x

Profil Marselino Ferdinan, Wonderkid Indonesia yang Terus Bermain Apik hingga Gemparkan Eropa

Jumat, 20 Januari 2023 17:23 WIB
Editor: Juni Adi
Selebrasi pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan usai mencetak ke gawang Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

INDOSPORT.COM - Nama Marselino Ferdinan kembali menjadi buah bibir lantaran mampu mempertahankan permainan apiknya bersama Persebaya usai membela Timnas Indonesia.

Marselino Ferdinan kembali menjadi perbincangan publik sepak bola Indonesia, setelah kembali tampil gemilang usai membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Pemain berusia 18 tahun itu baru saja membuat dua gol ketika membela klubnya, Persebaya Surabaya, melawan Persita Tangerang di lanjutan Liga 1 2022-2023 pekan ke-19, pada Rabu (18/01/23) Indomilk Arena Stadium.

Pertandingan berlangsung seru. Persita dan Persebaya bermain terbuka dan saling adu serangan. Hanya saja lini serang Bajul Ijo lebih klinis ketimbang Pendekar Cisadane.

Persebaya pun akhirnya menang telak dengan skor 5-0. Masing-masing gol Persebaya dicetak oleh Rizky Ridho, Paulo Victor, Sho Yamamoto dan brace Marselino Ferdinan.

Baca Juga

Dengan kemenangan ini Persebaya mengoleksi 25 angka dari 18 laga dan naik ke peringkat delapan klasemen sementara BRI Liga 1 2022/2023.

Sementara Persita turun ke peringkat sembilan dengan raihan 25 angka juga. Usai pertandingan, Marselino dinobatkan menjadi man of the match berkat dua gol tersebut.

Baca Juga

Ia pun berhasil melanjutkan performa apiknya usai membela timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Di Skuad Garuda pada ajang Piala AFF 2022 kemarin, Marselino Ferdinan menjadi andalan pelatih Shin Tae-yong, dengan memainkan lima pertandingan dari total enam dan mencetak satu gol serta satu assist.

”Kami tahu semua, Marsel pemain muda yang sangat berbakat, ke depannya menurut saya memiliki satu masa depan yang sangat cerah,” Aji Santoso menambahkan.

”Saya selalu pesan kepada Marsel masih muda jangan cepat puas diri ya, jangan cepat bangga jangan meremehkan pemain-pemain yang lain, tetap humble,” tegas eks pelatih Persela Lamongan itu. 

Lantas seperti apa rekam jejak Marselino Ferdinan hingga menjadi salah satu pemain muda paling menjanjikan alias wonderkid? berikut ulasan profilnya:

Baca Juga

1. Profil Marselino Ferdinan

Selebrasi pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan usai mencetak ke gawang Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Luasnya Indonesia membuat bakat sepak bola di negeri ini tidak pernah habis. Setelah muncul Evan Dimas, Egy Maulana Vikri, hingga Witan Sulaeman, kini muncul satu nama yang sedang naik daun yaitu Marselino Ferdinan.

Saat ini dirinya adalah salah satu pemain muda berbakat di Indonesia dengan kemampuan di atas rata-rata.

Pemuda kelahiran Jakarta, 09 September 2004 ini bahkan masuk dalam 60 pemain muda dengan talenta terbaik oleh The Guardian.

Marselino Ferdinan ternyata merupakan adik dari Oktafianus Fernando. 

Ia memulai debutnya pada 11 September 2021 di klub internal Persebaya U-16, kemampuannya membuat Marselino naik level membela tim senior.

Liga 1 musim 2021-2022 menjadi musim pertama Marselino tampil bersama Persebaya senior di kompetisi resmi.

Gol pertamanya ia cetak pada 6 November 2021 dalam pertandingan Persebaya Surabaya melawan Arema FC.

Kemudian bakat Marselino dilirik oleh pelatih timnas Indonesia muda U-16, Bima Sakti. 

Awalnya, ia debut bersama Tim Nasional Indonesia U-16 dalam pertandingan melawan Vietnam pada AFF U-16. Disaat ini juga, Marcelino mencetak gol pertamanya dan membawa kemenangan kepada Indonesia.

Tampil apik, Marselino kemudian dipromosikan ke tim U-23, untuk menjadi bagian dalam Kualifikasi Piala Asia U-23.

Debutnya bersama timnas Indonesia U-23 terjadi melawan Australia. 

Akhirnya pada Januari 2022, Marselino dipanggil untuk bergabung dalam Tim Nasional Indonesia Senior.

Pasalnya, pelatih Timnas, Shin Tae Yong, jatuh cinta dengan kepiawaian Marselino dalam mengolah di bundar di lapangan. 

Debutnya di Timnas Senior terjadi pada 27 Januari 2022 melawan Timor Leste. Kemenangan diraih oleh Timnas Indonesia pada saat itu.

Marselino ikut menyumbangkan gol kemenangan Indonesia melawan Nepal pada kualifikasi Piala Asia 223. Dalam pertandingan tersebut, ia mencetak gol dan Indonesia meraih kemenangan. 

Terbaru ia juga tampil di Piala AFF 2022 kemarin, dengan mencatatkan lima penampilan dari enam laga Timnas Indonesia, dan menjadi pemain muda terbaik di turnamen dua tahunan itu.


2. Gemparkan Eropa

Bintang Timnas U-20, Marselino Ferdinan saat Lakoni Uji Coba di Turki

Kehebatan Marselino Ferdinan dalam mengolah si kulit bundar di lapangan, membuat dirinya menjadi sorotan karena lirik pencari bakat muda dari banyak klub luar negeri.

Baru-baru ini Marselino sampai menjadi perbincangan warga Eropa. 

Di lini masa Twitter, banyak yang bereaksi atas aksi Marselino, termasuk Gerard Postma.

Ia merupakan pengamat talenta muda asal Belanda yang juga suporter FC Groningen.

Gerard menilai bahwa Marselino sangat layak main di Eredivisie, atau Liga Belanda. 

Lalu ada akun lain, yang memuji bagaimana potensi Marselino hingga menyebutnya bisa bermain untuk Celtic, setelah lebih dulu main untuk klub J1 League.

Penilaian itu juga diaminkan oleh pelatih Persebaya, Aji Santoso. Menurutnya manajemen Bajul Ijo siap melepas asetnya itu tetapi jika hanya ada tawaran dari klub luar negeri.

”Saya sangat support kalaupun ada tim luar negeri yang menginginkan Marsel,” ungkap Aji Santoso seusai pertandingan melawan Persita Tangerang.

”Mudah-mudahan nanti ada karena kami tahu bahwa Marsel masih sangat muda. Saya akan support pasti saya akan lepas Marsel kalau ke luar negeri,” tegas pelatih berlisensi AFC Pro tersebut.

Persebaya SurabayaAji SantosoTimnas IndonesiaLiga 1Marselino FerdinanBerita Liga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini