x

Manchester City Didakwa Langgar Sejumlah Aturan FFP, Begini Pertanyaan Resmi Klub

Senin, 6 Februari 2023 21:30 WIB
Penulis: Miftahul Huda | Editor: Subhan Wirawan
Manchester City diduga telah melakukan pelanggaran terhadap sejumlah aturan keuangan atau Financial Fair Play (FFP). Begini pernyataan resmi yang dirilis klub.

INDOSPORT.COM - Manchester City diduga telah melakukan pelanggaran terhadap sejumlah aturan keuangan atau Financial Fair Play (FFP). Begini pernyataan resmi yang dirilis klub.

Pengumuman mengejutkan itu disampaikan oleh Premier League selaku operator Liga Inggris. Pihaknya mendakwa bahwa Manchester City sudah melakukan banyak sekali pelanggaran FFP.

Dalam pernyataan resminya, Premier League membeberkan, periode pelanggaran tersebut dilakukan Man City sejak musim 2009/2010 hingga 2022/2023.

Terdapat sejumlah aspek yang telah dilanggar oleh Manchester City dan pihaknya dituntut untuk membuktikan bahwa dakwaan tersebut tidak benar dalam sebuah persidangan.

Dilansir dari The Sun, jika The Citizens terbukti melakukan pelanggaran FFP, maka Premier League akan mencabut tiga gelar yang sudah diperoleh Man City.

Baca Juga

Sanksi yang tak kalah sadis selanjutnya, yakni pengurangan poin. Sehingga asa Pep Guardiola untuk menyaingi Arsenal akan semakin berat.

Lebih lanjut, Manchester City juga akan dibekukan dalam bursa transfer. Bahkan dikeluarkan dari Liga Inggris.

Baca Juga

Tiga gelar juara bertahan Man City musim 2011-12, 2013-14 dan 2017-2018 juga akan dicabut oleh pihak Premier League.

Hal ini juga terjadi pada raksasa Italia, Juventus yang mendapat sanksi setelah melakukan pelanggaran aturan keuangan.

Pihak Manchester City sendiri saat ini masih dalam tahap investigasi dan pengumpulan berkas untuk pengajuan banding di peradilan. Berikut pernyataan resmi klub.

Baca Juga

1. Pernyataan Resmi Man City

Para pemain Manchester City merayakan kemenangan usai menjuarai Liga Inggris 2021/2022. Foto: Reuters/Jason Cairnduff

Berikut pernyataan resmi Manchester City yang dirilis melalui laman resminya:

"Manchester City mengaku sangat terkejut dengan dikeluarkannya dugaan pelanggaran peraturan keuangan Premier League ini.

Terutama mengingat keterlibatan yang luas dan sejumlah besar materi terperinci yang telah disediakan oleh EPL.

Klub menyambut peninjauan masalah ini oleh komisi independen, untuk mempertimbangkan secara tidak memilih seluruh bukti tak terbantahkan yang ada untuk mendukung posisinya.

Karena itu kami berharap masalah ini dihentikan untuk selamanya."

Baca Juga

Sejumlah aspek yang dilanggar oleh Manchester City adalah sebagai berikut.

Yang pertama terkait aspek finansial klub, di mana The Citizens dianggap tidak memberikan laporan yang jujur terkait pendapatan klub dan biaya operasional.

Baca Juga

Lebih lanjut, terdapat dugaan remunerasi nilai kontrak dari sejumlah pelatih dan pemain yang pernah membela Man City dalam periode tersebut.

Selain itu, mereka juga dituding tidak memberikan laporan yang akurat mengenai keuntungan dan keberlangsungan klub mereka.

Dan Manchester City tidak memberikan laporan yang akurat mengenai UEFA Club Licensing dan aturan UEFA Financial Fair Play.

Baca Juga
Premier LeagueManchester CityFinancial Fair PlayLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini