x

Dikritik Tak Konsisten Memilih Pemain Bertahan, Manchester City Bisa Hancur

Kamis, 23 Februari 2023 09:12 WIB
Penulis: Fahri Atilla | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Rio Ferdinand mengingatkan Pep Guardiola bahwa Manchester City bisa hancur jika terus-terusan tidak konsisten dalam memilih pemain bertahan. Foto: REUTERS/Molly Darlington.

INDOSPORT.COM - Rio Ferdinand mengingatkan Pep Guardiola soal raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester City, yang terus-terusan tidak konsisten dalam memilih pemain bertahan.

Menurut legenda Manchester United tersebut, Pep Guardiola harus sudah memilih pemain bertahan utama yang akan ia mainkan sebagai prioritas.

Diketahui bahwa pelatih berkebangsaan Spanyol tersebut memang kerap melakukan perubahan pemain bertahan pada musim 2022-2023 kali ini.

Tidak hanya pemainnya saja, ia bahkan tak jarang mengganti formasi bertahan yang tentu membuat ritme permainan tim jadi ikut berubah juga.

Pep Guardiola memang sering mengubah dari tiga pemain bertahan menjadi empat pemain bertahan yang kini menjadi fokus kritik Rio Ferdinand.

Baca Juga

Ferdinand sendiri adalah pemain legenda Manchester United yang memiliki posisi sebagai bek yang tentu paham dengan apa yang sedang ia sarankan sekarang.

Dalam laga RB Leipzig vs Manchester City di gelaran 16 besar Liga Champions pada Kamis (23/02/2023), The Citizens hanya bisa bermain imbang.

Baca Juga

Lagi-lagi, Pep Guardiola mengubah pertahanannya kali ini yang kemudian membuatnya cukup terlihat tidak konsisten dan terkesan masih meraba-raba strategi.

Dengan begitu, menurut Rio Ferdinand, Manchester City tidak akan bisa bertahan jika terus melakukan perubahan seperti itu.

Sebenarnya, di laga melawan RB Leipzig, Pep Guardiola memang tidak memiliki banyak pilihan dengan Aymeric Laporte dan John Stones yang sedang terkena cedera.

Baca Juga

1. Dibenarkan oleh Mantan Pemain Manchester City

Josko Gvardiol berduel dengan Erling Haaland di laga RB Leipzig vs Manchester City (23/02/23). Foto: REUTERS/Annegret Hilse.

Meski begitu, Pep Guardiola memang sudah sering mengganti pemain bertahan meski para pemain utamanya sebenarnya tidak mengalami cedera.

“Mereka selalu berganti setiap minggu entah karena cedera atau memang rencana mereka, namun hal ini tidak akan bekerja,” sebut Rio Ferdinand.

Menurutnya, dalam sejarah sepak bola, tidak ada tim yang pernah melakukan pergantian secara dinamis seperti itu dan berakhir sukses.

Mau tidak mau, memilih pemain untuk menjadi starter memang dibutuhkan sehubungan dengan mental dan intuisi pemain bisa menjadi lebih terasah.

Menanggapi komentar dari Rio Ferdinand, mantan pemain Manchester City, Shaun Wright-Phillips juga setuju dengan hal tersebut.

Baca Juga

Dia juga menjadikan performa tim musim lalu sebagai patokan di mana Manchester City memiliki pemain bertahan yang cukup solid dengan memainkan pemain yang sama tiap minggunya.

Selain mental dan intuisi, dia juga menyebutkan bahwa pemain yang sering bermain bersama akan menumbuhkan kekompakan tersendiri yang akan menguntungkan tim.

Baca Juga

Jika pelatih memilih terus membuat rotasi, maka hal tersebut tidak akan tumbuh dan membuat pemain tidak saling ‘kenal’ dengan gaya permainan satu sama lain.

Tidak dipungkiri bahwa kedalaman skuad Manchester City memang luar biasa dan mereka memiliki lima pemain bertahan yang bisa dibilang sama hebatnya.

Namun, Pep Guardiola tampaknya memang harus memilih dari kelima pemain tersebut yang akan ia jadikan starter untuk membuat Manchester City lebih perkasa lagi.

Baca Juga

Sumber: Daily Mail

Manchester CityRio FerdinandPep GuardiolaLiga Primer InggrisRB LeipzigLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini