x

Kena Comeback, Barito Putera Bongkar Alasan Kebobolan 3 Gol dalam 6 Menit oleh PSM

Jumat, 10 Februari 2023 09:17 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Aksi selebrasi pemain Barito Putera usai membobol gawang PSM Makassar di Liga 1.

INDOSPORT.COM - Barito Putera kena comeback dan akhirnya kalah telak dari PSM Makassar, dalam pertemuan pekan ke-23 Liga 1 2022-2023, Kamis (09/02/23).

Bertanding di Stadion B.J. Habibie, Parepare, Sulawesi Selatan, Barito Putera harus kandas di tangan tuan rumah PSM Makassar dengan skor 4-1.

Sejatinya, Barito Putera unggul lebih dulu lewat gol jarak jauh Bayu Pradana. Namun sepuluh menit berselang, PSM berhasil menyamakan skor lewat Yance Sayuri.

Skor 1-1 bertahan hingga paruh pertama. Namun, saat itu Barito harus menukar sang kiper, Joko Ribowo yang mengalami cedera, dengan kiper pelapis, yakni Nor Halid.

Pergantian pemain ini nampaknya menjadi awal petaka Barito. Belum lagi, pelanggaran yang dilakukan bek muda Yuswanto Aditya, berbuah kartu kuning.

Baca Juga

Hal ini membuat sang pemain bertahan tidak bisa bermain lepas, terlalu hati-hati. Alhasil, mental para pemain Barito mulai terkikis, lalu dimanfaatkan oleh Juku Eja.

Ramadhan Sananta sukses mencetak gol di menit ke-70. Belum habis euforia itu, Wiljan Pluim menyusul dengan gol cantik di menit ke-74, menyasar pojok kanan atas gawang.

Baca Juga

Seolah baru bangkit dari tidurnya, PSM Makassar kembali membukukan gol lewat sundulan Wiljan Pluim pada menit ke-76.

Setelah itu pun, Barito Putera beberapa kali mendapat serangan, tetapi Bagas Kaffa cs menghadapi gempuran dengan baik. Skor 4-1 bertahan hingga peluit akhir berbunyi.

Hasil ini memastikan PSM Makassar naik ke puncak klasemen Liga 1, menyalip Persija Jakarta dan Persib Bandung, sementara Barito Putera masih ada di zona merah.

Baca Juga

1. Isnan Ali: Pelajaran Buat Hadapi Rans

Isnan Ali, asisten pelatih Barito Putera.

Dengan kondisi tanpa pelatih kepala, Barito Putera harus legawa menerima kekalahan atas PSM Makassar di Liga 1 2022-2023.

Caretaker Barito Putera, Isnan Ali mengaku kecewa karena hasil akhir tidak sesuai dengan harapannya. Namun, ia tetap mengapresiasi kerja keras pemain.

"Hasil akhir tidak sesuai dengan apa yang kami inginkan. Kami datang ke sini ingin merebut poin, namun hasil di luar perkiraan kami," ungkap Isnan Ali, Kamis (09/02/23).

Salah satu faktor kekalahan Barito Putera adalah celah lini pertahanan yang berhasil dimanfaatkan oleh armada PSM Makassar.

"Di babak pertama, kami kecolongan di daerah flank. Kami coba berusaha perbaiki di babak kedua," jelas sang asisten pelatih.

Baca Juga

"Namun tetap PSM bisa memanfaatkan di daerah penalti kita, yaitu di sisi kiri, kami sangat kesulitan," ujarnya. Sisi kiri adalah arena yang dikuasai oleh Yance Sayuri.

Tak hanya itu, Isnan Ali menegaskan mental para pemainnya juga mulai runtuh ketika PSM melesakkan tiga gol dengan hanya membutuhkan waktu enam menit saja.

Baca Juga

"Kedua adalah gol cepat dari PSM yang sangat menjatuhkan psikis pemain kami."

"Dan ini menjadi PR bagi kami untuk memperbaikinya, karena setelah ini kami pulang ke Banjar untuk menghadapi Rans Nusantara FC," jelas pelatih asal Makassar itu.

"Mudah-mudahan pemain bisa bangkit, dan saya berterima kasih kepada pemain atas kerja keras mereka."

"Apalagi di babak pertama, kita bisa cetak gol pertama (lebih dulu). Tentu kami akan terus evaluasi tim," tukas Isnan Ali.

Baca Juga
Barito PuteraPSM MakassarIsnan AliLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini