x

Liga 1: Kalah Dramatis dari PSM Makassar, Sutanto Tan Bicara Potensi Besar Persis Solo

Minggu, 5 Maret 2023 20:20 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pertandingan Liga 1 antara PSM Makassar vs Persis Solo di Stadion B.J. Habibie, Parepare, Minggu (5/3/23). (Foto: Persis Solo)

INDOSPORT.COM - Gelandang Persis Solo, Sutanto Tan, bangga dengan perjuangan tim saat kalah dramatis dari PSM Makassar 2-3 pada lanjutan Liga 1 2022-2023 di Stadion B.J. Habibie, Parepare, Minggu (5/3/23). Ada potensi besar dari skuat Laskar Sambernyawa.

Drama lima gol pada laga pekan ke-28 Liga 1 ini benar-benar menjadi hiburan bagi pecinta sepak bola Tanah Air. Mentalitas PSM sebagai kandidat kuat juara sangat terlihat.

Persis Solo sebagai tim tamu dua kali unggul. Persis Solo mencetak gol lewat Ryo Matsumura menit ke-32 dan Fernando Rodriguez menit ke-66.

Namun, dua kali pula skuat besutan Bernardo Tavares bisa menyamakan kedudukan. Gol dicetak Yakob Sayuri menit ke-62 dan Wiljan Pluim menit ke-69.

Bahkan, PSM malah bisa berbalik unggul pada menit ke-77. Sundulan Everton Nascimento memanfaatkan umpan Ramadan Sananta sukses menjebol gawang Persis Solo yang dikawal Gianluca Pandeynuwu.

Baca Juga

Laga dramatis untuk kemenangan PSM ini disikapi positif oleh Sutanto Tan. Sebagai pemain Persis Solo, tentu dia kecewa karena gagal membawa pulang poin dari Kabupaten Parepare.

Namun, drama lima gol ini memberi harapan tentang masa depan Persis Solo. Meski dari segi peringkat sangat jauh, Persis Solo cukup sukses menyulitkan PSM Makassar.

Baca Juga

"Kita bisa lihat sendiri bahwa pertandingan cukup seru, saling berbalas gol, cuma yang mau saya sampaikan, saya bangga dengan teman-teman. Kerja keras tidak berhenti, selama 96 menit kita sudah berusaha," kata Sutanto Tan.

"Tapi ya kita tahu PSM tim yang kuat, terutama ketika bermain di kandang," lanjut pemain asal Kepulauan Riau ini.

Sutanto Tan melihat potensi besar dari tim Persis Solo. Ya, beberapa pekan terakhir sudah digunakan manajemen Persis Solo untuk mempersiapkan tim menatap Liga 1 2023/2024.

Baca Juga

1. Tak Ragu dengan Masa Depan Persis Solo

Pertandingan Liga 1 antara PSM Makassar vs Persis Solo di Stadion B.J. Habibie, Parepare, Minggu (5/3/23). (Foto: Persis Solo)

Sutanto Tan pun tak ragu akan masa depan tim Persis Solo saat ini. Ada potensi bahwa Persis Solo bisa meraih prestasi yang lebih bagus pada musim mendatang.

"Harapan besar untuk tim Persis Solo, pada teman teman saya, saya melihat peluang yang sangat besar untuk kita, masa depan yang sangat besar. Saya yakin Persis Solo akan lebih baik ke depannya," papar Sutanto Tan.

Pada laga ini, Sutanto Tan merasa sedikit aneh dengan atmosfer pertandingan. Hal ini karena statusnya sebagai pemain yang musim lalu berseragam PSM Makassar.

Baca Juga

Selama memperkuat PSM, Sutanto Tan belum pernah bermain di hadapan suporter setia tim Juku Eja karena kompetisi musim lalu digelar dengan sistem bubble. Kini, dia bisa bermain di depan The Macz Man namun sebagai lawan.

"Agak sedikit aneh karena biasanya saya main untuk PSM, sekarang saya main melawan PSM, tapi tetap sama feelingnya, saya merasa di rumah meski di Parepare, lumayan jauh (dari Makassar), tapi saya senang kembali ke sini meskipun sebagai lawan," papar Sutanto Tan.

Kini, mantan klubnya berpotensi menjadi juara Liga 1 2022/2023. Sutanto Tan tak mau berbicara lebih jauh tentang peluang PSM Makassar menjadi juara musim ini.

Baca Juga

"Tetap saya mendoakan saudara saya, semoga kerja keras kalian membuahkan hasil dan apa yang kalian harapkan bisa berhasil," ucap Sutanto Tan.

Dengan hasil ini, Persis Solo masih tertahan di peringkat sebelas klasemen sementara Liga 1 2022/2023. Persis Solo mengoleksi 33 poin dari 28 pertandingan.

Sementara PSM Makassar sudah semakin tak terkejar di puncak klasemen Liga 1. PSM mengoleksi 62 poin atau unggul 10 poin atas tim peringkat kedua, Persib Bandung.

PSM MakassarPersis SoloSutanto TanLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini