x

4 Fakta Menarik Hugo Samir, Pemain Keturunan Brasil yang Jadi Sorotan di Timnas Indonesia U-20

Sabtu, 25 Februari 2023 14:35 WIB
Editor: Juni Adi
Skuat Timnas Indonesia U-20.

INDOSPORT.COM -  Hugo Samir menjadi salah satu pemain yang menjadi sorotan dalam 23 nama panggilan Shin Tae-yong ke timnas Indonesia U-20 ke Piala Asia U-20 2023.

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, baru saja resmi mengumumkan 23 pemain yang akan dibawa ke Uzbekistan menjalani ajang tersebut.

Piala Asia U-20 2023 sendiri akan dimulai pada 01 Maret 2023 dengan menggelar empat pertandingan pembuka yakni Timnas Indonesia U-20 vs Irak, dan Australia vs Vietnam.

Selain Irak, ada tuan rumah Uzbekistan dan Suriah yang akan jadi lawan selanjutnya Timnas Indonesia U-20 di Grup A Piala Asia U-20 2023 bulan depan.

Sebanyak 23 pemain ini dipilih setelah menjalani pemusatan latihan sejak 1 Februari lalu dan mengikuti tiga uji coba internasional melawan Fiji, Selandia Baru, dan Guatemala.

Baca Juga

"Kami membawa dan memilih 23 pemain untuk mengikuti Piala AFC U-20 2023. Kami juga terus memperbaiki kekurangan yang ada di tim dan siap mengikuti turnamen tersebut. Untuk kondisi pemain hingga saat ini tidak ada masalah," kata Shin Tae-yong di Jakarta.

"Pada ajang ini kami tidak membawa Marselino Ferdinan. Dia akan bergabung pada April nanti saat pemusatan latihan persiapan Piala Dunia U-20 2023," tambahnya. 

Baca Juga

Rombongan pemain dan ofisial Skuad Garuda Nusantara akan bertolak ke Uzbekistan pada Jumat (24/2/23) ini. Muhammad Ferarri dan kawan-kawan direncanakan akan memulai latihan perdana pada 26 Februari mendatang.

Dari 23 nama yang dipanggil pelatih Shin Tae-yong ke timnas Indonesia U-20 untuk Piala Asia U-20 2023, nama Hugo Samir menjadi salah satu yang disorot.

Pasalnya ia merupakan pemain keturunan Brasil yang kiprahnya jarang terdengar di sepak bola Indonesia kelompok umur maupun di Liga 1 sebagai bibit muda. Lantas siapa Hugo Samir, berikut beberapa fakta menariknya:


1. Lahir di Indonesia

Pertandingan antara Timnas Indonesia melawan Guatemala pada Turnamen Mini yang digelar PSSI sebagai persiapan Piala Asia U-20 2023 di Stadion GBK, Selasa (21/02/23).

Hugo Samir memang mempunyai darah keturunan Brasil tetapi dirinya lahir dan besar di Indonesia pada 25 Januari 2005 di Surabaya. Kendati punya keturunan tetapi sang pemain sudah sejak kecil menjadi WNI.

Oleh karena itu ia bukan pemain naturalisasi, kendati ada darah Brasil yang mengalir dalam dirinya.

Anak Legenda Liga Indonesia

Darah Brasil yang mengalir di dalam tubuh Hugo Samir diturunkan dari sang ayah, Jacksen F Tiago. Publik sepak bola nasional tentu tidak asing dengan namanya.

Ya, Jacksen F Tiago adalah salah satu mantan pesepakbola asing yang menjadi legenda di Liga Indonesia.

Tak hanya sukses sebagai pemain, Jacksen F Tiago juga mendulang keberhasilan saat menjadi pelatih, salah satunya saat membawa Persipura Jayapura menjadi juara Liga Indonesia beberapa waktu silam.

Baca Juga

Diketahui sepanjang kariernya, Jacksen F Tiago sudah melatih sejumlah tim, seperti Persipura Jayapura, Barito Putera, Persis Solo, hingga Timnas Indonesia senior.

Hafiz Al-Quran

Tak hanya berdarah Brasil dan jago bermain sepakbola, Hugo Samir diketahui merupakan seorang muslim. Uniknya, kepercayaan yang ia anut berbeda dari sang ayah, Jacksen F Tiago, yang memeluk agama Kristen.

Baca Juga

Kendati begitu, Jacksen mendukung Hugo Samir sebagai seorang muslim. Bahkan, Hugo Samir pun diketahui merupakan seorang hafiz Al-Quran.

Debut di Timnas Indonesia U-20

Saat ini Hugo Samir bermain untuk Persis Solo dan sudah merasakan debut bersama timnas Indonesia U-20.

Debut itu dilakoni Hugo Samir ketika Timnas Indonesia U-20 bersua Fiji U-20 di Turnamen Mini Internasional 2023, Jumat 17 Febuari 2023.

Di laga itu, Hugo Samir tampil sebagai starter. Sayangnya, ia belum bisa memberikan gol bagi Timnas Indonesia U-20 yang bermain di posisi sebagai winger.

Baca Juga
Jacksen F. TiagoHugo SamirTimnas Indonesia U-20Piala Asia U-20 2023

Berita Terkini