x

Man United Juara Carabao Cup, Nasib Loris Karius Bikin Prihatin 2Legenda Liga Inggris

Senin, 27 Februari 2023 09:48 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Kegagalan Loris Karius membendung dua gol kemenangan Manchester United di final Carabao Cup justru mengundang simpati dua legenda Liga Inggris.

INDOSPORT.COM – Kegagalan Loris Karius membendung dua gol kemenangan Manchester United di final Carabao Cup atau Piala Liga Inggris justru mengundang simpati dua legenda Liga Inggris.

Kedua legenda Liga Inggris tersebut, yakni Gary Neville dan Jamie Carragher, turut menjadi saksi atas keberhasilan Manchester United meraih trofi Piala Carabao.

Kepastian ini didapat setelah Man United mengalahkan Newcastle United lewat skor 2-0 dalam partai final yang berlangsung di Stadion Wembley, Minggu (26/02/23) malam WIB.

Mantan penjaga gawang Liverpool, Loris Karius, dipercaya sebagai kiper utama Newcastle United. Ini merupakan penampilan pertamanya di Liga Inggris usai absen selama dua tahun.

Kembalinya Loris Karius di partai final, sejak blunder fatalnya di final Liga Champions Liverpool vs Real Madrid pad 2018 silam menarik perhatian Neville dan Carragher.

Baca Juga

Neville dan Carragher yang kebetulan menjadi pandit Sky Sports untuk final Man United vs Newcastle United menilai Karius juga ikut andil terciptanya gol bunuh diri Sven Botman.

Gol kedua Man United, yang berselang enam menit dari gol pertama Casemiro pada menit ke-33, terjadi saat Wout Weghorst berusaha memberikan umpan matang ke arah Marcus Rashford.

Baca Juga

Tetapi, upayanya ini membuat bola sampai ke kaki Sven Botman. Sayang, bola terus saja menuju Loris Karius yang tangannya terulur ke atas  dan malah membuat bola masuk ke gawang Newcastle.

Awalnya, gol tersebut dikreditkan untuk Rashford. Namun, kemudian Sven Botman dianggap lakukan gol bunuh diri, dengan Karius bebas dari rasa bersalah atas blundernya itu.

Neville dan Carragher pun memberikan komentar atas kesalahan Karius yang tidak disadari siapa pun di lapangan di pertandingan itu. Apa kata mereka?

Baca Juga

1. Soal Gol Bunuh Diri Botman, Karius Seharusnya Lakukan Ini

Loris Karius, kiper anyar Besiktas.

“Ada defleksi (Sven Botman), itu bukan tendangan dari Marcus Rashford, tetapi penjaga gawang (Karius) maju ke depan, mungkin mencoba menghalau, tetapi tangannya, tidak tidak bisa menjangkaunya dan bola melewati kepalanya,” ujar Neville dilansir dari Sport Mirror.

Menurut Neville yang juga mantan pemain Man United, Karius seharusnya melompat lebih tinggi untuk menangkap bola tersebut alih-alih menjangku dengan tangan panjangnya.

Mantan bek United itu kemudian meminta pendapat Carragher, “Karius jadi sorotan di pertandingan ini, menurut Anda apakah dia seharusnya menyelamatkannya?”

Carragher sebagai legenda Liverpool pun setuju, “Ya, dia seharusnya menyelamatkannya, tentu saja dia harus melakukannya.’

“Menurut saya, penggemar Newcastle mengkhawatirkan Loris Karius yang sudah lama tidak bermain sepak bola (di level tinggi), bukan apa yang terjadi empat atau lima tahun lalu (final Liga Champions). Sudah jelas dia kekurangan ketajaman dan kepercayan diri,” lanjut Carragher.

Baca Juga

Karius sendiri ditunjuk sebagai kiper utama Newcastle United di final Carabao Cup melawan Manchester United karena absennya dua kiper lain.

Kiper No. 1 The Magpies, Nick Pope, terusir dari lapangan saat menghadapi Liverpook pekan lalu. Sementara kiper no. 2 Martin Dubravska absen karena sudah bermain untuk Man United di ajang ini.

Baca Juga

Terlepas dari kesalahan tersebut, Loris Karius sejatinya tampil cukup mengesankan di final Carabao Cup. Dia melakukan banyak penyelamatan penting dan tak kebobolan lebih dari dua gol.

Rinciannya, menurut data Sofascore, dia melakukan delapan penyelamatan. Tiga penyelamatan dilakukan di dalam kotak penalti.

Selain itu, dia melakukan 30 sentuhan selama 90 menit pertandingan, membuat dirinya mencapat rating 7,9 di pertandingan final Piala Liga Inggris antara Man United vs Newcastle. 

Baca Juga
Manchester UnitedNewcastle UnitedGary NevillePiala Liga InggrisJamie CarragherLoris KariusLiga InggrisCarabao CupBerita Liga Inggris

Berita Terkini