x

Profil Bodrumspor AS, Klub Baru Ronaldo Kwateh di Liga Turki

Sabtu, 18 Februari 2023 13:35 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Ronaldo Kwateh merapat ke Bodrumspor AS dari Madura United.

INDOSPORT.COM - Mengenal lebih dekat Bodrumspor AS, klub Liga Turki yang jadi pelabuhan pemain Timnas Indonesia U-20, Ronaldo Kwateh.

Bergabungnya Ronaldo Kwateh ke liga sepak bola Turki pun mendapat dukungan penuh dari Madura United, termasuk sang presiden klub, Achsanul Qosasi.

Bodrumspor AS merupakan klub yang saat ini bermain di TFF 1 League, kompetisi sepak bola kasta kedua di Turki.

Musim ini, mereka tengah bersaing di papan atas bersama sejumlah tim seperti Samsunspor, Eyupsor, Pendikspor, Rizespor, Sakaryaspor, dan Keciorengucu.

Bodrumspor AS merupakan klub yang berbasis di Bordum, Turki, dan didirikan pada tahun 1931 oleh mantan pesepak bola yang bernama Dervis Gorgun.

Baca Juga

Dilansir dari laman bodrum.bel.tr, Dervis Gorgun lahir di Bordum pada 1906. Ia besar di sana hingga akhirnya memutuskan terjun ke dunia sepak bola.

Ketertarikannya terhadap sepak bola pun ia abadikan dengan mendirikan Bodrumspor AS bersama sejumlah founder lainnya.

Baca Juga

Di luar sepak bola, ia juga sempat terjun ke dunia politik dan menjadi wali kota Bodrum pada era 1950 dan 1960-an.

Dervis Gorgun meninggal dunia pada tahun 1978, namun namanya akan selalu dikenang sebagai salah satu tokoh penting dalam sejarah klub baru Ronaldo Kwateh ini.

Sebelum main di kompetisi kasta kedua, Bodrumspor AS mengawali perjalanan mereka sebagai klub amatir yang terus membidik tiket promosi ke liga yang lebih tinggi.

Baca Juga

1. Tentang Bodrumspor AS

Ronaldo Kwateh merapat ke Bodrumspor AS dari Madura United.

Skuad

Angkat kaki dari Madura United, Ronaldo Kwateh pun menjadi salah satu pemain asing di skuad Bodrumspor AS yang kebanyakan bersal dari Turki.

Selain dirinya, juga ada kiper Portugal, Diogo Sousa, yang dipinjam dari Antalyaspor, kemudian Musah Mohammed dari Ghana dan Adis Jahovic dari Makedonia.

Manajer

Saat ini, Bodrumspor AS ditangani oleh pelatih lokal yakni Ismet Tasdemir, yang telah berpengalaman membesut banyak klub Turki sepanjang kariernya.

Bergabung sejak 2021, pelatih berusia 49 tahun ini dulunya merupakan pemain yang berkecimpung di Liga Turki mulai terjun ke dunia manajerial pada 2010.

Sebelumnya, Ismet Tasdemir sempat menanangai Ankaragucu selama periode 2016-2017 dan sukses membawa tim ini promosi ke TFF 1 League.

Baca Juga

Ankaragucu finis sebagai pemuncak klasemen TFF 2 League 2016-2017 dan naik level ke TFF 1 League untuk musim berikutnya, 2017-2018.

Namun sayang, klub dan Ismet Tasdemir harus berpisah jalan setelah keberhasilan tersebut. Alhasil, sang pelatih pun hengkang ke Bugsasspor pada 2017.

Baca Juga

Ismat Tasdemir kemudian berkelana dan cukup sering gonta-ganti klub hingga akhirnya mendarat di Bodrumspor AS pada 2021 lalu.

Belum banyak memang, yang bisa ia lakukan untuk Bodrumspor AS di TFF 1 League musim ini, namun sepak terjangnya patut dinanti oleh masyarakat Indonesia.

Apalagi, saat ini ia sudah memiliki Ronaldo Kwateh di skuad. Keputusannya untuk memainkan bintang Timnas Indonesia U-20 itu pasti sangat ditunggu-tunggu.

Baca Juga
 

2. Lebih Jauh tentang Bodrumspor AS

Ronaldo Kwateh merapat ke Bodrumspor AS dari Madura United.

Sepanjang sejarah Bodrumspor AS berdiri, klub ini tidak banyak meraih trofi juara. Sebelum mentas ke tempatnya sekarang, mereka penah juara TFF 3 League pada 2015-2016.

Meski hanya gelar dari kompetisi sepak bola kasta keempat Liga Turki, raihan ini terbilang lumayan untuk dimasukkan ke CV klub.

Merangkak naik sedikit demi sedikit menuju kompetisi teratas, Bodrumspor AS pun berpeluang besar menyabet tiket promosi lagi musim ini.

Seperti telah disampaikan sebelumnya, mereka saat ini tengah bersaing ketat di papan atas klasemen TFF 1 League dan perjuangan pun belum berakhir.

Ke depannya, Ronaldo Kwateh pun akan ikut berjuang bersama Bodrumspor AS untuk mengumpulkan tambahanp poin agar bisa mendarat di Super Lig.

Ronaldo Kwateh dan Timnas Indonesia

Di tengah kabar kepindahannya ke Liga Turki, Ronaldo Kwateh juga masih menyibukkan diri dengan agendanya bersama Timnas Indonesia.

Ia telah bergabung dengan Timnas Indonesia U-20 dan hadir di tibun saat pertandingan melawan Fiji pada hari Jumat (17/02/23) kemarin.

Ronaldo Kwateh memang diketahui belum lama datang ke Indonesia dari Turki. Walau tidak bermain, ia tetap menyemangati rekan-rekannya dari kursi penonton.

Belum diketahui kapan Ronaldo Kwateh akan resmi bermain untuk Bodrumspor, atau kapan kira-kira ia akan melakukan debut.

Untuk saat ini, ia masih punya agenda bersama Timnas Indonesia dan di sisi lain Turki saat ini masih berusaha memulihkan diri pascabencana gempa tempo hari.

Sumber: bodrum.bel.tr, milliyet.com.tr

TurkiLiga TurkiTimnas IndonesiaMadura United FCBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaTimnas Indonesia U-20Ronaldo KwatehOne Football

Berita Terkini