x

Mengenal Lauren James, Adik Reece James di Chelsea yang Curi Perhatian di Sepak Bola Wanita

Senin, 6 Februari 2023 18:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Lauren James, adik kandung Reece James sekaligus bintang anyar Chelsea.

INDOSPORT.COM – Sepak bola wanita, terutama di Inggris, memiliki bintang baru pada diri Lauren James, pemain Chelsea wanita yang juga adik dari Reece James.

Nama Lauren James menjadi perbincangan setelah menyuguhkan penampilan mengesankan di kompetisi sepak bola Wanita Inggris atau Women Super League (WSL).

Penampilan terbaiknya itu disuguhkan kala tim Chelsea wanita berhadapan dengan Tottenham Hotspur wanita di pekan ke-12 WSL 2022/23.

Dalam pertandingan tersebut, Chelsea wanita berhasil mencetak gol pembuka lewat Jessica Charles, sebelum disamakan oleh mantan pemainnya, Bethany England.

Chelsea wanita kembali unggul atas Tottenham wanita di menit ke-27 lewat aksi individu yang brilian dari seorang Lauren James.

Baca Juga

Lauren James berhasil menciptakan gol Solo Run yang indah dengan mengelabui para pemain Tottenham Hotspur wanita sebelum mencetak golnya dan membawa Chelsea wanita unggul.

Keunggulan Chelsea wanita kemudian bertambah kala Guro Reiten berhasil mencetak gol ketiga di laga ini di menit ke-64.

Baca Juga

Tottenham wanita pun mampu memperkecil kedudukan di menit ke-88 lewat Nikola Karczewska. Tapi gol itu tetap membuat Chelsea wanita meraih kemenangan.

Berkat kemenangan 3-2 atas Tottenham wanita ini, Chelsea wanita arahan Emma Hayes pun menduduki puncak klasemen WSL 2022/23.

Pencapaian Chelsea wanita ini tentu tak lepas dari peran seorang Lauren James yang memberikan dampak besar bagi klubnya seperti sang kakak, Reece James bersama Chelsea pria. Siapakah sosok Lauren James itu?

Baca Juga

1. Pernah Gabung Tim Pria

Lauren James di laga Tottenham Hotspur wanita vs Chelsea wanita (05/02/23). (Foto: Reuters/Matthew Childs)

Lauren James adalah pesepak bola wanita asal Inggris yang bermain sebagai penyerang. Dari namanya saja, ia diketahui merupakan adik kandung dari Reece James, bek kanan Chelsea.

Darah sepak bola yang kental di keluarganya pun tak hanya menurun pada Reece James saja, melainkan juga ke Lauren yang kini menjadi pemain profesional.

Tapi Lauren mengawali kiprahnya di Arsenal, berbeda dengan Reece James di Chelsea. Lauren bergabung The Gunners pada usia 13 tahun.

Saat bergabung akademi Arsenal, Lauren bermain bersama tim pria. Tak butuh waktu lama, di usia 15 tahun ia kemudian bergabung tim utama Arsenal wanita pada 2016.

Tak sampai setahun, Lauren mencatatkan debutnya di tim Arsenal wanita pada musim 2017/18 tanpa mencatatkan satu gol pun dalam lima laga yang dilakoni.

Baca Juga

Meski begitu, penampilannya membuat Manchester United wanita merekrutnya pada 2018, di mana Lauren bermain sebanyak 22 kali dengan torehan 8 gol hingga 2021.

Hal tersebut membuat Chelsea merekrutnya pada Juli 2021 dan mengganjarnya kontrak empat tahun, atau hingga 2025 mendatang.

Baca Juga

Sempat kesulitan di awal kepindahannya di Chelsea dengan satu gol dari tujuh laga, Lauren mampu menggebrak di musim keduanya atau musim 2022/23 ini.

Di musim ini, Lauren yang telah bermain 14 kali di segala ajang, mampu mencetak 6 gol dan 1 assist yang membuatnya menjadi andalan Emma Hayes di Chelsea wanita.

Dengan catatan itu, tak mengherankan jika Reece James, sang kakak, menyebut Lauren James sebagai pemain yang lebih hebat ketimbang para pemain pria di Liga Inggris.

Baca Juga

2. Lebih Hebat dari Sebagian Pemain Liga Inggris

Lauren James di laga Tottenham Hotspur wanita vs Chelsea wanita (05/02/23). (Foto: Reuters/Matthew Childs)

Pada Desember 2022 lalu, Reece James yang mengadakan Q&A di Twitter memuji adik kandungnya itu setinggi langit karena kemampuannya dalam mengolah bola.

Bahkan bek kanan Chelsea ini menyebutkan bahwa Lauren James adalah pemain wanita terbaik di dunia saat ini dan untuk seterusnya.

Bahkan Reece James menyebutkan Lauren secara teknik lebih baik dari beberapa pemain pria di Liga Inggris atau Premier League.

Pengakuan ini bukan omong kosong belaka. Sebab statistik membuktikan bahwa Lauren memang penyerang yang punya teknik berbahaya.

Dilansir dari FBRef, Lauren memiliki rataan dribel sebanyak 4,37 kali per 90 menit dan sukses mengelabui lawan dengan dribelnya rata-rata sebanyak 2,01 kali per 90 menit.

Kehebatan Reece James dan Lauren James pun membuat banyak yang mengapresiasi kinerja Nigel James selaku ayah dari kedua pesepak bola milik Chelsea itu.

Nigel James sendiri diketahui merupakan pelatih pemain kelompok umur yang memiliki akademi bernama Nigel James Academy.

Dari akademinya itu, lahir beberapa pemain hebat seperti Reece James dan Lauren James serta sederet pemain yang kini berkiprah di klub-klub Liga Inggris.

ChelseaSepakbola WanitaLiga InggrisReece JamesOne Football

Berita Terkini