x

5 Penjualan Termahal Lille ke Klub-klub Liga Inggris, 2 Pemain Dibeli Arsenal

Selasa, 3 Januari 2023 14:07 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Pemain Arsenal, Nicolas Pepe.

INDOSPORT.COM - Ternyata Lille punya lulusan akademik yang cukup berkualitas. Terbukti lewat 5 penjualan termahal mereka ke klub-klub Liga Inggris, siapa saja?

Belum lama ini, Lille membuat kejutan di sepak bola Eropa dengan menjuarai Liga Prancis musim 2020/2021 lalu. Namun, jika ditarik ke belakang, Lille merupakan klub yang punya sejarah panjang.

Baca Juga

Akademik Lille juga sedikit banyak berperan dalam kesuksesan mereka menjadi juara Liga Prancis dua musim lalu. 

Sementara sejauh musim 2022/23, Lille terperosok di urutan ketujuh klasemen sementara Liga Prancis dengan torehan 30 poin. 

Namun mereka masih berkesempatan masuk empat besar Liga Prancis, dengan hanya selisih empat poin dari Rennais yang bercokol di posisi keempat.

Baca Juga

Melihat perjalanan mereka dari 17 pertandingan Liga Prancis, Lille seolah tidak pernah kehabisan bakat berkualitas di skuat mereka.

Terbukti, kini sederet pemain mereka sudah tersebar alias membela berbagai klub di liga-liga elite Eropa sejauh ini. Bahkan ada yang hampir membela AC Milan. Siapa saja mereka?

5. Gabriel Magalhaes

Gabriel Magalhaes sempat kesulitan adaptasi ketika direkrut Arsenal pada musim panas 2020 lalu. Namun musim 2022/23 ini, bek asal Brasil ini mampu jadi andalan Mikel Arteta. 

Baca Juga

Lille sendiri menjadi klub pertama Magalhaes ketika merantau ke Eropa datang dari klub masa kecilnya, Avai FC pada musim panas 2017. 

Dia mulai bersinar di tahun 2018 bersama Lille, yang membuat The Gunners rela merogoh kocek sedalam 26 juta euro setara Rp432,17 miliar pada 2020 lalu. 


1. 4. Amadou Onana

Duel pemain AC Milan Zlatan Ibrahimović dengan Sven Botman antara AC Milan vs Lille OSC, dalam pertandingan Liga Europa, Kamis (5/11/20).

Selanjutnya adalah Amadou Onana yang pernah menjadi gelandang bertahan andalan Lille pada musim panas 2021 lalu. 

Setelah tampil 42 kali untuk Lille di musim 2021/2022 kemarin, Everton merekrutnya dengan mahar yang cukup tinggi. 

Baca Juga

The Toffees menggelontorkan uang senilai 35 juta euro atau Rp581,74 miliar ketika merekrut Onana di bursa transfer musim panas 2022 kemarin. 

3. Eden Hazard

Siapa yang tidak mengenal Eden Hazard, yang mungkin menjadi salah satu alumnus terbaik dari Lille. Dia bahkan direkrut Lille ketika masih sangat belia, yakni 14 tahun. 

Dia membela skuat senior sejak promosi pada 2008 silam dengan mencatat sebanyak 194 penampilan, 50 gol dan 53 assist di semua kompetisi. 

Baca Juga

Empat tahun di Lille yang sangat mengesankan membuat Chelsea merekrutnya tanpa ragu pada 2012 silam. Dengan mengeluarkan uang sebesar 35 juta euro atau sekitar Rp581,74 miliar. 

Setelah tujuh tahun membela Chelsea, Hazard menerima pinangan Real Madrid di musim panas 2019. Namun, penyerang Belgia itu sangat jarang dimainkan oleh Los Blancos. 

2. Sven Botman

Bersama Lille, Sven Botman memang berhasil meraih dua trofi bergengsi yakni Ligue 1 Liga Prancis dan Trophée des Champions yang diraih pada tahun 2021.

Baca Juga

Performa luar biasa ini membuat bek 22 tahun itu menjadi incaran klub-klub top Eropa. Bahkan AC Milan disebut-sebut menjadi salah satu kandidat terkuat untuk mendapatkannya. 

Namun pada akhir Juni 2022 kemarin, Botman tiba-tiba memilih Newcastle United sebagai pelabuhan barunya. The Magpies membayar 37 juta euro atau sekitar Rp614,67 miliar.


2. 1. Nicolas Pepe

Alexandre Lacazette dan Nicolas Pepe, pemain Arsenal.

Yang terakhir alias yang termahal adalah Nicolas Pepe, nama yang disebut-sebut salah satu wonderkid dan harapan sepak bola Pantai Gading. 

Pepe pertama kali membela klub secara profesional membela klub gurem Prancis Angers SCO. Dia baru pindah ke Lille pada 2017 dan langsung tampil memukau. 

Selama dua musim bersama Lille, Pepe tampil mengesankan dengan catatan 37 gol dan 18 assist dari total 79 penampilan di semua kompetisi. 

Baca Juga

Statistik itu yang membuat Arsenal tidak ragu membayar transfer sebesar 80 juta euro Rp1,3 triliun ke Lille untuk mendapatkan tanda tangan Pepe. 

Namun sayang, sejak didatangkan pada musim panas 2019 lalu, Pepe kesulitan beradaptasi di Liga Inggris dan performanya menurun drastis di Arsenal. 

Oleh karena itu, Mikel Arteta melepas pemain kelahiran Prancis itu ke OGC Nice dengan status peminjaman selama semusim sejak Juli 2022 lalu.

ArsenalNewcastle UnitedLiga InggrisNicolas PepeSven Botman

Berita Terkini