x

5 Mantan Pemain Tottenham yang Bersinar di Klub Lain

Rabu, 1 Februari 2023 00:34 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Giovani Lo Celso, gelandang Tottenham Hotspur

INDOSPORT.COM - Tidak mampu beradaptasi atau performa menurun, kerap membuat pemain harus dilepas klubnya. Seperti 5 mantan pemain Tottenham Hotspur di bawah ini. 

Tottenham memang bukan klub raksasa sekaliber Manchester City atau Liverpool, namun mereka selalu meramaikan perburuan gelar juara setiap musimnya. 

Baca Juga

Namun, beberapa musim terakhir, mereka hanya menjadi tim hore setiap tahunnya di Liga Inggris. 

Karena selalu jadi tim hore saja, pemain dengan kualitas bintang seringkali mengalami kebuntuan karir di Tottenham Hotspur. 

Beberapa pemain yang sebenarnya punya kualitas bintang, banyak yang terlihat kesulitan beradaptasi dan dilepas, bahkan ada yang memilih hengkang. 

Baca Juga

Benar saja, selepas dari Tottenham, entah itu dibuang ke klub lain atau meminta pergi, terdapat beberapa pemain yang bersinar. Siapa sajakah mereka?

5. Steven Bergwijn

Pada bursa transfer musim dingin 2020 lalu, Tottenham merekrut Steven Bergwijn dengan harapan menjadi pengganti Christian Eriksen yang hengkang ke Inter Milan. 

Pemain yang didatangkan dengan mahar sebesar 30 juta euro atau sekitar Rp446,10 miliar itu sempat menjadi langganan di masa kepelatihan Jose Mourinho.

Baca Juga

Namun setelah Antonio Conte datang, Bergwijn diizinkan untuk hengkang dan pulang ke Ajax Amsterdam dengan mahar 31 juta euro. 

Diproyeksikan menjadi pengganti Sebastien Haller yang hengkang ke Dortmund, Bergwijn tampil moncer dengan torehan 11 gol dan 4 assist dari total 24 penampilan di semua kompetisi sejauh musim ini. 


1. 4. Juan Foyth

Paulinho saat berseragam Guangzhou Evergrande tahun 2016.

Juan Foyth dilepas oleh Tottenham karena kesulitan beradaptasi dengan sepak bola Inggris. Dia hengkang ke Villarreal di musim panas 2020 lalu. 

Meski datang dengan status pinjaman, performa impresif membuat Villarreal mempermanenkan Foyth sebagai bek kanan mereka. 

Baca Juga

Sejak pindah ke Villarreal, punggawa Timnas Argentina terbukti kembali moncer. Dia sudah memainkan 81 pertandingan di semua kompetisi untuk The Yellow Submarine. 

3. Paulinho

Gabung ke Tottenham Hotspur terbukti kurang tepat untuk Paulinho. Selama dua musim di London Utara, dia selalu gagal jadi pilihan utama. 

Melihat pemain yang gagal beradaptasi di Liga Inggris, The Lilywhites melepasnya ke Guangzhou Evergrande. Yang ternyata karirnya kembali bangkit di China. 

Baca Juga

Bahkan Paulinho sempat direkrut Barcelona pada musim panas 2017 dengan mahar sebesar 40 juta euro. Banyak yang mempertanyakan minat Barcelona saat itu. 

Namun Paulinho ternyata berhasil menunjukkan kualitasnya di lini tengah Blaugrana, dengan mencatat 49 penampilan di semua kompetisi. 

2. Cameron Carter-Vickers

Selanjutnya ada Cameron Carter-Vickers yang tidak kunjung mendapat tempat di skuat senior Tottenham Hotspur usai promosi dari tim junior. 

Baca Juga

Dia bahkan sampai dipinjamkan ke beberapa klub guna mendapatkan jam terbang bermain yang cukup. Terakhir, Carter-Vickers dipinjamkan ke Celtic di musim panas 2021. 

Bek tengah 25 tahun itu menjadi pemain andalan Celtic di barisan pertahanan, dengan total 70 penampilan di semua kompetisi. Sehingga dirinya dipermanenkan dan bahkan menjadi kapten tim. 


2. 1. Giovani Lo Celso

Giovani Lo Celso, gelandang Tottenham Hotspur

Giovani Lo Celso datang ke Tottenham Hotspur pada musim panas 2019 dengan status pinjaman senilai 16 juta euro. 

Setahun kemudian, klub mempermanenkannya dengan tambahan uang sebesar 32 juta euro. Mauricio Pochettino kala itu sangat mengandalkannya di lini tengah. 

Namun, ketika Jose Mourinho datang, namanya tergusur dari proyek jangka panjang sang pelatih. Yang membuat klub meminjamkannya ke Villarreal sejak awal tahun 2022. 

Baca Juga

Bersama The Yellow Submarine, Lo Celso kembali jadi pemain andalan dengan memainkan 35 pertandingan di semua kompetisi sejauh ini. 

Performanya yang kian impresif dari waktu ke waktu, membuat Villarreal dirumorkan sudah ambil ancang-ancang untuk mengikatnya secara permanen. 

Dengan performanya belakangan ini, Transfermarkt mencatat harga pasar Lo Celso mencapai 22 juta euro atau sekitar Rp358,58 miliar.

PaulinhoTottenham HotspurAntonio ConteLiga InggrisGiovani Lo Celso

Berita Terkini