x

Qatar Sports Investments, Perusahaan Sultan Timur Tengah yang Bakal Beli Man United

Kamis, 9 Februari 2023 17:05 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Profil Qatar Sports Investments, perusahaan raksasa Timur Tengah yang bakal mengakuisisi klub Liga Inggris, Manchester United.

INDOSPORT.COM – Mengenal profil dari Qatar Sports Investments, perusahaan raksasa Timur Tengah yang bakal mengakuisisi klub Liga Inggris, Manchester United.

Dalam beberapa waktu terakhir, isu Manchester United yang bakal dijual keluarga Glazer memang sedang ramai diperbincangkan.

Dari sekian banyak rumor, ketertarikan Qatar Sports Investments untuk mengambil saham Manchester United jadi yang paling panas di Liga Inggris.

Melansir dari laman SportsMail, disebutkan bahwa pihaj Qatar Sports Investments siap membayar nilai yang ditawarkan keluarga Glazer bagi siapa pun yang ingin membeli Manchester United.

Kabarnya, keluarga Glazer mematok nilai lebih dari 6 miliar poundsterling atau sekitar Rp 109 triliun. Kemudian, 2 miliar pounds untuk renovasi Old Trafford.

Baca Juga

Apabila kesepakatan tersebut terjadi, maka pembelian Man United oleh Qatar Sports Investments akan menjadi yang termahal sepanjang masa.

Sebelumnya, status ini diraih oleh Chelsea saat diakuisisi oleh konsorsium Todd Boehly pada Senin, (30/5/22) lalu, dengan mahar senilai 4,25 miliar poundsterling atau sekitar Rp 77,4 triliun.

Baca Juga

Andai resmi mengambil alih Manchester United, kabarnya Qatar Sports Investments akan memberikan kucuran dana kepada Erik ten Hag untuk membentuk komposisi pemain yang solid.

Akan tetapi, peluang Qatar Sports Investments dalam membeli Manchester United terbilang susah-susah gampang lantaran adanya regulasi yang melarang satu entitas memiliki dua klub di kompetisi yang sama

Saat ini, Qatar Sports Investments masih menjadi pemilik sah Paris Saint-Germain sehingga Manchester United berpeluang besar bertemu PSG di kancah Eropa.

Berpotensi jadi pemilik baru Manchester United dan membuat Setan Merah sebagai salah satu klub tajir Eropa, lantas seperti apakah kiprah Qatar Sports Investments terutama di dunia olahraga?

Untuk lebih lengkapnya, berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:

Baca Juga

1. Profil Qatar Sports Investments

Presiden PSG, Nasser Al-Khelaifi dan pemain barunya Neymar.

Melansir dari laman Bloomberg, Qatar Sports Investments atau QSI merupakan kendaraan investasi yang didanai oleh pemerintah Qatar dan berfokus pada sektor olahraga serta leisure.

Perusahaan yang dipimpin oleh Nasser Al-Khelaifi ini berdiri pada tahun 2005 dan telah merambat ke sejumlah bidang olahraga.

Salah satunya dengan membeli saham mayoritas dari klub Liga Prancis, Paris Saint Germain (PSG) pada tahun 2011 lalu dengan nilai 80 juta euro.

Beberapa sumber menyebutkan, QSI yang berbasis di Doha ini terafiliasi dengan sovereign wealth fund (SWF) Qatar Investment Authority (QIA) milik Qatar.

QIA sendiri saat ini memiliki aset senilai US$ 300 miliar, yang dirancang untuk mendiversifikasi aset negara dari kekayaan minyak dan gasnya.

Baca Juga

Nasser Al-Khelaifi yang merupakan pemimpin Qatar Sports Investments, kini menjabat sebagai ketua dan kepala eksekutif beIN Media Group di Qatar.

Selain itu, Nasser Al-Khelaifi juga bertindak sebagai presiden Saint-Germain (PSG).

Baca Juga

Dalam jajaran direksi QSI, terdapat pula Adel Mohammed Tayyeb Mustafawi yang menjabat sebagai Wakil Ketua serta memegang berbagai posisi kepemimpinan lainnya dalam industri perbankan Qatar.

Sang pemilik Qatar Sports Investment, Nasser Al-Khelaifi juga merupakan ketua dari salah satu perusahaan penyiar siaran tv berbayar terbesar di Asia, beIN Media Group dan DIGITURK.

Setelah resmi mengakuisisi PSG, sosok Nasser Al-Khelaifi semakin dikenal publik sepak bola Eropa dengan menjabat sebagai dewan Liga Sepak Bola Profesional Prancis dan anggota Komite Eksekutif UEFA dan Ketua ECA (Asosiasi Klub Eropa).

Baca Juga

2. Investasi Qatar Sports Investments di Olahraga

Nasser Al Khelaifi, Presiden PSG

Sementara itu, sepak terjang Qatar Sports Investments di dunia olahraga terbilang sangat aktif.

Selain mengakuisisi Paris Saint-Germain dan afiliasinya pada tahun 2011, QSI tercatat punya sejumlah portofolio menarik di bidang olahraga.

Melansir dari laman The New York Times, disebutkan bahwa Qatar Sports Investments merupakan pemilik dari perusahaan Burrda, salah satu pemasok pakaian olahraga terkenal di Qatar.

Selain PSG, Qatar Sports Investments juga sempat membeli 21,67% saham dari salah satu klub Liga Portugal, SC Braga seharga 80 juta euro pada tahun 2022 silam.

Sebelum isu mengakuisisi Manchester United berhembus, Qatar Sports Investments sempat dikabarkan bakal membeli saham mayoritas dua klub besar Liga Italia, AC Milan dan AS Roma.

Manchester UnitedParis Saint-GermainLiga InggrisNasser Al-KhelaifiQatar Sports Investment

Berita Terkini