x

Indra Sjafri Tidak Mau Ganggu Elkan Baggott untuk Tampil di SEA Games, Pratama Arhan Masih Dilobi

Jumat, 3 Maret 2023 06:18 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri dalam jumpa pers jelang melawan Myanmar U-23 di Stadion Rizal Memorial, Jumat (06/12/19).

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri mengaku menginginkan Elkan Baggott untuk ikut membela Garuda di ajang SEA Games 2023 di Kamboja.

Akan tetapi, Indra Sjafri tidak mau memaksa dan mengganggu karier Elkan Baggott, karena SEA Games 2023 tidak masuk ke dalam kalender FIFA.

Secara umum, Indra Sjafri menjelaskan, pemain yang bakal dipanggil ke SEA Games 2023 adalah dari skuad Timnas Indonesia U-20 yang sebelumnya disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2021. Mereka batal ikut di ajang tersebut karena pandemi Covid-19.

Elkan Baggott, Witan Sulaeman, Ramadhan Sananta hingga Pratama Arhan jadi nama-nama incaran Indra Sjafri ke Kamboja. Komunikasi sudah dibangun PSSI untuk klub terkait.

Baca Juga

Namun, pelatih 60 tahun itu tidak mau memaksa Elkan Baggott untuk ikut SEA Games 2023. Baginya, lebih baik pemain 20 tahun itu berkompetisi bersama klubnya di kasta ketiga Liga Inggris, Cheltenham Town FC untuk meningkatkan kualitasnya.

Lagi pula, cabang olahraga sepak bola SEA Games 2023 mulai bergulir per 29 April 2023. Sedangkan Elkan Baggott baru selesai kompetisi di Inggris pada 7 Mei.

Baca Juga

"Elkan Baggott, saya belum dapat kepastian tapi dia masih main sampai 7 Mei. Untuk saya terlalu riskan untuk mengganggu Elkan, biarkan dia berkompetisi di sana," katanya.

"Tapi mana tahu nanti kalau klubnya mengizinkan. Bukan bahasanya menanti, saya tetap prioritaskan karier dia di klub," imbuhnya.

Baca Juga

1. Ada Peluang Diperkuat Pratama Arhan

Pratama Arhan saat latihan jelang laga Piala AFF 2022 melawan Kamboja di Stadion GBK, Selasa (20/12/22).

Sementara untuk Pratama Arhan, Indra Sjafri mengatakan komunikasi sedang berlangsung. Menpora Zainudin Amali yang juga sebagai Waketum PSSI sudah bertemu dengan Arhan di Jepang.

Ada peluang klub Arhan, Tokyo Verdy memberikan izin untuk bisa gabung dengan Timnas Indonesia U-22, lantaran pemain 21 jarang dimainkan.

"Pak Menteri (Menpora) sedang di Tokyo dan sempat makan siang dengan Arhan. Kebetulan pemilik klub dari Arhan teman baik juga dengan Pak Ketua Umum PSSI, Erick Thohir," jelas Indra Sjafri.

Untuk persiapan menuju SEA Games 2022, Indra Sjafri memanggil 34 pemain ke pemusatan latihan yang sedang berlangsung di Jakarta. Sebagian besar pemain yang datang adalah dari Liga 2 dan Liga 3.

Sementara untuk pemain Liga 1 belum banyak yang bergabung, lantaran masih bermain reguler di klub.

Baca Juga

Indra Sjafri menjelaskan, pemusatan latihan kali ini akan dibagi dua tahap. Tahap pertama digelar pada 1-8 Maret, sedangkan tahap dua dijadwalkan pada 9-16 Maret.

Para pemain akan diseleksi selama masa pemusatan latihan. Nama yang lolos akan kembali ikuti pemusatan latihan dan nama final baru dipastikan saat awal April mendatang.

Baca Juga
Indra SjafriTimnas IndonesiaBola InternasionalTimnas Indonesia U-22Elkan BaggottShin Tae-yongPratama ArhanSEA Games 2023

Berita Terkini