x

5 Pemain Bintang yang Pernah Pensiun Tetapi Kembali Bermain untuk Timnasnya

Sabtu, 25 Februari 2023 21:40 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Michel Platini bersama trofi Ballon d'Or.

INDOSPORT.COM - Pensiun adalah keputusan pengunduran diri dari seorang atlet dalam kariernya. Namun, ada beberapa pesepak bola terbaik yang sudah pensiun, tetapi kembali bermain.

Seperti pada umumnya, pensiun adalah keputusan bulat dari seseorang untuk mengakhiri kariernya. Dia sudah tidak lagi terlibat dalam segala kegiatan atau aktivitas ke depannya.

Baca Juga

Namun, beberapa bintang ini justru kembali bermain. Memang, ada alasan yang berbeda dari masing-masing pemain sehingga dia kembali merumput.

Untuk mengetahuinya, berikut lima bintang sepak bola yang pernah pensiun, tetapi kembali bermain untuk timnasnya.

Baca Juga

Michel Platini - Prancis

Michel Platini merupakan salah satu pemain terbaik yang pernah dihasilkan oleh Perancis. 

Dia mengumumkan pensiun dari skuad Timnas Prancis pada tahun 1987. Namun, dia kembali ke kancah internasional dengan mewakili Kuwait di pentas dunia. 

Atas permintaan Emir Kuwait, Platini bermain untuk Kuwait dalam pertandingan melawan Uni Soviet.


1. Wayne Rooney - Inggris

Wayne Rooney.

Wayne Rooney tercatat sebagai top skorer terbanyak di Timnas Inggris dengan 53 gol. Sayangnya, rekor ini disamai oleh Harry Kane, striker Tottenham Hotspur, yang masih aktif bermain.

Rooney sudah mengumumkan pensiun pada 2017. Tetapi, dia kembali ke pentas internasional untuk pertandingan amal, bukan pertandingan kompetitif.

Baca Juga

Pertandingan antara Inggris melawan Amerika Serikat tersebut adalah penampilannya yang ke-120 dan laga terakhir untuk The Three Lions.

Menariknya lagi, laga amal tersebut dimainkan untuk disumbangkan ke badan amal milik striker legendaris Manchester United itu sendiri, yakni Wayne Rooney Foundation International.

Gianluigi Buffon - Italia

Gianluigi Buffon adalah salah satu kiper terbaik sepanjang masa. Hal ini dibuktikannya lewat penampilannya selama bermain untuk Juventus dan Timnas Italia.

Buffon merupakan kiper nomor wahid Italia selama dua dekade (1997-2018). Dia pun mengumumkan pensiun pada 2017.

Baca Juga

Akan tetapi, dia kembali bermain di 2018 dengan melawan Inggris dan Argentina dalam pertandingan persahabatan.

Laga ini bukanlah sekadar laga persahabatan saja, tetapi juga sebagai penghormatan kepada Davide Astori yang meninggal pada 2018.


2. Zinedine Zidane - Prancis

Zinedine Zidane dan Michael Platini, dua legenda Timnas Prancis.

Selain Michel Platini, Prancis juga memiliki Zinedine Zidane, seorang gelandang sarat prestasi, baik untuk klub maupun timnas.

Setelah pensiun, Zidane diyakinkan oleh pelatih Raymond Domenech untuk kembali memimpin Prancis di Piala Dunia 2006.

Baca Juga

Sayangnya meski mereka sanggup ke final, Prancis kalah dari Italia dan Zidane dikartu merah setelah aksi sundulan kerasnya kepada Marco Materazzi.

Lionel Messi - Argentina

Dianggap sebagai pemain terhebat sepanjang masa, Lionel Messi mengumumkan pensiun setelah kekalahan Argentina dari Chile di final Copa America 2016.

Baca Juga

Setelah pensiun tersebut, Messi rupanya kembali bermain dan memimpin Timnas Argentina. Itu adalah keputusan tepat karena dia mampu mempersembahkan trofi terbaik.

Messi bisa dibilang telah menamatkan sepak bola, khususnya setelah menjuarai Piala Dunia 2022 kemarin. Trofi tersebut melengkapi dari sekian banyaknya trofi yang pernah diraihnya.

ArgentinaZinedine ZidaneLionel MessiBola InternasionalTim Nasional PrancisTRIVIA

Berita Terkini