x

Respons Tak Terduga Indra Sjafri Setelah Timnas Indonesia U-20 Dikalahkan Irak

Jumat, 3 Maret 2023 05:54 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pertandingan antara Timnas Indonesia U-20 vs Iraq U-20 pada laga AFC U20 Asian Cup di Stadion Lokomotiv (Toshkent), Rabu (01/03/23). (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Direktur teknik PSSI yakni Indra Sjafri angkat bicara terkait kekalahan Timnas Indonesia U-20 dari Irak U-20 di pertandingan perdana Piala Asia U-20 2023.

Indra Sjafri mengatakan kekalahan Timnas Indonesia U-20 dari Irak bukanlah suatu masalah besar. Kekalahan ini memang menjadi sorotan karena skuad Garuda Nusantara bermain melawan 10 pemain Irak di babak kedua, tapi tampil buruk.

Banyak peluang yang terbuang sia-sia karena penyelesaian akhir yang jelek. Menurut Indra Sjafri, PSSI tidak membebani Timnas U-20 dengan target tinggi di Piala Asia U-20.

Turnamen Piala Asia U-20 2023 tersebut dijadikan sebagai tolak ukur dan evaluasi menuju Piala Dunia U-20 2023 yang bakal digelar di Indonesia.

Baca Juga

"Saya tidak melihat hasil karena sebelum timnas berangkat, kami diskusi dengan Shin Tae-yong ingin lihat kualitas pemain untuk Piala Dunia U-20 nanti," kata Indra Sjafri. 

"Kami berharap skuad penuh setelah Piala Asia, sudah ada termasuk tiga pemain naturalisasi," imbuhnya.

Baca Juga

Indra Sjafri memahami betul bagaimana kesulitan yang dialami Shin Tae-yong karena tidak membawa pemain terbaik ke Piala Asia U-23.

Ada beberapa nama andalan Timnas Indonesia U-20 yang tak bisa ikut seperti Marselino Ferdinan, Justin Hubner, Rafael Struick dan Ivar Jenner.

Baca Juga

1. Indra Sjafri Ingin Timnas U-20 Lebih Baik Lagi

Latihan Timnas Indonesia U-20 jelang laga perdana Piala Asia U-20 2023 melawan Irak di Uzbekistan. (Foto: PSSI)

Indra Sjafri mendoakan Timnas U-20 agar bisa top perform dipertandingan kedua lawan Suriah pada 7 Maret nanti. Peluang Hokky Caraka dkk, masih terbuka  untuk lolos ke babak selanjutnya.

"Kita juga mengerti bahwa proses sedang dilakukan oleh coach Shin Tae-yong dan mudah-mudahan dipertandingan kedua bisa lebih baik," ujar Indra Sjafri.

Sementara itu, Shin Tae-yong mengatakan ada banyak evaluasi usai kekalahan dari Irak. Penyelesaian akhir yang buruk jadi salah satu penyebab, karena Indonesia banyak ciptakan peluang emas, tapi tak satu pun jadi gol. 

Juru taktik 52 tahun itu menjelaskan, laga pertama dalam sebuah turnamen memang sangat sulit.

Setelah menelan hasil pahit, Shin Tae-yong meminta Hugo Samir dan kawan-kawan segera bangkit dan bersiap untuk dua laga tersisa lawan Suriah dan Uzbekistan.

Baca Juga

Kekalahan dari Irak membuat Indonesia terpuruk di dasar klasemen Grup A tanpa poin. Situasi skuad Garuda Nusantara sebenarnya sama dengan Suriah yang berada di tempat ketiga meski kalah 0-2 dari Uzbekistan.

Pada laga selanjutnya yang akan berlangsung Sabtu (4/3), Timnas Indonesia U-20 akan bertemu Suriah dan Irak menghadapi Uzbekistan.

Baca Juga
Indra SjafriIrakBola InternasionalShin Tae-yongTimnas Indonesia U-20Piala Asia U-20 2023

Berita Terkini