x

5 Pemain yang Dijual Brighton ke Klub Liga Inggris Lainnya, Ada yang Gabung Chelsea

Senin, 20 Februari 2023 23:35 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Marc Cucurella saat melakoni laga Liga Inggris antara Everton vs Chelsea

INDOSPORT.COM - Brighton & Hove Albion terus mengalami lonjakan performa beberapa musim terakhir. Terbukti dari 5 pemain yang sudah mereka jual ke klub-klub sesama Liga Inggris.

Klub berjuluk The Seagulls sudah dikenal sebagai kuda hitam untuk membuat tim-tim besar terpeleset di Liga Inggris.

Baca Juga

Meroketnya performa Brighton beberapa musim terakhir tentu saja tidak bisa dilepaskan dari para pemain yang tampil luar biasa di atas lapangan. 

Itu pun tidak bisa dikesampingkan peran Brighton dalam mengembangkan potensi para pemain yang dimilikinya. 

Pemain yang datang tanpa nama besar, bisa disulap oleh klub menjadi sosok berbahaya bagi lawan-lawannya. 

Baca Juga

Tidak heran jika banyak para pemain Brighton yang masuk daftar incaran klub-klub top Liga Inggris. Yang paling kencang adalah spekulasi tentang gelandang Brighton, Alexis Mac Allister.

Gelandang timnas Argentina, Alexis Mac Allister diperkirakan memiliki peluang besar meninggalkan Brighton pada musim panas mendatang.

Hal tersebut tak lepas dari performanya yang mengesankan bersama klub karena terus menjadi andalan pelatih Roberto De Zerbi. 

Baca Juga

Selain itu, Mac Allister juga menjadi pemenang Piala Dunia 2022 bersama timnas Argentina, sehingga banyak klub akan bersaing memburu tanda tangannya.

Sebelum Mac Allister benar-benar pergi, INDOSPORT sudah merangkum 5 pemain terakhir yang pergi dari Brighton dan gabung ke sesama klub Liga Inggris.


1. 5. Yves Bissouma

Yves Bissouma, pemain Brighton.

Setelah melepas beberapa pemain di pos gelandang, Antonio Conte pun merekrut salah satu andalan Brighton di lini tengah. 

Yakni Yves Bissouma yang memang mencuri perhatian klub-klub besar seperti Liverpool dan Manchester United pada musim panas 2022 sebelum akhirnya gabung Tottenham Hotspur. 

Baca Juga

Brighton mendapat pembayaran sebesar 29 juta euro atau setara Rp469 miliar untuk melepas Bissouma ke Spurs. Sejauh ini, Bissouma sudah mencatat 25 laga di semua kompetisi. 

4. Dan Burn

Brighton menjadi salah satu sasaran Newcastle United ketika baru diakuisisi oleh Pangeran Arab Saudi. Pada Januari 2022 tahun lalu, salah satu bek Brighton gabung The Magpies. 

Yakni Dan Burn, yang membuat Newcastle United harus menggelontorkan dana sebesar 15 juta euro atau setara Rp243 miliar. 

Baca Juga

Pemain berusia 30 tahun itu memang cukup berpengalaman di Liga Inggris dan keputusan Newcastle United terasa sangat tepat. 

Sejak Januari 2022, Dan Burn sudah mencatat 43 penampilan di semua kompetisi bersama The Magpies, sekaligus berkontribusi atas performa impresif tim di musim ini. 

3. Neal Maupay

Neal Maupay juga mengucapkan selamat tinggal kepada Brighton ketika dia menerima pinangan dari klub asal Merseyside Everton di musim panas 2022 lalu. 

Baca Juga

The Toffees membayar transfer striker asal Prancis ini dengan mahar sebesar 12 juta euro atau setara Rp194 miliar. 

Maupay diharapkan bisa menggantikan Richarlison yang hengkang ke Tottenham Hotspur di musim panas 2022 kemarin. Namun sayang, harapan masih jauh dari kenyataan. 


2. 2. Marc Cucurella ke Chelsea

Marc Cucurella, pemain Chelsea. Foto: REUTERS/Andrew Boyers

Marc Cucurella salah satu pemain bertahan yang menjadi rebutan di musim panas 2022 kemarin, karena Ia mampu bersinar bersama Brighton di musim debutnya. 

Namun dari sekian banyak klub besar Liga Inggris yang tertarik meminangnya, Chelsea menjadi yang paling beruntung. Dia pun pindah ke Stamford Bridge pada musim panas 2022. 

Dengan dana transfer sebesar 65 juta euro atau setara Rp1 triliun yang dikucurkan Chelsea, membuat Cucurella menjadi pemain termahal yang dijual sepanjang sejarah Brighton. 

Baca Juga

1. Leandro Trossard

Banyak yang bilang Leandro Trossard akan menyamai harga transfer Cucurella ketika pindah dari Brighton. Namun ternyata tidak ketika Ia menerima tawaran gabung Arsenal. 

Penyerang asal Belgia ini bergabung dengan The Gunners pada musim dingin 2023 kemarin dengan mahar hanya 24 juta euro atau setara Rp388 miliar. 

Trossard direkrut Arsenal guna menutup lubang di lini depan usai Gabriel Jesus mengalami cedera. Mikel Arteta cukup gembira ketika klub mendapatkannya pada Januari kemarin.

ChelseaArsenalLiga InggrisYves BissoumaMarc CucurellaLeandro TrossardAlexis Mac Allister

Berita Terkini