x

Resmi Kehilangan Eks Striker Timnas Indonesia di Liga 1, Bali United Beri Penjelasan

Kamis, 2 Februari 2023 15:15 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
Bali United resmi kehilangan Lerby Eliandry untuk Liga 1 2022/2023 karena cedera tendon achilles.

INDOSPORT.COM - Bali United resmi kehilangan Lerby Eliandry Pong Babu pada sisa kompetisi Liga 1 2022/2023. Lerby harus mengakhiri kompetisi lebih cepat karena cedera tendon achilles.

Lerby Eliandry merupakan pelapis dari Ilija Spasojevic. Ketika Spaso dipanggil Timnas atau menemui kebuntuan, Lerby kerap menjadi solusi untuk posisi bomber tunggal.

Musim ini, Lerby telah tampil 13 kali dengan kontribusi dua gol. Sayangnya, kontribusi gol ini tak akan bertambah lagi di Liga 1 2022/2023.

Cedera tendon achilles memaksa Lerby Eliandry untuk sementara rehat dari lapangan hijau. Hal ini dijelaskan Dokter tim Bali United, dr. Ganda Putra.

"Lerby mengalami cedera robek pada tendon achilles saat mengikuti sesi latihan bersama tim," jelas dr. Ganda Putra.

Cedera tendon achilles ini tak bisa disembuhkan dengan program bersama fisioterapis saja. Lerby harus menjalani operasi lebih dahulu agar robekan itu bisa menyatu, baru kemudian menjalani tahapan bersama fisioterapis.

Baca Juga

Tindakan ini menjadi keputusan tim medis yang diambil bersama Lerby Eliandry setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut usai kesakitan dalam sesi latihan.

"Tidak lama dari kejadian cedera, kita langsung melakukan pemeriksaan penunjang dan hasilnya memang ada robekan. Maka langsung dilakukan tindakan operasi," tutur dr. Ganda.

Baca Juga

Lerby Eliandry harus menyusul bek Persis Solo, Fabiano Beltrame, yang mengakhiri Liga 1 2022/2023 lebih cepat karena cedera tendon achilles.

Fase penyembuhan yang akan dijalani Lerby Eliandry diperkirakan memakan waktu hingga enam bulan.

"Tindakan selanjutnya (setelah operasi) melakukan penguatan otot dan latihan selama enam bulan. Baru nanti diberikan latihan khusus spesifik sampai bisa return to sport lagi," lanjut dr. Ganda.

Baca Juga

1. Kehilangan Besar

Bali United resmi kehilangan Lerby Eliandry untuk Liga 1 2022/2023 karena cedera tendon achilles.

Kehilangan sosok Lerby menjadi kehilangan besar bagi Bali United. Pasalnya, pada bursa transfer tengah musim yang tutup Senin (30/01/23), Bali United tak melakukan penambahan penyerang murni.

Bali United memperkuat sektor pertahanan dengan mendatangkan Gerry Mandagi (kiper), Ryuji Utomo (bek tengah), Wellington Carvalho (tengah tengah) serta mempromosikan I Kadek Arel Priyatna ke tim senior.

Baca Juga

Lalu, di sektor tengah terdapat Sandi Darma Sute yang sudah menjalani debut, mencetak gol dan mendapatkan kartu merah saat melawan RANS Nusantara FC.

Untuk sektor depan, Ilija Spasojevic yang sudah mencetak sebelas gol diharapkan terus produktif dan tak menderita cedera. Jika situasi memaksanya absen, Privat Mbarga kemungkinan menjadi pilihan.

Baca Juga

Sejak berkarir di Kamboja, Privat Mbarga sudah biasa mengalami pergeseran posisi, bahkan dalam satu pertandingan. Privat Mbarga bisa berperan sebagai gelandang sayap kanan dan penyerang tunggal.

Opsi lain juga masih tersedia sosok I Kadek Dimas Satria. Top skor Bali United U-18 saat mengikuti Elite Pro Academy (EPA) U-18 2019 ini belum pernah dimainkan di Liga 1 sejak dipromosikan ke tim senior.

Baca Juga
Timnas IndonesiaBali UnitedLiga IndonesiaLerby EliandryStefano Cugurra TecoLiga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini