x

Terancam Kehilangan Araujo dan Gavi Perkara Gaji, 4 Bintang Ini Sebaiknya Barcelona Usir Pergi

Sabtu, 28 Januari 2023 21:23 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Barcelona terantuk masalah keuangan lagi dan kini raksasa Catalonia itu terancam tidak bisa memainkan Gavi juga Ronald Araujo di sisa Liga Spanyol 2022/2023. Foto: Reuters/Albert Gea

INDOSPORT.COM - Barcelona terantuk masalah keuangan lagi dan kini raksasa Catalonia itu terancam tidak bisa memainkan Gavi juga Ronald Araujo di sisa Liga Spanyol 2022/2023.

Kenapa demikian? MD melaporkan bahwa saat ini Los Cules hanya diperbolehkan untuk memiliki pengeluaran sebesar 400 juta Euro dan diklaim ada kelebihan 200 juta Euro saat ini di Camp Nou.

Sebenarnya hal ini bisa diatasi dengan menaikkan batas yang ditetapkan Liga Spanyol dengan cara memotong gaji pemain, mendapatkan sponsor baru, atau melakukan penjualan bintang namun tidak ada yang bisa dieksekusi dalam waktu singkat.

Salah satu penyebab membengkaknya kebutuhan uang Barcelona adalah perpanjangan kontrak untuk Gavi dan juga Araujo.

Keduanya pada 2022 lalu baru diberikan penambahan masa bakti hingga Juni 2026 yang tentunya juga disertai dengan perbaikan nilai upah.

Baca Juga

Kini baik Gavi maupun Araujo menerima lebih dari 130.000 Euro per pekan dan hasilnya kini Barcelona kembali harus mengatur jumlah anggaran mereka jika tidak mau meluputkan keduanya dari daftar skuad.

Mengingat bursa transfer Liga Spanyol masih akan dibuka hingga 31 Januari 2023 mendatang, maka La Blaugrana mungkin bisa menjual sejumlah pemain mereka lagi.

Baca Juga

Dilepasnya Gerard Pique (pensiun) dan Memphis Depay (pinjaman) terbukti belum cukup untuk membuat neraca ekonomi mereka menjadi stabil dan berikut ini empat pemain yang kami rasa pantas untuk diantar menuju pintu keluar.

Mereka masuk kategori ini karena dianggap bergaji terlalu tinggi, kurang kontribus, atau kombinasi kedua faktor tadi.

Adakah pemain Barcelona favorit anda dalam artikel ini? Berikut ulasannya.

Baca Juga

1. 1. Frenkie de Jong

Aksi Frenkie de Jong di laga Piala Super Spanyol Real Betis vs Barcelona (13/01/23). (Foto: REUTERS/Ahmed Yosri)

Salah satu nama yang paling mudah diprediksi untuk masuk dalam daftar ini mengingat Frenkie de Jong sudah kencang diisukan ingin Barcelona jual sejak bursa transfer musim panas 2022 lalu.

Bukan karena ia tidak berkontribusi mengingat sejauh ini ia telah ikut serta dalam lebih dari 20 pertandingan namun karena besaran gajinya yang luar biasa mahal.

De Jong adalah pemain dengan upah tertinggi di Barcelona dengan nominal 721.154 Euro tiap pekannya. Saat krisis moneter menerpa klub, sang gelandang Belanda langsung disarankan untuk mencari klub baru saja.

Namun De Jong bersikeras untuk bertahan dan akhirnya hingga kini masih ada di Camp Nou. Hanya saja mungkin ia akan dipaksa untuk mengemasi kopernya lagi andai Barcelona kesulitan lagi.

Manchester United masih siap untuk menawar mahal eks playmaker Ajax Amsterdam yang satu ini. Selain melegakan slot gaji, Barcelona akan mendapatkan dana segar bursa transfer dengan melepasnya.

Baca Juga

2. Ferran Torres

Barcelona mungkin sudah menyesal kenapa di Januari 2022 lalu sudah rela menebus Ferran Torres seharga 55 juta Euro saat brankas mereka nyaris kosong.

Tidak dipungkiri lagi jika pemain 22 tahun itu sangat berbakat, bisa bermain di banyak posisi, dan telah membuktikan kualitasnya bersama Valencia juga Manchester City namun ia tampaknya tidak begitu cocok dengan skema Xavi Hernandez.

Baca Juga

Sang pelatih lebih suka mengandalkan Robert Lewandowski, Ousmane Dembele, dan Raphinha di lini depan. Torres sepanjang 2022/2023 baru memainkan enam laga sebagai starter di Liga Spanyol dan jumlah golnya pun tertahan di angka dua.

Nyaris 200.000 Euro Barcelona keluarkan setiap tujuh hari untuk menggaji Torres dan alasan untuk melepasnya pun jadi bertambah panjang.

Beruntung sepertinya Arsenal siap menebus dan membawanya lagi ke Liga Inggris. Sayang, kontrak hingga 2027 mungkin bakal membuat negosiasi dengan The Gunners berjalan alot.

Baca Juga

2. 3. Raphinha

Raphinha

Satu lagi pembelian mahal yang sepertinya mulai disesali Barcelona. Padahal Raphinha baru tiba di Catalonia pada awal musim ini dengan mahar 60 juta Euro dari Leeds United.

Penampilan winger Brasil itu sempat menjanjikan di permulaan kariernya bersama Los Cules namun kini ia dianggap tidak menunjukkan kualitas yang cocok dengan harganya.

Raphinha baru mengemas dua gol dan lima assist di semua ajang. 240.000 Euro per pekan sebagai gajinya semakin menambah beban untuk eks Sporting Lisbon itu untuk lebih produktif lagi.

Layaknya Ferran Torres, Arsenal pun sepertinya siap untuk menampungnya pada bursa transfer kali ini.

Sebenarnya Meriam London memang punya niatan untuk mendatangkan Raphinha di 2022/2023 namun justru kalah saing dengan Barcelona dalam prosesnya.

Baca Juga

4. Franck Kessie

Ia memang diboyong gratis dari AC Milan bersamaan dengan kedatangan free agent lain musim ini seperti Andreas Christensen, Hector Bellerin, dan Marcos Alonso namun Franck Kessie tetap digaji mahal.

Gelandang internasional Pantai Gading itu menerima lebih dari 9 juta Euro tiap tahunnya. Tidak masalah jika ia merupakan pemain inti namun aktivitasnya sejauh ini lebih banyak di bangku cadangan.

Baca Juga

Baru ada 274 menit yang Kessie kumpulkan bersama Barcelona di ajang Liga Spanyol dalam sembilan penampilan.

Tidak ada yang menyangka jika musim sebelumnya ia masih jadi bintang vital AC Milan yang menjuarai Liga Italia 2021/2022.

Sebelum nilai jualnya menurun lebih jauh lagi, Barcelona sebaiknya mulai mencari klub pembei untuk pemain yang satu ini baik dari Liga Spanyol maupun luar negeri. Semua demi bisa mempertahankan Ronal Araujo dan Gavi.

Baca Juga
Bursa TransferBarcelonaLiga SpanyolFranck KessieFrenkie de JongBerita Bursa TransferRonald AraujoFerran TorresRaphinhaGavi

Berita Terkini