x

5 Pemain Sepak Bola Hebat yang Tidak Pernah Meraih Ballon d'Or

Selasa, 31 Januari 2023 22:18 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Aksi legenda Hungaria, Ferenc Puskas, dalam pertandingan final Piala Dunia kontra Jerman Barat, 4 Juli 1954.

INDOSPORT.COM - Ballon d'Or dikenal sebagai trofi yang diberikan kepada pesepak bola individu terbaik dalam semusim. Sayangnya, ada banyak pemain hebat yang gagal meraih gelar tersebut.

Sejauh ini, Lionel Messi menjadi peraih trofi Ballon d'Or terbanyak di dunia, yakni tujuh trofi. Dia diikuti rival abadinya, Cristiano Ronaldo, dengan lima trofi.

Baca Juga

Hal ini dirasa wajar karena kedua megabintang tersebut benar-benar menjadi pesepak bola terbaik di dunia. Keduanya juga sering memecahkan rekor yang ada di sepak bola.

Sebenarnya, masih ada pesepak bola lainnya yang tak kalah hebat dari Messi dan Ronaldo. Sayangnya, mereka gagal meraih satu trofi Ballon d'Or pun.

Untuk itu, berikut lima pemain hebat yang tidak pernah meraih Ballon d'Or di sepanjang kariernya.

Baca Juga

Ferenc Puskas

Nama Ferenc Puskas semakin mendunia saat Puskas Award dihadirkan untuk diberikan kepada pencetak gol terbaik di sebuah musim.

Selama berkarier, raihan tertinggi pria asal Hungaria ini dalam daftar Ballon d'Or adalah dengan menempati peringkat kedua pada 1960.

Baca Juga

Hal ini dikarenakan Puskas hidup di era Alfredo di Stefano, rekan setimnya di Real Madrid yang sama-sama melegenda.

Padahal selama aktif bermain, Puskas telah mencetak 514 gol dalam 530 pertandingan untuk  Madrid dan dua klub asal Hungaria.


1. Kenny Dalglish

Legenda Liverpool, Kenny Dalglish, mencetak gol kemenangan dalam pertandingan final Liga Champions kontra Club Brugge, 10 Mei 1978.

Selama bermain untuk Liverpool, Kenny Dalglish dinobatkan sebagai PFA Player of the Year dan FWA Footballer of the Year pada 1983.

Inilah yang membuat namanya semakin melambung. Sayangnya, pria asal Skotlandia ini hanya finis kedua dalam nominasi Ballon d'Or di tahun tersebut.

Baca Juga

Di sepanjang kariernya, Kenny telah meraih delapan gelar Divisi Pertama Inggris (kini bernama Liga Inggris), tiga Piala Eropa (kini bernama Liga Champions), dan gelar bergengsi lainnya.

Andres Iniesta

Andres Iniesta adalah salah satu gelandang terhebat sepanjang masa. Hal ini dibuktikannya saat masih berseragam Barcelona.

Baca Juga

Di level timnas, dia membawa Spanyol menjuarai Piala Dunia 2010 lewat gol tunggalnya, lalu meraih trofi Kejuaraan Eropa pada 2008 dan 2012 untuk Spanyol.

Meski menjadi juara dunia, tetapi Iniesta hanya finis kedua pada Ballon d'Or 2010 karena trofi tersebut diraih oleh Lionel Messi, rekan setimnya di Barcelona.


2. Paolo Maldini

Paolo Maldini, direktur teknik AC Milan

Status bek terbaik dunia sepanjang masa mungkin bisa disematkan kepada Paolo Maldini. Hal ini dirasa cocok usai dirinya menghabiskan 25 tahun berkarier bersama AC Milan.

Di klub raksasa Italia tersebut, Maldini memenangi total 25 trofi, sudah termasuk dengan lima gelar Liga Champions dan tujuh gelar Serie A.

Baca Juga

Kehebatannya ini membawanya meraih trofi Bek Terbaik di UEFA Club Football Awards saat usianya menyentuh 39 tahun.

Sayangnya, ketangguhannya itu tak bisa membawanya meraih Ballon d'Or seperti rekan senegaranya, Fabio Cannavaro, yang memenanginya pada 2006.

Thierry Henry

Jika berbicara striker terbaik di Liga Inggris, sudah pasti nama Thierry Henry masuk dalam daftar. Sebab, gol demi gol berhasil ia cetak selama aktif bermain.

Baca Juga

Henry memenangi treble domestik, menjuarai Piala Dunia 1998, Kejuaraan Eropa, dan juga bagian dari tim 'invicibles' Arsenal pada 2003-2004.

Sayangnya, prestasi ini tidak bisa membawanya meraih Ballon d'Or 2003 karena trofi itu jatuh ke tangan Pavel Nedved.

Andres IniestaBallon d'OrFerenc PuskasBola InternasionalTRIVIA

Berita Terkini