x

Bedah Formasi Juventus Jika Takehiro Tomiyasu Datang dari Arsenal, Cenderung Bertahan?

Sabtu, 26 November 2022 20:45 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Bek Arsenal, Takehiro Tomiyasu

INDOSPORT.COM – Raksasa Liga Italia, Juventus disebut-sebut akan mendatangkan bek kanan asal Jepang, Takehiro Tomiyasu dari Arsenal. Berikut prakiraan formasinya.

Raksasa Liga Italia, Juventus dikabarkan tengah menyasar beberapa bek sayap baru yang akan digunakan untuk menggantikan pemain senior.

Pemain senior yang akan digantikan adalah bek kanan asal Kolombia, Juan Cuadrado yang sudah mulai menua dan disebut akan hengkang dari Juventus.

Sebagai pengganti, La Vecchia Signora dikabarkan akan mencari bek kanan jebolan Liga Inggris yang sudah terbukti kompetitif.

Pasalnya, Juventus harus mendapatkan pemain yang bagus, mengingat Juan Cuadrado adalah salah satu pilar yang diandalkan sang pelatih, Massimiliano Allegri.

Baca Juga

Target terbaru Juventus adalah bek kanan, Arsenal, Takehiro Tomiyasu yang saat ini mulai terpinggirkan dalam skuat garapan Mikel Arteta.

Juventus sendiri dikabarkan mulai mengincar Takehiro Tomiyasu dan berniat untuk memulangkan sang pemain ke Liga Italia,

Baca Juga

Seperti diketahui, bek kanan timnas Jepang ini adalah mantan pemain klub Liga Italia, Bologna sebelum hengkang ke Arsenal.

Namun demikian, Juventus tentu akan mengalami perubahan formasi, karena Tomiyasu dikenal sebagai pemain yang mahir berperan di beberapa posisi.

Berikut merupakan bedah formasi Juventus jika mendatangkan Takehiro Tomiyasu dari Arsenal sebagai pengganti Juan Cuadrado.

Baca Juga

1. Posisi Takehiro Tomiyasu

Bek Arsenal, Takehiro Tomiyasu

Sebagai pemain belakang, Takehiro Tomiyasu ternyata mahir bermain di beberapa posisi dan bisa bermanfaat bagi Juventus.

Melihat Transfermarkt, Takehiro Tomiyasu ternyata mampu bermain sebagai bek kanan dan bek tengah dengan sama baiknya.

Selain itu, bek 24 tahun ini juga bisa dimainkan sebagai gelandang bertahan yang bisa mengurangi masalah Juventus yang kehilangan pemain karena cedera.

Selain itu, posisi Tomiyasu yang dapat bermain di berbagai posisi membuat Juventus juga bisa memainkan setidaknya tiga formasi berbeda.

Berikut merupakan formasi yang bisa dimainkan Juventus jika mendatangkan Takehiro Tomiyasu dari Arsenal.

4-3-3

Baca Juga

Formasi pertama yang bisa dimainkan oleh Juventus adalah 4-3-3 yang belakangan kembali diandalkan sang pelatih, Massimiliano Allegri.

Dengan formasi 4 bek, Juventus bisa memanfaatkan Tomiyasu di beberapa posisi, meskipun kemungkinan terbesar adalah bek kanan.

Baca Juga

Pasalnya, Juventus kini mengalami kekosongan di sektor bek sayap kanan, sehingga bek yang satu ini adalah solusinya.

Tentu saja Tomiyasu akan diberikan tugas sebagai bek kanan yang cenderung lebih bertahan daripada banyak membantu serangan.

Kondisi ini akan membuat Juventus bertahan lebih baik dan menjaga mereka dari serangan yang diderita dari sisi kanan.

Baca Juga

2. 3-5-2

Bek Arsenal, Takehiro Tomiyasu

Formasi berikutnya yang akan digunakan oleh Juventus adalah 3-5-2 dengan Takehiro Tomiyasu bermain sebagai satu dari 3 bek tengah.

Pasalnya, Tomiyasu merupakan pemain dengan tipe lebih bertahan, sehingga akan sulit jika ditempatkan di posisi bek sayap kanan Juventus.

Dengan formasi ini, tentu Juventus akan memasukkan satu bek sayap kanan, dan kemungkinan adalah mencoba Federico Chiesa.

Juventus sebenarnya sudah memiliki bek kanan tengah, yaitu Federico Gatti yang sempat bermain bagus melawan Lazio di Liga Italia.

Namun demikian, dengan kehadiran Tomiyasu, sang pemain muda bisa saja ditempatkan Juventus untuk lebih menyerang.

3-4-3

Baca Juga

Dengan jumlah pemain sayap yang ada, Juventus juga bisa menurunkan formasi lain, yaitu 3-4-3 yang juga jadi andalan sang pelatih, Massimiliano Allegri.

Pasalnya, susunan pemain Juventus sangat memungkinkan untuk itu dan kehadiran Takehiro Tomiyasu juga menambah kedalaman skuat.

Baca Juga

Tomiyasu bisa ditempatkan di posisi kanan dalam susunan tiga bek maupun bek sayap kanan yang cenderung lebih menyerang.

Dengan demikian, bek timnas Jepang di Piala Dunia 2022 ini bisa berkonsentrasi untuk membantu pertahanan yang bisa mengubah formasi menjadi empat bek dengan cepat.

Ketika Tomiyasu yang juga kerap ditempatkan Arsenal di posisi bek sayap kanan mundur ke belakang dan berubah menjadi 4 bek, Filip Kostic bisa maju ke depan dan mengubah formasi klub Liga Italia, Juventus menjadi 3 penyerang di depan.

Baca Juga
Bursa TransferArsenalJuventusMassimiliano AllegriLiga ItaliaBerita Liga ItaliaTakehiro Tomiyasu

Berita Terkini