu.

Gianluca Ferrero yang kemudian ditunjuk sebagai pengganti pun mengemban PR besar di pundaknya, menyusul situasi finansial di klub yang sedang tidak kondusif.

Meski meninggalkan tugas yang cukup problematik kepada penerusnya, Andrea Agnelli juga punya beberapa warisan berharga untuk dipertahankan dan dikembangakan oleh klub.

Apa saja?

Baca Juga

Juventus Women

Tim ini terbentuk saat era Andrea Agnelli pada tahun 2017 lalu. Rita Guarino ditunjuk sebagai manajer pertama yang berhasil membawa Juventus Women langsung berjaya di Liga Italia.

Tidak butuh waktu lama, mereka langsung memenangkan empat gelar liga secara beruntun dalam kurun waktu empat tahun pertama.

Baca Juga

Sepak terjang apik Juventus Women dalam mendominasi liga wanita Italia pun berlanjut pada 2021-2022, setelah Rita Guarino digantikan oleh Joe Montemurro.

Mengantongi lima gelar beturut-turut pun menunjukkan seberapa besar kekuatan Juventus Women, yang pastinya harus dipertahankan dengan sebaik-baiknya.

Apalagi, mereka saat ini menjadi salah satu tim sepak bola wanita yang dihormati dan disegani tidak hanya di Italia tetapi juga di Eropa. 

Baca Juga

1. Bangunan Fisik

Pavel Nedved (kiri) dan Andrea Agnelli (kanan) saat masih di Juventus. Foto: REUTERS/Massimo Pinca.

Selama kepemimpinannya, Andrea Agnelli juga memberi banyak ‘rumah’ baru untuk Juventus berupa infrastruktur-infrastruktur menarik yang melambangkan identitas Bianconeri sebagai klub papan atas Italia.

Tidak hanya Allianz Stadium, aneka bangunan megah dan modern juga ‘lahir’ saat Andrea Agnelli masih menjabat.

Sebut saja Juventus Museum yang sengaja dibuat untuk menghormati sejarah besar klub dan inovasi mereka sebagai salah satu raksasa sepak bola terpandang di Liga Italia.

Lalu ada pula Juventus Medical, J Hotel, dan J College. Selain itu, area Vinovo Training Center juga dipermak dan kini menjadi markas tim muda dan tim wanita.

J Hotel sendiri merupakan proyek hospitality yang lahir dari kolaborasi antara Juventus dan grup Lindbergh Hotels.

Baca Juga

Berdasarkan informasi di laman resminya, J Hotel terletak di area seluas 11.200 meter persegi dan memiliki sejumlah fasilitas layaknya hotel mewah pada umumnya.

Sebut saja: congress center, restoran, lounge bar, area kebugaran, taman-taman, dan masih banyak lagi.

Baca Juga

J Hotel pun didapuk sebagai hotel pertama di Italia yang dibangun berdasarkan kolaborasi dengan klub sepak bola.

Sementara itu, J College merupakan sekolah menengah ilmiah tingkat kedua untuk olahraga dan ilmu terapan yang didirikan dan diresmikan oleh Juventus dan Institut Agnelli pada September 2012.

Sejak 2017, kelas-kelas di J College juga diikuti oleh para pemain dari tim junior dan wanita. Filippo Romagna dan Emil Audero merupakan dua dari sekian pemain yang lulus dari sekolah ini.

Baca Juga
 

2. Juventus Next Gen

Pavel Nedved (kiri) dan Andrea Agnelli (kanan) saat masih di Juventus. Foto: REUTERS/Massimo Pinca.

Sejak musim panas 2022, tim kedua Bianconeri (U-23) yang sudah dibentuk sejak 2018, berganti nama menjadi Juventus Next Gen.

Tidak serta-merta hanya berganti nama, kehadiran Juventus Next Gen merupakan wujud kepedulian klub terhadap pengembangan pemain muda dan keberadaan tim reserve bagi kontestan Serie A Liga Italia.

Berdasarkan keterangan di laman resminya, keberadaan tim dimaksudkan untuk membina talenta-talenta potensial berdasarakan filsofi yang dianut klub.

Selain itu, penamaan Juventus Next Gen (Generation) pun sejalan dengan visi misi klub membentuk generasi pemain masa depan yang berkualitas.

Sebagai informasi, sejak tim ini pertama dibuat sebagai U-23, bakat-bakat muda seperti Nicolo Fagioli, Fabio Miretti, dan Matias Soule berhasil meraih tempat di tim utama.

Proyek ini, pelan tapi pasti, makin terasa manfaatnya bagi tim utama, terutama yang saat ini diasuh Massimiliano Allegri.

Pasalnya, dari waktu ke waktu jumlah lulusan Juventus Next Gen yang mendarat di tim utama terus bertambah.

Saat ini, Juventus Next Gen bermain di Serie C Liga Italia dan bertengger di papan tengah klasemen untuk musim 2022-2023.

Sumber: juventus.com

JuventusAndrea AgnelliLiga ItaliaBerita Liga ItaliaOne Football

Berita Terkini