x

5 Rekrutan Pertama Julen Lopetegui di Real Madrid, Siapa yang Masih Bertahan?

Senin, 27 Februari 2023 22:09 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Julen Lopetegui dan Florentino Perez dalam pengumumannya sebagai pelatih baru Real Madrid.

INDOSPORT.COM - Pelatih asal Spanyol Julen Lopetegui yang sekarang melatih Wolverhampton di Liga Inggris, ternyata pernah mengasuh Real Madrid. Siapa saja 5 pemain pertama yang dia datangkan ke Santiago Bernabeu?

Lopetegui merupakan salah satu pelatih yang pernah dipercaya untuk menjadi nakhoda bagi Timnas Spanyol beberapa tahun lalu.

Baca Juga

Nama Julen Lopetegui sendiri melambung setelah dirinya melatih Timnas Spanyol U-19 dan U-21 saat itu. Bersama tim muda, dia meraih kejayaan dengan meraih gelar Euro 2012. 

Tak cukup sampai disitu, bersama David de Gea, Koke, Rodrigo, dan Thiago yang kala itu masih muda, Lopetegui berhasil membawa Timnas Spanyol U-21 juara Euro U-21 pada tahun 2013.

Mendapat kejayaan, Lopetegui justru tidak memperpanjang kontraknya melatih Timnas Spanyol muda, dirinya kemudian memilih FC Porto sebagai pelabuhan anyarnya pada 2014/15.

Baca Juga

Mendapat pemecatan dari FC Porto, Julen Lopetegui tampaknya tidak direstui untuk menganggur lebih lama. Pada 2016, dirinya mendapat tawaran melatih tim senior Spanyol. 

Dirinya menggantikan Vicente del Bosque yang saat itu memutuskan untuk pensiun. Meski berat, namun Julen Lopetegui berusaha untuk melaksanakan tugasnya sebaik mungkin.

Akan tetapi, kegemilangan Lopetegui tak berjalan lama karena ulahnya sendiri yang membuat geram federasi sepak bola Spanyol. 

Baca Juga

Dia pun didepak dari kursi kepelatihan Spanyol karena menyetujui kontrak bersama Real Madrid pada 2018 tanpa membicarakannya lebih dulu dengan federasi.

Ketika di Real Madrid, semua mata tersorot pada Lopetegui. Termasuk 5 rekrutan perdananya di Santiago Bernabeu, apakah masih ada yang bertahan sampai sekarang?


1. 5. Omar Mascarell

Kiper anyar Real Madrid, Andriy Lunin saat diperkenalkan.

Salah satu langkah pertama Lopetegui di Bernabeu adalah merekrut produk akademi Real Madrid Castilla yakni Omar Mascarell. Kala itu, Mascarell sudah di Eintracht Frankfurt sejak 2016.

Lopetegui datang, Mascarell pun dipanggil pulang ke Spanyol. Namun sayang, kepulangannya ini tidak bertahan lama. 

Baca Juga

Belum sebulan sejak kembali dari Frankfurt, dia kembali dilepas ke Schalke 04. Padahal belum pernah tampil sekali pun untuk Los Blancos di laga kompetitif. 

4. Thibaut Courtois

Sebelum Lopetegui, Real Madrid mempercayakan pilihan kiper utama pada Keylor Navas. Musim panas 2018, akhirnya kiper memboyong kiper anyar. 

Yakni Thibaut Courtois yang menorehkan penampilan gemilang di Piala Dunia 2018 bersama Belgia. Dia juga tampil konsisten sebagai kiper utama Chelsea. 

Baca Juga

Di awal karirnya di Bernabeu, Courtois sebenarnya kurang menjanjikan. Namun, performanya terus membaik dan sampai sekarang menjadi pilihan pertama di bawah mistar gawang. 

Sampai sekarang, dia sudah mencatat 208 penampilan dengan memenangkan berbagai gelar seperti dua gelar juara Liga Spanyol, dua trofi Copa del Rey dan sekali juara Liga Champions. 

3. Andriy Lunin

Tidak hanya Courtois, Real Madrid juga mendatangkan kiper anyar di musim panas yang sama yakni kiper muda Ukraina Andriy Lunin. 

Baca Juga

Klub menggelontorkan uang senilai 8,5 juta euro ketika merekrutnya dari Zorya Lugans. Lunin diprediksi akan menjadi kiper masa depan Los Blancos. 

Namun sampai sekarang, Lunin hanya menjadi kiper pelapis Courtois. Sejak direkrut, dia baru tampil 16 kali di semua kompetisi sejauh ini. 


2. 2. Lucas Torro

Perebutan bola antara Odriozola dengan pemain Alaves

Bersinar di akademi Real Madrid Castilla, Lucas Torro sebenarnya punya modal untuk mendapatkan kesempatan bermain di skuat senior. 

Namun pada musim panas 2017, dia dilepas secara gratis ke Osasuna. Lopetegui tiba, dia pun dipanggil pulang dengan nilai transfer sebesar 1,75 juta euro. 

Uniknya, selang beberapa hari sejak direkrut, Real Madrid kembali melepas Torro dengan nilai transfer sebesar 3,5 juta euro ke Eintracht Frankfurt. 

Baca Juga

1. Alvaro Odriozola

Alvaro Odriozola direkrut Real Madrid dari Real Sociedad atas dasar rekomendasi Lopetegui. Kala itu, dirinya dipandang sebagai salah satu talenta besar sepak bola. 

Beroperasi di pos bek kanan, Real Madrid melihatnya sebagai pemain yang layak menjadi penerus Dani Carvajal di masa mendatang. 

Namun sangat disayangkan, Odriozola kesulitan mendapat kesempatan. Dia bahkan sempat dipinjamkan ke Bayern Munchen dan Fiorentina, meski sekarang ada di skuat Los Blancos.

Real MadridThibaut CourtoisJulen LopeteguiLiga SpanyolAlvaro Odriozola

Berita Terkini