x

5 Bek yang Dilepas Southampton dengan Harga Mahal, Siapa Paling Cuan?

Sabtu, 28 Januari 2023 20:05 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Selebrasi Virgil van Dijk pasca mencetak gol di laga Liverpool vs Southampton (27/11/21).

INDOSPORT.COM - Southampton bisa dibilang sebagai klub medioker di Liga Inggris. Namun mereka selalu berhasil melahirkan para pemain hebat yang dijual dengan harga mahal. 

Skuat yang dilatih oleh Nathan Jones itu memang bukan klub top, bahkan mereka cukup kesulitan di Liga Inggris musim ini. 

Baca Juga

Sejauh Liga Inggris 2022/2023 bergulir, The Saints bahkan ada di dasar klasemen sementara dengan torehan 15 poin saja.

Prestasi paling mengesankan Southampton di Liga Inggris sendiri terjadi pada musim 2015/16 lalu. 

Kala itu, Southampton berhasil mengakhiri kompetisi di posisi enam klasemen akhir, atau satu tingkat di bawah Manchester United.

Baca Juga

Meski bukan klub dengan sejarah besar, sebagai sebuah klub, Southampton dianggap cukup berhasil karena mampu menjual pemain dengan harga selangit. 

Tentu kamu mengingat pemain Senegal yang menjadi andalan Liverpool namun kini sudah hengkang ke Bayern Munchen, Sadio Mane. 

Mane gabung Southampton pada tahun 2014, kemudian pergi menuju Liverpool dua tahun setelahnya. Selama membela Southampton, Mane tampil dalam 67 laga dan mencetak 21 gol.

Baca Juga

Namun, kali ini, kita bukan berbicara Sadio Mane, namun lebih spesifik sederet bek yang pernah dijual Southampton dengan harga mahal. 

Berikut kami sudah rangkum 5 bek termahal yang pernah dilepas Southampton sepanjang sejarah, siapakah yang paling cuan alias termahal?


1. 5. Nathaniel Clyne

Nathaniel Clyne (kiri) bakal dilepas klub Liga Inggris Liverpool dalam waktu dekat ini.

Di urutan kelima sebagai bek mahal adalah Nathaniel Clyne yang hengkang pada Juli 2015, meninggalkan Soton untuk gabung Liverpool. 

The Reds membayar Soton dengan mahar sebesar 17,7 juta euro. Harga yang tentu berkali-kali lipat karena klub mendapatkannya dari Crystal Palace dengan hanya 3,2 juta euro. 

Baca Juga

Dua musim di St Mary’s Stadium, Clyne sendiri mencatat 104 penampilan dengan 5 gol dan 8 assist di semua kompetisi.

4. Calum Chambers

Calum Chambers merupakan salah satu pemain yang berangkat dari akademi Southampton dan berhasil memberikan keuntungan besar bagi klubnya. 

Chambers promosi ke skuat senior Southampton pada Juli 2013, hanya butuh waktu semusim untuknya menyita perhatian publik Liga Inggris. 

Baca Juga

Yang membuat Southampton harus merelakannya digaet klub raksasa Liga Inggris Arsenal dengan mahar senilai 20,23 juta euro pada musim panas 2014. 

Dengan hanya semusim di Southampton, Chambers pun cuma mencatat 25 penampilan dengan torehan satu assist saja. 

3. Dejan Lovren

Setahun sebelum melepas Clyne ke Liverpool, Southampton ternyata sudah lebih dulu melepas bek mereka Dejan Lovren pada musim panas 2014. 

Baca Juga

Dari penjualan bek Kroasia itu, The Saints untung besar karena hanya mengeluarkan 10 juta euro ketika membelinya dari Olympique Lyon pada Juli 2013. 

Sementara Liverpool membelinya dengan mahar 25,3 juta uero setelah Lovren tampil 31 pertandingan selama semusim berseragam Soton. 


2. 2. Luke Shaw

Luke Shaw, pemain Timnas Inggris di Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/John Sibley)

Selanjutnya di urutan kedua termahal ada Luke Shaw, bek kiri berkebangsaan Inggris yang juga mengawali karir bersama tim akademi Southampton. 

Dua tahun sejak promosi ke skuat senior, Shaw terus mendapat sorotan karena penampilannya sebagai bek kiri muda Inggris. Yang membuat Manchester United kesengsem dengannya. 

Hingga akhirnya Setan Merah membelinya dengan mahar 37,5 juta euro pada musim panas 2014 dan masih mengandalkannya hingga sekarang. 

Baca Juga

1. Virgil van Dijk

Virgil van Dijk menjadi bek paling mahal yang pernah dijual oleh Southampton ketika Liverpool meminangnya pada musim dingin 2018. 

The Reds berani membayar sebesar 84,65 juta euro kepada Southampton. Sementara Soton hanya membeli bek Timnas Belanda itu senilai 15,7 juta euro dari Celtic. 

Tiga tahun di St Mary’s Stadium, Van Dijk mencatat 80 penampilan dengan luar biasa membuktikan kualitasnya bersama Southampton.

Manchester UnitedLiverpoolDejan LovrenSouthamptonLuke ShawNathaniel ClyneCalum ChambersLiga InggrisVirgil van Dijk

Berita Terkini