x

Bicara Persaingan Juara Liga 1, Kapten Persib Waspadai Ancaman Klub Papan Bawah

Minggu, 5 Maret 2023 09:17 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
Menurut kapten Persib Bandung, Achmad Jufriyanto, tidak mudah bagi penghuni papan atas untuk menjaga posisi di klasemen Liga 1.

INDOSPORT.COM - Persib Bandung saat ini sedang bersaing untuk menjadi juara di kompetisi Liga 1 2022-2023, bersama tim penghuni papan atas lainnya PSM Makassar dan Persija Jakarta.

Sejauh ini, hingga memasuki pekan ke-27 kompetisi Liga 1 2022-2023, posisi pemuncak klasemen sementara ditempati oleh PSM Makassar dengan mengoleksi 59 poin. Sedangkan Persib di posisi kedua 52 poin dan Persija di tempat ketiga dengan 51 poin.

Menurut bek Persib Bandung, Achmad Jufriyanto, tidak mudah bagi penghuni papan atas untuk menjaga posisi di klasemen. Pasalnya, lawan yang dihadapi pada sisa pertandingan putaran kedua Liga 1 2022-2023 menjadi salah satu rintangan berat yang harus dilalui.

Terutama menurut Jupe sapaan akrabnya, tim penghuni papan bawah, biasanya mereka akan memiliki motivasi berlipat saat berhadapan dengan tim papan atas. Pasalnya, mereka selain ingin memperbaiki posisi di klasemen, juga ingin menunjukkan kualitasnya.

Hal itu, dirasakan oleh Persib ketika berhadapan dengan Barito Putera. Tim berjuluk Laskar Antasari saat ini berada di papan bawah. Namun, mereka bisa tampil penuh motivasi saat berhadapan dengan skuat Maung Bandung.

Baca Juga

Sehingga, pada pertandingan pekan ke-27 kompetisi Liga 1 2022-2023 di Stadion Demang Lehman, Martapura, Senin (27/02/23), Barito Putera berhasil meraih kemenangan dengan skor 2-1.

Pada pertandingan pekan ke-27 kompetisi Liga 1 2022-2023, skuat Maung Bandung sebenarnya sempat unggul lebih dulu 0-1 dari Barito Putera, melalui gol yang dicetak oleh David da Silva pada menit 20.

Baca Juga

Namun, Persib yang bermain dengan 10 orang pemain sejak injury time babak pertama, harus kebobolan dua gol pada babak kedua melalui Renan Alves (65') dan Gustavo Tocantins (79').

"Saya hanya berkomentar hanya di pertandingan lawan Barito, karena lebih sulit melawan Barito yang secara klasemen berada di bawah," kata Achmad Jufriyanto.

"Mungkin bukan mengurangi respek saya terhadap Barito, setiap tim yang berada di bawah kita mereka berambisi untuk bagaimana mengalahkan kita," ucap Jupe menambahkan.

Baca Juga

1. Tim Papan Atas Lain Juga Kerepotan

Pertandingan Persib Bandung vs Arema FC, pada pekan ke-26 Liga 1 2022-2023 di Stadion Pakansari, Bogor, Kamis (23/02/23).

Lebih lanjut Jupe menuturkan, tim penghuni papan atas lainnya seperti PSM Makassar dan Persija Jakarta, kemungkinan merasakan hal serupa ketika berhadapan dengan tim yang berada di papan bawah. 

"Dan itu terjadi bukan hanya untuk Persib mungkin tim-tim seperti PSM, Persija, tim-tim di papan atas klasemen, akan lebih sulit karena mereka termotivasi untuk mengalahkan lawan di tim papan atas. Jadi itu dinamikanya," ucapnya.

Sehingga, pada sisa pertandingan putaran kedua kompetisi Liga 1 2022-2023, Jupe bersama rekan-rekannya harus lebih fokus dan bekerja keras, agar bisa melalui rintangan tersebut dengan hasil maksimal.

"Normalnya seperti itu, kita akan lebih sulit melawan tim yang berada di bawah kita, karena mereka memiliki motivasi lebih, mereka ingin ada di atas lebih baik lagi dan mereka memberikan kejutan untuk mengalahkan kita," jelasnya.

Sementara itu, Persib Bandung sendiri dijadwalkan akan berhadapan dengan Persija Jakarta pada pertandingan tandang pekan ke-28 kompetisi Liga 1 2022-2023.

Baca Juga

Namun, pertandingan Liga 1 antara Persija Jakarta vs Persib Bandung, yang sejatinya akan berlangsung pada Sabtu (04/03/23) pukul 15.00 WIB, harus ditunda lantaran tidak mendapat izin dari pihak Kepolisian.

Keputusan resmi soal ditundanya laga tersebut sudah diputuskan melalui surat PT Liga Indonesia Baru (LIB) tertanggal 1 Maret 2023. LIB menyampaikan akan merancang ulang jadwal pertandingan.  

Baca Juga

PT LIB memutuskan menunda laga akhir pekan ini, setelah manajemen Persija mengajukan permohonan penjadwalan ulang. Penyebabnya adalah Macan Kemayoran tidak bisa menggunakan dua stadion yang diajukan sebagai markas tim.

Persija tak mendapatkan izin dari pihak keamanan setempat untuk menggelar pertandingan di Stadion Patriot, Bekasi. Sedangkan Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, tidak bisa digunakan oleh Macan Kemayoran karena ada konser musik.

GBK memang jadi pilihan utama Persija untuk menggelar laga lawan Persib Bandung di Liga 1. Tapi, stadion tersebut sudah dibooking untuk konser Blackpink pada 11-12 Maret nanti.

Baca Juga
Persib BandungPersija JakartaAchmad JufriyantoLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini