x

Melihat Nasib 5 Pemain Liga Italia yang Gabung Arsenal Sebelum Kiwior, Apakah Sukses Semua?

Jumat, 10 Februari 2023 23:55 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Thierry Henry saat masih berseragam Prancis.

INDOSPORT.COM - Menjajal Liga Inggris memang jadi tantangan tersendiri untuk para pemain dari Liga Italia. Seperti 5 pemain ini yang gabung Arsenal sebelum Jakub Kiwior. 

Pada bursa transfer Januari 2023 kemarin, Arsenal berhasil menambah kedalaman skuatnya dengan merekrut beberapa pemain. 

Baca Juga

Salah satunya adalah Jakub Kiwior yang direkrut dari klub Liga Italia Spezia. Dia didatangkan dengan mahar senilai 20 juta poundsterling. 

Jakub Kiwor merupakan salah satu pemain muda potensial yang saat ini usianya baru menginjak 22 tahun yang diproyeksikan untuk menjadi bek tangguh masa depan di Arsenal. 

Sebagai bek tengah, Jakub Kiwior memiliki tinggi yang mumpuni mencapai 189 cm, sehingga dapat membantunya untuk memenangkan duel-duel di udara. 

Baca Juga

Selama membela Spezia musim ini, Jakub Kiwior selalu menjadi andalan pertahanan tim dan sudah mencatatkan 19 pertandingan di semua ajang musim ini.

Meski berposisi sebagai bek tengah, Jakub Kiwior memiliki catatan kartu kuning yang cukup minim yang hanya berjumlah tiga kartu kuning saja musim ini dan nihil kartu merah. 

Dari 19 pertandingan Jakub Kiwior bersama Spezia musim ini selalu dimulainya dari menit pertama alias Starting XI. 

Baca Juga

Sebagai seorang bek, pemain kelahiran tahun 2000 itu memiliki intersep bola yang mumpuni. Mungkin inilah yang menarik perhatian Mikel Arteta. 

Namun ada baiknya jika Kiwior melihat nasib 5 pemain Liga Italia yang gabung Arsenal, apakah berakhir sukses semua? Berikut ulasannya. 


1. 5. Thierry Henry

Thierry Henry

Thierry Henry menjadi salah satu pemain yang pindah dari Liga Italia, tepatnya Juventus ke Arsenal di musim panas 1999. 

Henry menjelma sebagai salah satu striker tajam di bawah asuhan Arsene Wenger selama berada di London. 

Baca Juga

Dari total 376 penampilan di semua kompetisi, striker asal Prancis itu berhasil mencetak sebanyak 228 gol untuk The Gunners. Dia juga mempersembahkan tiga gelar Liga Inggris untuk klub. 

4, Mathieu Flamini

Selanjutnya adalah kisah unik dari gelandang Prancis, Mathieu Flamini yang sebenarnya direkrut Arsenal dari Marseille di musim panas 2004. 

Sempat menjadi andalan selama empat musim, dia pun hengkang ke AC Milan. Di Liga Italia, dia menghabiskan lima tahun sebelum kembali lagi ke Emirates Stadium. 

Baca Juga

Ya, pada musim panas 2013 silam, Arsenal resmi memulangkan Flamini yang diharapkan mampu menularkan semangat juang kepada para pemain muda di tim. 

Benar saja, Flamini masih cukup diandalkan dengan tiga tahun pada periode keduanya, sebelum pindah lagi ke Crystal Palace. 

3. Stephan Lichtsteiner

Stephan Lichtsteiner menjadi salah satu pemain berpengalaman Liga Italia yang meninggalkan Juventus dan gabung Arsenal pada musim panas 2018. 

Baca Juga

Bek asal Swiss itu datang usai kontraknya di klub raksasa Turin berakhir. Sayang sekali, dia minim menit bermain sejak berlabuh ke Emirates Stadium. 

Hanya bertahan semusim dengan 23 penampilan di semua kompetisi, Lichtsteiner akhirnya pergi ke Liga Jerman gabung Augsburg. 


2. 2. Lucas Torreira

Takehiro Tomiyasu (kiri) berduel dengan Brendan Aaronson di laga Leeds United vs Arsenal (16/10/22). (Foto: Reuters/Molly Darlington)

Di musim panas yang sama ketika Lichtsteiner bergabung, Arsenal juga merekrut satu gelandang dari Sampdoria, yakni Lucas Torreira. 

Awal kedatangannya, gelandang Uruguay yang dibeli senilai 25 juta euro itu sempat jadi andalan di lini tengah. Namun cedera membuatnya perlahan tersingkir dari skuat. 

Hingga akhirnya klub melepasnya ke Galatasaray di musim panas 2022 kemarin, Torreira sudah mencatat 89 penampilan di semua kompetisi untuk The Gunners. 

Baca Juga

1. Takehiro Tomiyasu

Mungkin satu-satunya eks Liga Italia yang bisa jadi contoh Kiwior adalah Takehiro Tomiyasu. Yang akhirnya berlabuh ke Liga Inggris, setelah Arsenal menebusnya dari Bologna pada musim panas 2021 lalu. 

Tebusan sebesar 18,6 juta euro dikeluarkan Arsenal demi mendapatkan tanda tangan bek asal Jepang itu. Kini, Tomiyasu lebih sering mengisi pos bek kanan skuat asuhan Mikel Arteta. 

Sampai sekarang, Tomiyasu masih ada di skuat dengan catatan 44 penampilan di semua kompetisi. Namun di musim 2022/2023, dia tidak terlalu jadi andalan Arteta.

ArsenalThierry HenryStephan LichtsteinerMathieu FlaminiLiga InggrisLiga ItaliaLucas TorreiraTakehiro Tomiyasu

Berita Terkini