x

Noni Madueke Jadi Rekrutan ke-Sekian Belas, Chelsea Era Todd Boehly Sudah Habis Berapa?

Jumat, 20 Januari 2023 12:45 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Penyerang PSV, Noni Madueke (kanan), sedang dikaitkan dengan Chelsea di bursa transfer Januari. Foto: ANP Sport via Getty Images,

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Chelsea, sedang asyik berfoya-foya di era Todd Boehly termasuk mendatangkan Noni Madueke.

Berdasarkan laporan BBC, winger berusia 20 tahun tersebut makin merapat ke Stamford Bridge usai terbang ke London untuk menyelesaikan proses transfernya.

Dalam laporan yang sama, disebutkan pula ia datang ke Chelsea dengan banderol 29 juta pounds atau sekitar Rp543 miliar.

Apabila resmi merapat, Noni Madueke akan jadi rekrutan ke-14 sejak Todd Boehly mengambil alih Chelsea dari Roman Abramovich.

Ia juga rekrutan ke-6 Chelsea di bursa transfer Januari setelah kedatangan Mykhailo Mudryk, David Fofana, Andrey Santos, Benoit Badiashile, ditambah Joao Felix yang berstatus pinjaman.

Baca Juga

Laman Daily Star mencatat, perekrutan Noni Madueke akan meningkatkan anggaran belanja Chelsea era Todd Boehly menjadi 400 juta poundsterling (Rp7,4 triliun).

Di sisi lain, PSV Eindhoven agaknya tidak ingin ambil pusing pemainnya dicomot lagi di bursa transfer Januari ini, padahal mereka baru saja kehilangan Cody Gakpo ke Liverpool.

Baca Juga

Selama berseragam klub Liga Belanda tersebut di level senior, Noni Madueke telah mencatatkan 80 penampilan dengan 20 gol dan 14 assist.

Meski harus angkat kaki, pemain yang bernama lengkap Chukwunonso Tristan Madueke ini sejatinya sudah tidak asing dengan tanah Inggris.

Ia memang berasal dari Nigeria, namun lahir di Inggris serta sempat menimba ilmu di Crystal Palace dan Tottenham Hotspur sebelum berkarier di Belanda. 

Baca Juga

1. Chelsea yang Sedang Berusaha Bangkit

Chelsea saat ini sedang berusaha bangkit dengan mendatangkan banyak amunisi baru di bursa transfer. Foto: REUTERS-Tony Obrien.

Chelsea, memang sedang getol-getolnya belanja pemain di bursa transfer Januari sebagai salah satu upaya mereka memperbaiki penampilan tim yang sedang bobrok saat ini.

Bahkan, nasib dan masa depan Graham Potter sempat menjadi tanya tempo hari setelah The Blues kalah di pertandingan melawan Fulham.

Namun beruntung, mereka berhasil meraih kemenangan saat menghadapi Crystal Palace dan sang juru taktik pun selamat dari gunjingan lebih lanjut.

Todd Boehly pun kabarnya masih memberi kesempatan dan kepercayaan kepada Graham Potter agar bisa menyulap Chelsea yang sekarang menjadi lebih baik lagi.

Sampai tulisan ini dibuat, Chelsea masih bertengger di peringkat 10 klasemen Liga Inggris 2022-2023 dengan 28 poin dari 19 pertandingan.

Baca Juga

Pada Sabtu nanti, mereka akan dihadapkan pada tantangan berat di liga karena harus menghadapi Liverpool.

Sama-sama sedang terpuruk, pertandingan Liverpool vs Chelsea akan menjadi ajang pembuktian lagi bagi Graham Potter, bahwa ia masih layak berada di tempatnya sekarang.

Baca Juga

Mendatangkan Noni Madueke, adalah salah satu upayanya menambah kekuatan pasukan The Blues dalam misinya mengatrol posisi di klasemen Liga Inggris 2022-2023.

Masih dalam catatan Daily Star, Graham Potter diprediksi menghabiskan 150 juta pounds atau sekitar Rp2,8 triliun di bursa transfer pertamanya di Chelsea.

Dengan catatan, apabila Noni Madueke nantinya benar-benar sudah merapat ke Stamford Bridge. 

Baca Juga
 

2. Sekilas tentang Noni Madueke

Penyerang PSV, Noni Madueke (kanan), sedang dikaitkan dengan Chelsea di bursa transfer Januari. Foto: ANP Sport via Getty Images,

Noni Madueke bisa menjadi pemain yang bermanfaat di skuat Graham Potter karena ia juga bisa dioperasikan sebagai striker.

Pernah menjadi murid Crystal Palace dan Tottenham Hotspur, ia nampaknya tidak akan kesulitan jika harus beradaptasi di Liga Inggris bersama Chelsea.

Potensinya sebagai pemain muda di PSV Eindhoven pun terbilang cukup bagus. Ia bahkan berhasil menggondol trofi Dutch Super Cup 2021 setelah timnya menumbangkan Ajax Amsterdam di final.

Bahkan, ia turut mencatatkan nama di papan skor kala itu setelah mencetak dua gol masing-masing pada menit ke-2 dan 29.

Hanya saja, winger kelahiran 10 Maret 2002 tersebut harus berkutat dengan cedera engkel, hingga membuatnya absen cukup lama dari lapangan hijau.

Sebelum Chelsea, Noni Madueke sempat dikaitkan dengan Leeds United dan mantan klubnya, Spurs pada 2021. Semua tidak lepas dari namanya yang mulai dikenal di Eredivisie Belanda.

Namun kini, mereka harus gigit jari karena sang pemain malah merapat ke Chelsea sebagai bagian megaproyek Todd Boehly.

Timnas Inggris

Noni Madueke pertama kali terjun ke Timnas Inggris pada tahun 2017. Saat itu, ia bergabung dengan tim U-16.

Ia kemudian merintis kariernya di level timnas dengan beranjak ke level usia satu ke level usia lainnya, hingga kini tercatat sebagai anggota Inggris U-21.

Sumber: BBC, Daily Star

Bursa TransferChelseaPSV EindhovenBerita TransferTransfer PemainTodd BoehlyOne Football

Berita Terkini