x

Liga 1: Luis Milla Klaim Penalti Kontroversial David Da Silva di RANS vs Persib Sah

Selasa, 21 Februari 2023 17:25 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Pelatih Persib Bandung, Luis Milla, buka suara soal penalti untuk timnya dalam laga menghadapi RANS Nusantara FC di pekan ke-25 Liga 1 2022-2023.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Luis Milla, buka suara soal penalti untuk timnya dalam laga menghadapi RANS Nusantara FC di pekan ke-25 Liga 1 2022-2023.

Menurut Luis Milla, dari pandangannya di lapangan keputusan yang diambil wasit untuk memberikan penalti, pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu (19/02/23), sudah tepat.

Meski demikian, Luis Milla menyadari tidak mudah membandingkan kejadian tersebut jika dilihat di lapangan dan televisi. Sehingga, pasti ada perdebatan terkait keputusan yang diambil oleh wasit dalam momen tersebut.

Sebagai informasi, pada pertandingan tersebut wasit memberikan penalti kepada Persib Bandung, setelah David da Silva dijatuhkan oleh pemain RANS Nusantara FC. Posisi pelanggaran tersebut, jika dilihat di TV berada di luar lapangan.

"Tentunya sulit untuk menentukan karena melihat kejadian di televisi dan lapangan itu berbeda. Saya melihatnya di lapangan, bukan di televisi jadi sulit mengatakan apakah itu penalti atau tidak," kata Luis Milla setelah pertandingan.

Baca Juga

Mantan pelatih Timnas Indonesia ini memahami, ada perbedaan penilaian dari yang menyaksikan pertandingan di TV dan yang berada di lapangan, terkait keputusan dari wasit dalam sebuah laga.

Namun, Luis Milla yang berada di lapangan, melihat keputusan yang diambil oleh wasit sudah tepat dengan menganggap pemain RANS Nusantara FC melakukan pelanggaran dan menunjuk titik putih.

Baca Juga

"Tapi dari apa yang saya lihat, itu terjadi di area (penalti). Tapi jika melihatnya di televisi mungkin responnya bisa berbeda. Saya tidak tahu tapi dari apa yang saya lihat bahwa itu benar (penalti)," jelasnya.

Penalti tersebut, dieksekusi oleh David da Silva, saat pertandingan memasuki menit 7. Pemain asal Brasil itu, bisa memanfaatkan peluang dari jarak 12 meter pas untuk mencetak gol, yang membuat skor berubah menjadi 0-1.

Persib sendiri pada pertandingan tersebut, berhasil meraih kemenangan dengan skor 1-3, dua gol skuat Maung Bandung lainnya, dicetak oleh Ciro Alves (35') dan bunuh diri Finky Pasamba (54'). Sedangkan gol tunggal RANS Nusantara FC, melalui Yanis Mbombo menit 60.

Baca Juga

1. sanjung Permainan Apik Maung Bandung

Pelatih Persib Bandung, Luis Milla.

Sementara itu, kemenangan tersebut sangat penting bagi skuat Maung Bandung, untuk menjaga persaingan di papan atas. Apalagi, sebelumnya Persib kehilangan poin usai dikalahkan PSM Makassar 1-2.

"Saya rasa bagi kami ini adalah pertandingan penting setelah sebelumnya mengalami kekalahan melawan PSM," kata Luis Milla.

Mantan pelatih Timnas Indonesia ini menambahkan, setelah kalah dari PSM Makassar, anak asuhnya memiliki motivasi berlipat untuk bangkit, karena hanya dengan kemenangan tim kebanggaan Bobotoh bisa tetap bersaing di papan atas.

"Kami butuh meraih tiga poin dan kami memiliki perasaan yang bagus ketika masuk ke lapangan," tegas pelatih asal Spanyol ini menambahkan.

Pada pertandingan menghadapi RANS Nusantara FC, Luis Milla menilai anak asuhnya bermain bagus terutama hingga memasuki menit 60. Sehingga, dalam waktu tersebut tim kebanggaan Bobotoh bisa mencetak tiga gol.

Baca Juga

Setelah unggul tiga gol, Luis Milla menilai penampilan anak asuhnya sedikit berbeda, sehingga tim lawan bisa memberikan tekanan dan memperkecil ketertinggalannya melalui gol Yanis Mbombo menit 60.

"Tim bermain dengan sangat bagus selama 60 menit dan bisa memimpin tiga gol tapi setelah itu dalam 30 menit akhir kami tidak bermain dengan cukup baik," ucap Luis Milla.

Baca Juga

Kekurangan tersebut, menurut Luis Milla menjadi bahan evaluasi yang harus dibenahi, agar pada pertandingan selanjutnya bisa tampil lebih baik lagi dan kembali meraih kemenangan.

"Tim terlalu banyak tertekan ketika menguasai bola dan kami harus membenahi itu," ujar pelatih yang sempat memperkuat Barcelona saat masih menjadi pemain ini. "Karena ada dua momen berbeda dari pemain, di babak pertama ditambah 15 menit babak kedua dan dalam 30 menit terakhir tim terlihat gugup. Kami harus membenahinya," jelas Luis Milla.

Setelah ini Persib Bandung dan Luis Milla akan melakoni laga berat lain dalam misi mereka meroket ke puncak klasemen Liga 1. Arema FC akan bertandang ke Kota Kembang pada Kamis (23/02/23) mendatang.

Baca Juga
Persib BandungRans Nusantara FCLuis MillaLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini